Seni & Hiburan

Mencari Siti, Temukan Bakat Baru Dunia Seni Pertunjukan

19-01-2021

Jakarta, beritasurabaya.net - Di penghujung tahun 2020 kemarin, www.indonesiakaya.com bekerja sama dengan sutradara kenamaan Indonesia, Garin Nugroho dan kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN), menggelar audisi online Mencari Siti. Mencari Siti ini merupakan rangkaian program online yang bertujuan menyaring para seniman muda berbakat Indonesia.

Peserta yang memiliki kemampuan vokal, tari dan akting yang telah mengikuti serangkaian program ini akan berkesempatan untuk menjadi bagian dari drama musikal terbaru persembahan www.indonesiakaya.com yang akan disutradarai oleh Garin Nugroho.

Berbeda dengan produksi lainnya, Mencari Siti ini seluruhnya akan diisi oleh pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online dan berhasil lulus casting. Karya yang diadaptasi dari kisah Siti Nurbaya karya sastrawan Indonesia, Marah Roesli ini rencananya akan diproduksi di pertengahan tahun 2021 ini.

Serial musikal online Mencari Siti ini akan dibuat dalam kemasan baru dengan adaptasi dari segi cerita dan penggunaan teknologi secara online untuk kemasan cerita yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dengan arahan Garin Nugroho dan TEMAN, elemen dari seni peran, seni tari, seni suara dan teknologi film menjadi satu untuk menciptakan karya baru bagi dunia kreatif Indonesia.

“Audisi online Mencari Siti membuka kesempatan dan memudahkan para seniman muda di berbagai daerah di Indonesia untuk ikut berpartisipasi. Banyak generasi muda kita yang berbakat dalam akting, tari, dan vokal. Melalui program ini, kami membuka kesempatan kepada generasi muda untuk terus berkarya dan bisa tetap berkreasi secara positif meski berada di tengah pandemi. Semoga kegiatan ini dapat menemukan bakat-bakat baru serta membangkitkan semangat generasi muda untuk terus berkarya,” ujar Garin Nugroho.

Sebelum Mencari Siti, www.indonesiakaya.com telah menggelar workshop Mencari Penulis yang mendapat atensi yang tinggi dari masyarakat. Dari 514 orang yang mendaftar berhasil dipilih 70 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang telah mengikuti masterclass online dengan Garin Nugroho dan Nia Dinata pada 25 November 2020 yang lalu. Para peserta terpilih ini diberi tugas sebagai tahap audisi untuk dapat terlibat sebagai tim penulis di serial drama musikal ini.

Peserta dalam program Mencari Penulis yang terpilih sebagai tim penulis dalam program musikal mendatang, yakni Latifah Maurinta (Bandung), Veronica Gabriella (Tangerang) dan lya Aktob A M (Semarang). Untuk program pencarian para pemain serial musikal online ini dibuka pada 8 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021. #AudisiMencariSiti ini bisa diikuti pria maupun wanita umur 18-35 tahun, memiliki kemampuan akting, vokal, dan menari. Calon peserta wajib mengisi formulir pendaftaran melalui www.indonesiakaya.com dan seluruh kegiatan ini tidak dipungut biaya (gratis).

Dalam audisi online ini, peserta juga harus merekam 2 lagu audisi, yakni lagu wajib dan lagu karakter sesuai peran yang diinginkan. Pemilihan lagu karakter ini terdiri dari 3 karakter utama, yakni Siti Nurbaya, Datuk Meringgih, dan Samsul Bahri.

Peserta juga harus menunjukkan akting, vokal, dan koreografi secara keseluruhan sesuai video materi audisi yang tersedia di instagram @indonesia_kaya dan mengunggah kedua video audisi dalam satu postingan secara multiple di akun instagram dengan tag @indonesia_kaya dan mencantumkan #AudisiMencariSiti.

Program Director www.indonesiakaya.com, Renitasari Adrian, mengatakan, program Mencari Siti yang merupakan rangkaian program online untuk mencari talenta baru yang akan terlibat dalam serial drama musikal yang akan ditayangkan secara virtual. Program online ini memungkinkan setiap orang memiliki kesempatan yang sama dimanapun ia berada untuk turut mewarnai dunia seni pertunjukan Indonesia ini, mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat, baik yang sudah profesional ataupun yang baru memulai pengalamannya.

“Dari 800 peserta yang mendaftar audisi online Mencari Siti, kami berhasil memilih 100 peserta, yang terdiri dari 61 perempuan dan 39 laki-laki untuk mengikuti tahapan selanjutnya yakni mengikuti workshop tari jazz kontemporer dan tari tradisi serta proses casting. Semoga para peserta terpilih ini dapat menunjukkan kemampuan serta penampilan dan kreasi terbaiknya agar dapat berpartisipasi dalam produksi musikal mendatang,”ujarnya. (nos)

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927