Seni & Hiburan

Banyak Sineas Muda Berbakat Buat Film Pendek

16-09-2018

Surabaya, beritasurabaya.net - Lolosnya 12 film pendek ke babak grand final Xtra Short Film Competition 2018 yang digelar Adi Husada Cancer Center (AHCC), Minggu (16/9/2018), menunjukkan banyaknya sineas muda Surabaya yang berbakat. Keduabelas film pendek berdurasi 3 hingga 5 menit ditayangkan di lobi Atrium City of Tomorrow dan disaksikan para pengunjung mal.

Marketing Manager AHCC, Luluk Widyasari, mengatakan, dari 12 film pendek iyang lolos ini telah memenuhi kriteria penilaian juri seperti materi cerita, sudut pengambilan gambar, karakter yang diperankan para tokoh, dan sebagainya. “Produksi para peserta luar biasa dan mereka sangat berbakat. Mereka bisa merepresentasikan tema yang diangkat dalam kompetisi ini yakni “Join The Fight Against Cancer”,”ujarnya.

Kompetisi ini, kata Luluk, bertujuan mengajak masyarakat, khususnya arek-arek Suroboyo, untuk peduli kepada penderita kanker, sekaligus waspada terhadap bahaya penyakit ini. “Film pendek yang mereka buat mampu menunjukkan bagaimana kepeduliannya tentang penyakit kanker. Berisi dukungan kita kepada para penderita kanker, sekaligus memberi semangat mereka agar mampu menghadapi dan melawan kanker, agar mereka tidak merasa sendiri, karena ada kita di samping mereka,”paparnya.

Luluk menambahkan dari 12 film pendek tersebut dipilih juara 1, juara 2 dan juara 3. Karya mereka telah dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Adriyanto Dewo sutradara terbaik ”Tabula Rasa” dan peraih Piala Citra 2014; Wimar Herdanto, sutradara “Mesin Tanah”, dari AHCC sebagai pihak penyelenggara dan Baraka Communication.

”Film pendek ketiga pemenang tersebut mampu menyampaikan pesan kepada penonton sesuai dengan tema kompetisi. Mereka membuat film pendek hanya 2 minggu saja dan total film pendek yang masuk ke panitia lebih dari 20. Dari 20 hanya 12 yang lolos sesuai kriteria juri,”tambah Pipiet R Hidayat dari Baraka Communication.

Adapun pemenang Xtra Short Film Competition 2018 yakni juara 1 diraih Eunoia Production dari SMAK St.Louis 1 Surabaya dengan judul “A Chocolate for My Sister”; juara 1 diraih 3Sinema SMKN 3 Surabaya dengan judul :Greatest Cure dan juara 3 diraih Tolede Production-Firmansyah Marzuki Rahman dengan judul “Hope”. Para pemenang mendapat trofi, sertifikat dan uang tunai. (nos)

Teks foto :

Para pemenang Xtra Short Film Competition 2018 berfoto bersama dengan Marketing Manager AHCC, Luluk Widyasari (kanan) dan Pipiet R Hidayat (kiri) dari Baraka Communication.

Foto : Titin.

Advertising
Advertising