Wisata & Budaya

Tony Raih ''Brand Builder of The Year''

30-10-2014

London, beritasurabaya.net - CEO Grup AirAsia Tony Fernandes dinobatkan sebagai ''Brand Builder of the Year'' atas prestasinya dalam membangun sebuah merek (brand) maskapai penerbangan berbiaya hemat. Penghargaan tersebut diberikan melalui ajang World Branding Awards 2014 yang berlangsung di One Whitehall Place, London pada 28 Oktober 2014 lalu.

AirAsia juga dinobatkan sebagai ''Brand of the Year'' untuk kategori maskapai. Adapun AirAsia adalah pemenang regional satu-satunya yang memperoleh angka tertinggi untuk sebuah maskapai penerbangan berbiaya hemat di Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand.

Sebanyak 68 brand dari 25 negara memperoleh penghargaan bergengsi yang di selenggarakan di One Whitehall Place di London. Brand Global yang menerima penghargaan antara lain Apple, Coca-Cola, Del Monte, Heinz, HSBC, Louis Vuitton, McDonald's, Samsung, Sony PlayStation dan VISA.

''Kami merasa terhormat menerima penghargaan bergengsi ini dan saya mengucapkan terima kasih kepada ajang World Branding Awards atas pengakuan yang luar biasa. Branding telah mendapat sebuah tempat khusus di hati saya, dan kami sungguh bangga atas pencapaian ini selama lebih dari 12 tahun kami beroperasi,''ujar Tony usai menerima penghargaan.

Kekuatan brand AirAsia yang dicapai saat ini, kata Tony, tidak lepas dari kontribusi setiap karyawan yang telah bekeja keras dan memiliki sikap 'pasti bisa'. Penghargaan ini sepenuhnya dia dedikasikan kepada setiap individu yang telah berhasil membawa diri mereka sebagai bagian dari brand AirAsia dan menunjukkan kepada dunia bagaimana ia membangun maskapai ini melalui inovasi yang berkelanjutan.

''Inovasi merupakan kunci yang meningkatkan brand AirAsia dan membedakan kami dengan maskapai lainnya,''tambah Tony.

Ketua World Branding Forum, Richard Rowles, mengatakan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun sebuah brand yang kuat dan pantas mendapatkan pengakuan khusus melalui penghargaan ini. Kerja keras yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan pemenang tersebut telah menginspirasi mereka yang bekerja di industri branding terlebih bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki hubungan cukup erat dengan konsumen.

''Selain dari pengukuran nilai brand, hasil perolehan suara (vote) yang diberikan oleh pelanggan secara langsung telah membuktikan hubungan yang cukup erat antara brand pemenang dengan khalayak luas,''tambah Richard.

Ajang ini telah memberikan penghargaan kepada berbagai brand nasional dan internasional terbaik terhadap hasil kerja dan pencapaian. Uniknya, perusahaan-perusahaan pemenang penghargaan tersebut dinilai melalui empat pilar penilaian seperti pengukuran nilai brand, riset pasar konsumen, survey publik yang dilakukan secara online, serta pemungutan suara dari Dewan Penasehat World Branding Forum yang terdiri atas tokoh-tokoh berpengaruh dari industri branding. (tia)

Teks foto :

Tony Fernandes (kiri) saat menerima penghargaan.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising