CSR

Diaspora Sumbang Sekolah Terdampak Banjir

05-01-2018

Garut, beritasurabaya.net - Indonesian Diaspora Foundation (IDF) dan Indonesian Diaspora Network Amerika Serikat (IDN USA) kembali menyerahkan sumbangan untuk sekolah-sekolah di Tanah Air. Setelah beberapa pekan lalu menyerahkan sumbangan ke sebuah sekolah di Aceh, kali ini kedua organisasi tersebut menyerahkan sumbangan sebesar Rp 25 juta ke SMPN 5 Tarogong Kidul, Garut, Kamis (4/1/2018) kemarin.

Sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah yang terkena bencana banjir pada Desember 2016. Meski telah sebelumnya menerima bantuan dari pemerintah, sejumlah kursi sekolah kini sudah tidak layak pakai setelah keropos akibat banjir.

Kepala Sekolah SMPN 5 Tarogong Kidul Ani Rosyani berterima kasih atas sumbangan dari IDF dan IDN USA. Ani mengatakan bahwa sumbangan tersebut akan digunakan untuk membeli 50 kursi baru, 1 majalah dinding besar dan berkaca untuk mendukung kreasi siswa/i, dan 2-3 komputer. Pembelian komputer bertujuan untuk mendukung upaya sekolah agar dapat menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun depan.

Pasalnya, hingga saat ini sekolah tersebut hanya dapat menggelar ujian nasional berbasis kertas pensil (UNKP). “Kami terus berupaya agar SMPN 5 Tarogong Kidul dapat melakukan UNBK secepatnya. Tentunya bantuan dari para diaspora Indonesia sangat berguna dalam mencapai tujuan tersebut, “ujar Ani.

Selain menyerahkan sumbangan, perwakilan IDF dan IDN USA juga menjajaki kerja sama lanjutan di bidang pendidikan dengan SMPN 5 Tarogong Kidul. Kedua belah pihak sepakat untuk segera menjajaki pelatihan untuk para guru guna meningkatkan kualitas belajar mengajar di sana.

IDF dan IDN Global juga akan menghubungkan satu middle school (sekolah menengah) di Amerika Serikat dengan SMPN 5 Tarogong Kidul dan menjadikan majalah dinding yang akan dibuat tersebut sebagai sarana gelar karya-karya murid dan pertukaran budaya untuk pemacu kreativitas dan semangat belajar. (nos)

Teks foto :

Kepala Sekolah SMPN 5 Tarogong Kidul Ani Rosyani berterima kasih atas sumbangan dari IDF dan IDN USA.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising