Seni & Hiburan

Ayo Nonton Film di Festival Sinema Prancis

25-11-2015

Surabaya, beritasurabaya.net - Institut Francais Indonesia (IFI) bekerja sama dengan Cinema XXI/21, kantung kebudayaan dan komunitas film lokal, kembali menggelar Festival Sinema Prancis 2015, di 10 kota di Indonesia. Festival berlangsung mulai 3-6 Desember 2015 di Jakarta dan 4-6 Desember di 9 wilayah/kota lainnya yakni Surabaya, Bali, Balikpapan, Bandung, Yogyakarta, Jombang, Makassar, Malang dan Medan.

Di Surabaya, Festival Sinema Prancis didukung oleh Sheraton Surabaya Hotel & Towers, Surabaya Town Square XXI, Independen Film Surabaya dan Jeje Radio. Pemutaran film fokus di Surabaya didukung oleh Universitas Airlangga dan Universitas Narotama.

Festival tahun ini merayakan ulang tahunnya yang ke-20. Konselor kerjasama dan Kebudayaan Kedubes Prancis di Indonesia sekaligus Direktur IFI, Marc Piton mengatakan, 20 tahun Festival Sinema Prancis menjadi momen untuk melihat ke belakang banyaknya perubahan yang sangat menggembirakan.

Konteks hari ini dengan 20 tahun lalu saat festival pertama kali diadakan, kata Marc Piton, sangat berbeda. Dulu, tak hanya film Prancis yang sangat terbatas aksesnya tetapi juga film-film Indonesia. Kini, lahir generasi baru di industri film Indonesia. Kita menyaksikan lahirnya sineas-sineas muda berbakat, beriringan dengan semakin banyaknya produksi film Indonesia yang berkualitas.

"Perubahan juga ditandai dengan semakin banyaknya mitra kerja IFI dalam penyelenggaraan Festival Sinema Prancis, semakin banyak ko-produksi film Indonesia-Prancis dan semakin banyak pula film Indonesia yang mengambil tempat syuting di Prancis,"ujarnya.

Marc Piton yang sempat menjabat sebagai Atase Audiovisual Kedubes Prancis di Jakarta pada tahun 1999-2003 dan salah satu tokoh yang menginisiasi Festival Sinema Prancis di Indonesia ini menambahkan, tahun 2015 adalah awal yang baru dari 20 tahun yang akan datang di mana cakupan kerjasama dan bentuk kemitraan Indonesia-Prancis dalam bidang sinema akan semakin luas dan intens. Perayaan 20 tahun turut dimeriahkan dengan dipilihnya dua orang Ambassador Festival Sinema Prancis 2015; Garin Nugroho dan Tara Basro.

Garin Nugroho sudah menjadi penghubung industri film Indonesia dan Prancis sejak filmnya Daun Di Atas Bantal terpilih untuk kategori Un Certain Regard di Festival Fim Cannes 1998. Terakhir, Garin terpilih sebagai ketua juri internasional sekaligus menerima Cycle d'Or dalam ajang Vesoul International Film Festival 2013.

Tahun ini, Jogja-Netpac Asian Film Festival yang diinisiasi olehnya bersama Budi Irawanto, Philip Cheah dan Ifa Isfansyah berkolaborasi dengan Festival Sinema Prancis 2015 dalam memutar film-film Prancis berkualitas dan sesi diskusi Promosi dan Strategi Festival di IFI Yogyakarta pada 4 Desember dengan pembicara; Isabelle Glachant (Perwakilan Unifrance), Kamila Andini (sutradara Indonesia, peserta dalam Cinéfoundation Cannes International Film Festival), Nan T. Achnas (sutradara dan produser film Indonesia) dan Christine Hakim (aktris senior Indonesia yang pernah menjadi anggota juri Cannes International Film Festival). Garin Nugroho akan merilis film terbarunya Aach Aku Jatuh Cinta, yang juga terpilih seleksi di Busan Internasional Film Festival 2015.

Lewat filmnya yang terakhir A Copy Of My Mind, Tara Basro, meraih nominasi sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2015 yang baru saja berlangsung. Film yang disutradarai Joko Anwar dan dibintangi Chicco Jericho ini pun berhasil masuk seleksi Toronto International Film Festival (TIFF), Venice Film Festival 2015 dan Busan International Film Festival 2015. Duta Festival Sinema Prancis 2015 adalah Tara Basro. Model dan aktris berusia 25 tahun ini yang juga membintangi Another Trip to the Moon dan akan merilis film terbarunya 3 Srikandi. Dengan prestasi gemilang dan semangat berkarya itulah ia pantas terpilih sebagai Duta Festival Sinema Prancis 2015.

Festival Sinema Prancis 2015 hadir serentak dalam tiga program; Panorama, Fokus dan Kompetisi Film Pendek. Program Panorama berlangsung di Cinema XXI/21 di 7 kota/wilayah : Jakarta, Bali, Balikpapan, Bandung, Jogjakarta, Medan dan Surabaya.

Festival tahun ini menyajikan berbagai film Prancis terbaru dari berbagai genre (drama, komedi, action, thriller sampai animasi) dan berkualitas internasional. Edisi ke-20 Festival Sinema Prancis di Surabaya akan dibuka oleh film drama komedi keluarga The Belier Family (La Famille Belier) yang memenangkan Cesar Award 2015 untuk kategori Pemeran Wanita Pendatang Baru Terbaik berkisah mengenai gadis yang memiliki bakat menyanyi di sebuah keluarga penyandang tuna rungu.

Ia ingin mengejar impian untuk mengembangkan bakat tersebut dan tidaklah mudah meninggalkan keluarga yang bergantung padanya. Festival di Surabaya ditutup oleh film Dheepan yang meraih penghargaan Palme d]]Or (Palem Emas), penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes.

Dheepan menuturkan kisah seorang mantan prajurit perang sipil di Sri Lanka yang kabur dari negaranya. Lelaki bernama Dheepan berusaha menembus Eropa lewat suaka politik dengan membawa serta perempuan dan anak kecil yang tidak ia kenal. Ketiganya berupaya membangun hidup sebagai keluarga di daerah kumuh Paris, namun kenyataan hidup tak seindah yang dibayangkan.

Selain The Dheepan, akan hadir film-film terbaik Prancis 2015 lainnya yakni The New Adventures of Aladin (Les Nouvelle Aventures d'Aladin) yang disutradarai Arthur Benzaquen, Taj Mahal karya sutradara Nicolas Saada, The Little Prince (Le Petit Prince) karya sutradara Mark Osborne, Monkey Business (Pourquoi j'ai pas mange mon père) karya Jamel Debbouze, The Connection (La French) karya Cedric Jimenez dan Santa Claus ! (Le Père Noël) karya Alexandre Coffre.

Film The Connection berkisah tentang upaya seorang hakim memberantas sendiriaan dan berhadapan langsung dengan bos jaringan mafia heroin internasional, The French Connection yang tidak tersentuh berkat posisi dan kenalannya. Film dengan seting kota Marseille tahun 1975 ini dibintangi oleh Jean Dujardin yang meraih Piala Oscar 2012 untuk aktingnya yang memukau dalam film The Artist (2011). Film drama La French ternominasi Best Screenplay dalam ajang Lumiere Awards.

Film komedi Santa Claus mengisahkan seorang anak laki-laki yang berangan-angan bertemu Sinterklas dan terbang melintasi semesta dengan keretanya. Di malam natal, mimpinya terwujud; ia bertemu Sinterklas namun dalam wujud seorang pencuri yang tengah menyamar. Mereka menjelajahi Paris dari atap kea tap, mengejar impian mereka masing-masing.

Dengan seting malam natal juga, film komedi box office Prancis The New Adventures of Aladin bercerita tentang petualangan Sam dan Khalid yang gagal mencuri di Galerie Lafayette dan justru terjebak di tengah anak-anak yang memintanya untuk mendongeng. Sam menuturkan dan melakoni kisah Aladin, dalam versinya sendiri.

Bagi penonton film dalam program Panorama ini di Surabaya, akan ada doorprize untuk memenangkan smartphone Wiko buatan Prancis, yang akan diundi pada saat pembukaan dan penutupan festival.

Tiket film program Panorama dapat diperoleh di kantor IFI Surabaya mulai tanggal 25 November-3 Desember 2015, seharga Rp 35.000. Tiket dapat diperoleh di SUTOS XXI saat hari H festival. Tarif khusus untuk siswa/member IFI Surabaya, dengan menunjukkan kartu : Rp 30.000, berlaku hingga 2 Desember. (nos)

Jadwal Program Festival Sinema Prancis 2015 di Surabaya

PANORAMA, Program utama, pemutaran 8 film Prancis terbaru di Indonesia di Surabaya Town Square XXI, Studio 5. HTM: Rp 35.000 (tiket diperoleh di IFI Surabaya mulai 25 Desember dan pada hari H on the spot)

Jumat, 4 Desember pukul 19.00 WIB, The Belier Family (La Famille Belier) sebagai film pembuka festival di Surabaya. Film produksi tahun 2014 berdurasi 106 menit, Komedi, Berwarna, Bahasa Prancis dengan teks Inggris. Sutradara: Eric Lartigau dan Pemeran: Louane Emera, Karin Viard, Francois Damiens. Film ini pernah meraih penghargaan : Cesar Awards, Pemeran Wanita Pendatang Baru Terbaik ; Lumiere Awards, Pemeran Wanita Terbaik, Pemeran Wanita Pendatang Baru Terbaik.

Pukul 21:00, Film The Connection, La French produksi 2014 berdurasi 135 menit. Genre film Drama, Berwarna, bahasa Prancis dengan teks Inggris. Sutradara: Cedric Jimenez dengan pemeran Jean Dujardin, Gilles Lellouche, Celine Sallette.

Sabtu, 5 Desember 2015, pukul 17.00 WIB, The Little Prince (Le Petit Prince), produksi tahun 2015, berdurasi 106 menit. Jenis animasi, Berwarna, Bahasa Inggris dengan teks Bahasa Indonesia. Sutradara: Mark Osborne dengan pemeran: Clara Poincare, Andrea Santamaria, Andre Dussollier, Marion Cotillard, Vincent Cassel.

Pukul 19:00 WIB, The New Adventures of Aladin (Les Nouvelles Aventures d'Aladin), produksi tahun 2015, durasi 107 menit, Komedi, Berwarna, Bahasa Prancis dengan teks Indonesia. Sutradara: Arthur Benzaquen dengan pemeran Kev Adams, Jean-Paul Rouve, Vanessa Guide, Eric Judor.

Pukul 21:00 WIB, Taj Mahal produksi 2015, durasi 91 menit, Thriller, Berwarna, Bahasa Prancis dengan teks Indonesia. Sutradara: Nicolas Saada dengan pemeran, Stacy Martin, Louis-Do de Lencquesaing, Gina McKee.

Minggu, 6 Desember 2015, pukul 15.00 WIB, Monkey Business (Pourquoi j'ai pas mange mon pere) produksi tahun 2015, durasi 95 menit, animasi, Berwarna, Bahasa Prancis dengan teks Indonesia. Sutradara: Jamel Debbouze, Pemeran: Jamel Debbouze, Mélissa Theuriau, Arie Elmaleh.

Pukul 17.00 WIB, Santa Claus! (Le Pere Noel), produksi tahun 2014, durasi 81 menit, Komedi, Berwarna, Bahasa Prancis dengan teks Indonesia. Sutradara: Alexandre Coffre, Pemeran: Tahar Rahim, Victor Cabal, Annelise Hesme.

Pukul 19.00 WIB, Dheepan, produksi 2015, durasi 114 menit, Drama, Berwarna, Versi asli dengan teks Inggris subtitles. Sutradara: Jacques Audiard, Pemeran: Antonythasan Jesuthasan, Kalieaswari Srinivasan, Claudine Vinasithamby. Penghargaan : Palme d'Or Festival Film Cannes 2015.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927