Klub

NusantaRun 5 Mencari Penerima Donasi

25-05-2017

Jakarta, beritasurabaya.net - Memasuki tahun ke-5, Yayasan Lari Nusantara kembali membuka kesempatan bagi yayasan dan organisasi untuk mendaftar menjadi calon penerima donasi NusantaRun Chapter 5 yang akan digelar 15-17 Desember 2017 mendatang. Rutenya, dari Purwokerto hingga dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah sejauh 127,9 kilometer.

Pendaftaran ini terbuka bagi yayasan, organisasi maupun perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan dan kebudayaan di seluruh Indonesia. Calon pendaftar harus mengirimkan proposal berisi tiga alternatif ide program dengan tiga anggaran berbeda, masing-masing sebesar Rp500 juta, Rp1 miliar, dan Rp1,5 miliar.

Ide program harus mampu diimplementasikan di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo sebagai wilayah yang menjadi rute NusantaRun Chapter 5. Selain itu, calon pendaftar juga harus memiliki badan hukum yang dibuktikan dengan akta notaris dan SK Menkumham (dilengkapi Tanda Daftar Yayasan dan Surat Izin Operasional jika calon pendaftar berbentuk yayasan), memiliki catatan laporan keuangan dua tahun terakhir (2016 dan 2015), dan melampirkan data rinci penanggung jawab agar mudah dihubungi (nama, alamat, nomor telepon atau HP, alamat email).

Semua berkas dikirimkan dalam format PDF atau JPEG melalui alamat email info@nusantarun.com dengan judul email “NR 5 untuk Pendidikan” mulai dari 18 Mei-12 Juni 2017. Setelah itu, panitia akan melakukan pengumuman penerima donasi pada 30 Juni 2017. Sedangkan untuk penyerahan donasinya akan dilakukan bertahap dari bulan Desember 2017 hingga Februari 2018.

Founder NusantaRun, Christopher Tobing, Kamis (25/5/2017), menjelaskan, acara NusantaRun Chapter 5 ini bentuk semangat sekaligus sebagai wujud dukungan untuk perkembangan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia. Satu diantaranya, membangun sekolah atau meneruskan pendidikan anak bangsa.

Selama empat tahun berjalan, NusantaRun terhitung telah melintasi lima kota di Pulau Jawa. Pada tahun pertama pelaksanaannya, NusantaRun Chapter 1 dimulai dari Jakarta ke Bogor sejauh 50 km dan berhasil mengumpulkan donasi Rp137 juta untuk Care 4 Kids.

Pada tahun 2014, NusantaRun Chapter 2 dengan rute Bogor-Bandung menggalang donasi sebesar Rp549 juta yang diperuntukkan bagi Yayasan Pemimpin Anak Bangsa (YPAB). Selanjutnya, NusantaRun Chapter 3 pada 2015 menempuh rute Bandung-Cirebon dan mengumpulkan donasi Rp1,3 miliar untuk Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA).

Terakhir, di NusantaRun Chapter 4, para partisipan yang berlari dari Cirebon menuju Purwokerto berhasil mengumpulkan donasi Rp2.056.458.010 untuk Yayasan Intan Permata (dengan bantuan Yayasan Hati Gembira dan Kampus Guru Cikal).

Bagi calon pendaftar untuk informasi lebih lanjut dapat melihat akun Instagram di @nusanta.run atau di www.nusantarun.com. (nos)

Advertising
Advertising