Wisata & Budaya

Selamatkan Bumi, Mercure Hadirkan Serba 60

30-03-2014

Surabaya, beritasurabaya.net - Kampanye Earth Hour sebut saja usaha Penyelamatan Bumi telah banyak menarik perhatian dan simpati umat di penjuru dunia. Total partisipan yang tercatat sebanyak 2,5 milyar penduduk dunia dari 7.000 lebih kota dan hampir 160 Negara di dunia terlibat didalamnya.

Dengan jumlah partisipan sebanyak itu bisa dibayangkan angka kumulatif penghematan daya listrik dan penyusutan jumlah emisi karbon dioksida sangat besar.

Earth Hour merupakan momentum strategis untuk mengingatkan masyarakat bahwa terjadinya perubahan iklim juga berasal dari penggunaan pembangkit listrik berbahan bakar fosil. Untuk itu, selain diperlukan penggunaan sumber energi terbarukan pun dibutuhkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup yang hemat energi.

Melalui kampanye Earth Hour diharapkan akan semakin banyak individu, rumah tangga, dan bisnis untuk ikut mematikan lampu sebagai simbol kontribusi mereka terhadap perubahan iklim. Dibutuhkan langkah kecil (dengan mematikan lampu dan peralatan listrik selama 1 jam) ini ternyata mempunyai dampak yang besar bagi lingkungan.

Pada kesempatan ini Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya juga turut berpartisipasi ambil bagian terkecil dalam rangkaian kampanye Earth Hour yang sudah mendunia. Bentuk partisipasi Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya memang berbeda dengan yang lainnya, dengan memanfaatkan momentum angka 60, wujud partisipasi yang diaspirasikan dalam bentuk ''Serba 60''.

Menurut Marketing Communication Manager Mercure Grand Mirama Surabaya, Tatok Hariyanto, Sabtu (29/3/2014) malam, tujuan dari partisipasi yakni dalam waktu 60 menit diadakan pemadaman listrik Hotel sebesar 60 persen dari total pemakaian listrik yang ada. Bersamaan dengan hal tersebut, 60 karyawan dari Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya mengundang 60 tamu Hotel untuk berpartisipasi dengan menyalakan 60 lilin di area Poolside serta menggelar doa bersama demi kebaikan, keselamatan dan perubahan yang lebih baik bagi bumi.

''Kami memang berencana mengambil bagian kecil dari serangkaian kampanye Earth Hour yang telah banyak digelar di penjuru dunia. Tema partisipasi Serba 60 ini menurut kami sangat berarti bagi tujuan mulia dari kampanye itu sendiri. Untuk menjadi besar kita harus membuat langkah kecil dan harus dilaksanakan. Dalam waktu 60 menit kita masih dapat berbuat sesuatu yang membawa dampak perubahan yang sangat luar biasa bagi bumi tercinta,''papar Tatok Hariyanto.

Tatok juga menyampaikan keterlibatan ini juga menjadi ajang program regular Mercure Grand Mirama sebagai bentuk apresiasi sosial yang dipandang sangat besar manfaatnya dan bedampak positif. Ia berharap acara ini dapat dukungan banyak pihak guna mewujudkan cita-cita mulia dari kampanye Earth Hour itu sendiri.

''Dan kami akan terus berupaya mengembangkan langkah-langkah kongkrit untuk mengaspirasikan tujuan Earth Hour sehingga dapat menjadi momentum kebaikan bersama baik bagi jajaran Manajemen dan seluruh karyawan Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya juga para tamu hotel,''imbuhnya.

Kampanye Earth Hour sendiri telah banyak menarik perhatian dan simpati umat di penjuru dunia. Total partisipan yang tercatat sebanyak 2,5 milyar penduduk dunia dari 7.000 lebih kota dan hampir 160 Negara di dunia terlibat didalamnya. Dengan jumlah partisipan sebanyak itu bisa dibayangkan angka kumulatif penghematan daya listrik dan penyusutan jumlah emisi karbon dioksida sangat besar.

Sementara itu, GM Mercure Surabaya, Sugito Adhi menambahkan kebijakan mengambil langkah ikut berpartisipasi dalam kampanye Penyelamatan Bumi meskipun hanya satu jam, ini sebenarnya bagian program Saving Energy dari hotel. Banyak hal yang sudah dilaksanakan hotel.

Adhi mencontohkan mematikan lampu pada saat staf tidak di kantor, memasang timer pada lampu lampu penerangan di dalam dan di luar hotel yang ditata secara bergantian dan usaha penghematan energi lain yang dilakukan setiap harinya seperti pada program Planet 21. ''Jadi kampanye Earth Hour ini sangat pas dan sesuai dengan salah satu moto Hotel Mercure Grand Mirama sendiri yakni Hotel sebagai Hunian yang Mengerti dan Memahami Lingkungan,''tukasnya. (nos)

Teks foto :

Kegiatan kampanye Earth Hour di Mercure Grand Mirama Surabaya.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927