Kabar Pasar

PD Pasar Surya Capai Target Pendapatan

20-01-2015

Surabaya, beritasurabaya.net - PD Pasar Surya dibawah kepemimpinan Dirut Karyanto Wibowo, berhasil memberikan laba bersih sesuai target yang diberikan Pemkot Surabaya. Pada tahun 2014, PD Pasar Surya berhasil mencapai target pendapatan sebanyak Rp45 miliar atau Rp45.249.245,76. Sedangkan laba bersih mencapai Rp4,7 miliar.

Capaian ini meningkat dibandingkan tahun 2013 lalu yang mencapai Rp41 miliar atau Rp41.741.023,71 dan laba bersih Rp4,4 miliar. Sedangkan pertumbuhan total aset pada 2014 cukup bagus dengan membukukan Rp52,3 miliar, yang terdiri dari stan/kios dan pasar.

Pada tahun sebelumnya sebesar Rp52,3 miliar. Jadi penambahan aset ini, kata Karyanto, karena adanya pembangunan kios baru. Sedangkan jumlah pasarnya tak bertambah.

Sementara itu, memasuki tahun 2015, PD Pasar Surya menyiapkan anggaran sekitar Rp7,4 miliar untuk perbaikan fisik pasar. Langkah ini diambil karena bangunan pasar yang ada saat ini rata-rata sudah tua.

''Banyak bangunan pasar yang usianya mencapai 20 tahun. Tentu saja kondisinya sudah tidak bagus lagi sehingga perlu perbaikan,''beber Karyanto.

Jumlah pasar yang akan diperbaiki sebanyak 67 lokasi. Jumlah tersebut sama dengan jumlah pasar tradisional yang dikelola PD Pasar Surya.

''Semua pasar akan mendapatkan anggaran perbaikan fisik. Hanya saja soal berapa anggaran satu pasar, tidak sama karena disesuaikan kebutuhan. Perbaikan mulai dari talang bocor hingga perbaikan konstruksi pasar,''jelasnya.

Perbaikan ini juga diambil karena pihaknya tidak ingin pasar ditinggalkan pembeli. Apalagi dengan adanya pasar bebas ASEAN, maka akan banyak toko asing dari negara Asean yang bebas berdiri di Surabaya.

Terkait rencana revitalisasi total terhadap pasar tradisional, Karyanto Wibowo mengaku memang ada keinginan ke sana. Namun yang perlu diingat revitalisasi itu membutuhkan dana yang cukup besar. Sedangkan anggaran PD Pasar Surya sangat terbatas.

Karyanto menambahkan sebenarnya untuk merealisasikan itu bisa mengundang investor. Namun wali kota melarang mengundang investor karena PD PD Pasar harus mengutamakan kesejahteraan pedagang. (tia)

Advertising
Advertising