CSR

Holcim Ajak Siswa Kampanye HAM

23-12-2018

Tuban, beritasurabaya.net -  Sebagai salah satu wujud komitmen pengembangan kehidupan sosial, Holcim secara konsisten melakukan kegiatan kampanye anti kekerasan dan menghormati keberagaman dengan sasaran utama siswa siswi serta pemangku kepentingan di sekitar pabrik Tuban. Bertajuk “Happiness in Diversity”, Holcim bersama 400 Siswa dari 14 sekolah di sekitar Pabrik Tuban, melakukan peringatan Hari Hak Asasi Manusia Se-Dunia, di Yayasan Bina Khoir Generation Desa Merkawang Kecamatan Tambakboyo, Tuban, 20 Desember lalu.

Hal ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya angka kekerasan di masyarakat seperti halnya fenomena gunung es, dimana angka kekerasan yang muncul tidak seberapa dibandingkan dengan angka kekerasan yang tidak terungkap. Berbagai perbedaan atau keberagaman menjadi salah satu pemicu terjadinya kekerasan di masyarakat, dan budaya kekerasan menjadi alternatif solusi untuk pemecahan masalah.

Kegiatan kampanye ini mendapat sambutan antusias dari peserta bukan hanya siswa-siswi, namun juga para pemangku kepentingan. Diawali dengan lomba mewarna yang diikuti oleh anak PAUD dan TK, serta lomba Majalah Dinding dengan peserta siswa dari 14 SD/ MI, serta kegiatan puncak yang dihadiri perwakilan pemangku kepentingan, organisasi masyarakat, perangkat desa dan sekolah-sekolah di sekitar Pabrik Tuban.

Selain itu, hadir pula, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tuban, Nurdjanah SH, GA & Community Relations Manager Pabrik Tuban, Trayudi Darma serta Forkopimcam Tambakboyo. Sebagai pemateri utama kegiatan ini adalah Chipnal Muchlip,  seorang aktivis sosial dari Tuban.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Holcim bekerjasama dengan Yayasan Bina Khoir Generation Desa Merkawang Kecamatan Tambakboyo ini, MI Nurul Jadid Mliwang secara membanggakan menjadi pemenang lomba Majalah Dinding dengan tema Ukhuwah Wathoniyah atau Persaudaraan Kebangsaan. Peserta yang terdiri dari siswa kelas 4 SD ini secara fasih mempresentasikan konsep Persaudaraan Kebangsaan sebagai upaya perwujudan Hak Asasi Manusia.

“Ini bukan sekedar kegiatan seremonial peringatan HAM, namun juga perwujudan dari Kota Layak Anak, dimana Holcim memberikan ruang berekspresi bagi anak,”ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tuban, Nurdjanah.

GA & Comrel Manager Holcim, Trayudi Darma, mengatakan, penyadaran nilai-nilai anti kekerasan dan penghormatan akan keberagaman membutuhkan waktu yang tidak singkat namun harus dilakukan. “Peringatan Hari HAM yang kami selenggarakan setiap tahun adalah wujud komitmen kami untuk turut serta dalam gerakan sosial mewujudkan perdamaian dalam keberagaman yang lebih baik di sekitar kita,”ujarnya. (nos)

Teks foto :

Peringatan HAM dengan mengajak siswa berkampanye.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising