CSR

Bantuan Intensif Atasi Kebakaran Hutan Dikerahkan

18-07-2018

Jakarta, beritasurabaya.net - Dalam rangka mendukung Asian Games 2018 yang bebas api dan asap, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mengerahkan bantuan intensif untuk membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (kutla) yang terjadi di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Hal ini merupakan bagian dari upaya APP Sinar Mas untuk mendukung tercapainya target Presiden Indonesia Joko Widodo, yakni no fire and haze menjelang dan selama Asian Games 2018, yang jatuh bertepatan pada musim kemarau. “Komitmen kami tidak berhenti pada mengamankan area konsesi mitra kami dari bencana karhutla, tetapi mencakup pula kesiapan kami untuk membantu mengatasi bencana karhutla di luar wilayah konsesi kami di Sumatera Selatan,”ujar General Manager Fire Management APP Sinar Mas, Sujica Lusaka.

Sucika menegaskan, pihaknya telah mengerahkan bantuan helikopter Super Puma kapasitas 4.000 liter air untuk melakukan water bombing dalam membantu memadamkan api di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir, yang berjarak sekitar 30-40 kilometer dari wilayah konsesi APP Sinar Mas. Ini membantu membantu mencegah agar kebakaran tidak meluas dan merugikan warga sekitar serta menggangu persiapan Asian Games 2018,” lanjutnya.

APP Sinar Mas telah mengalokasikan anggaran tambahan senilai Rp50 miliar di luar anggaran tahunan, yang dikhususkan untuk mencegah dan penanggulangan karhutla menjelang dan selama Asian Games berlangsung sepanjang Mei-Oktober 2018. Secara total, APP Sinar Mas telah menginvestasikan lebih dari Rp170 miliar untuk Sumatera Selatan pada tahun ini.

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata menyampaikan, APP Sinar Mas akan terus berperan aktif untuk membantu pencegahan serta penanggulangan karhutla baik di wilayah konsensi maupun di luar konsensi APP Sinar Mas. “APP Sinar Mas sebagai perusahaan yang berkomitmen dalam memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa turut membantu untuk mengatasi pengendalian karhutla jelang Asian Games 2018. Kami akan terus mengerahkan bantuan agar situasi kebakaran dapat tertangani dengan baik,”tambahnya.

Perusahaan juga terus melakukan koordinasi serta bekerja sama dengan otoritas dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk mencegah dan menangani karhutla di seluruh wilayah operasi. Hal ini sejalan dengan komitmen perlindungan hutan APP Sinar Mas yang tertuang dalam Forest Conservation Policy (FCP). (nos)

Advertising
Advertising