Nusantara

KTT ASEAN, Tim Penembak Jitu Dikerahkan

06-05-2011

beritasurabaya.net - Kepolisian Negara RI mengerahkan tim penembak jitu pada penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi ke-18 ASEAN. Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Ito Sumardi di Balai Sidang Jakarta, Jumat (06/05), mengatakan, untuk mengamankan penyelenggaraan KTT ASEAN pihaknya mengerahkan tim penembak jitu.

Mengenai jumlah penembak jitu yang dikerahkan, Ito hanya mengatakan sesuai kebutuhan saja. Namun situasi keamanan menjelang puncak acara, Ito optimis tetap aman. "Semua keamanan gabungan ini di bawah koordinasi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI,"kata Ito.

Sebanyak 7.000 personel dari kepolisian dan TNI disiagakan untuk pengamanan pelaksanaan KTT ASEAN. Jalan-jalan yang menjadi rute kepala negara dan kepala pemerintahan serta delegasi KTT ASEAN yakni dari Bandara Soekarno-Hatta, Balai Sidang Jakarta.

Delapan hotel tempat menginap kepala negara ASEAN dan delegasi yaitu Hotel Indonesia Kempinski, Hotel Grand Hyatt, Hotel Mandarin, Hotel Four Season, Hotel Shangri-la, Hotel Mulia Senayan, Hotel Ritz-Carlton, dan Hotel JW Marriot. Pada KTT ke-18 ASEAN Polri mengerahkan sekitar 4.385 personel guna mengamankan acara ini.

Polri memiliki tugas pengamanan pada sektor (ring) II dan III, sedangkan Paspampres bertanggung jawab terhadap pengamanan utama atau ring I. (bsn-ai/ant)

Advertising
Advertising