Wisata & Budaya

Indonesia A Fascinating Journey Pukau Paris

22-05-2018

Paris, beritasurabaya.net - Indonesian Diaspora Network (IDN) Perancis sukses menggelar acara Indonesia A Fascinating Journey di jantung kota Paris, tepatnya di depan Museum Louvre. Tak kurang dari 4500 pengunjung dengan antusias menghadiri Indonesia A Fascinating Journey yang berlangsung dari 14-19 Mei 2018 lalu.

Pengunjung yang hadir serasa melakukan perjalanan budaya ke nusantara dengan menyaksikan tarian tradisional dan peragaan busana, melihat pameran foto Borobudur, mengikuti workshop batik dan payung, menikmati aneka jajanan dan kopi khas Indonesia, yang khusus dipersembahkan kepada penduduk lokal kota Paris dan turis mancanegara.

Presiden IDN Perancis, Nina Hanafi, dalam keterangan pers yang diterima beritasurabaya.net, Selasa (22/5/2018), mengatakan, bahwa acara ini adalah upaya diaspora Indonesia memperkenalkan Indonesia ke mainstream masyarakat Perancis. “Selama ini kita sering membuat acara untuk kebanyakan orang Indonesia, tetapi kali ini kita coba untuk menampilkan Indonesia ke masyarakat Perancis untuk menunjukkan betapa luar biasa, kaya, dan indahnya tanah air kita,” tutur Nina.

Wali Kota Arondisemen 1 Paris, Jean-François Legaret menyambut baik upaya menghadirkan Indonesia ke tengah-tengah kota Paris. Dalam sambutannya, ia mengatakan Indonesia memiliki kekayaan budaya yang menakjubkan.

“Adalah suatu kehormatan dan keasyikan tersendiri bagi saya dan segenap masyarakat Paris dapat menikmati kekayaan budaya Indonesia yang betul-betul menakjubkan,” kata Jean-François.

Acara Indonesia A Fascinating Journey merupakan acara budaya Indonesia di kota Paris terpanjang dalam sejarah, yakni berlangsung selama enam hari tanpa berhenti di daerah bersejarah kota Paris. Terselenggaranya acara ini dengan sukses tak lain berkat semangat gotong royong diaspora Indonesia serta didukung oleh Komisi Perancis untuk UNESCO, Pemerintah Kota Paris, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Perancis. Turut hadir menyemarakkan acara antara lain, penyanyi Anggun C. Sasmi, desainer Bai Populo dan Heri Bisma.

Presiden IDN-United Herry Utomo memuji upaya yang dilakukan oleh diaspora Indonesia di Perancis. “Ini sebuah upaya besar untuk menghadirkan Indonesia di jantung kota Paris. Saya yakin ini akan meningkatkan citra Indonesia di kota Paris bahkan lebih,” jelas Herry.

Selain membuka acara Indonesia A Fascinating Journey, Herry juga memimpin regional meeting IDN-United di Eropa yang bertujuan untuk memperkuat jaringan diaspora Indonesia di Eropa agar dapat terus mempersembahkan yang terbaik bagi tanah air tercinta. (nos)

Teks foto :

Duta Besar RI untuk Perancis Hotmangaradja Pandjaitan tampak bersemangat menari bersama di acara Indonesia A Fascinating Journey.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising