Peristiwa

Panen Perdana Urban Farming

25-08-2016

Surabaya, beritasurabaya.net - Pemandangan berbeda ditemukan di halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (25/8/2016) pagi Wali kota Surabaya Tri Rismaharini bersama jajarannya terlihat sibuk memanen padi hasil urban farming yang ditempatkan di balkon lantai dua Balai Kota Surabaya.

Sebanyak dua boks fiber persegi berwarna hijau dengan ukuran 2,5 meter x 2,5 meter berisi padi varietas memberamo ditanam sejak awal 2016, dan dipanen pagi tadi.

Sebelumnya, Risma telah mengganti tanaman hias dengan tanaman produktif di setiap sudut perkantoran. Kali ini, Risma memulai inovasi dengan menanam di atap balkon gedung bertingkat.

Salah satunya dengan menanam padi dengan menggunakan media boks fiber, dan ditanam di area Perkantoran Balai Kota Surabaya. “Sekarang saya kembangkan dalam bentuk makanan pokok, padi. Dan ternyata bisa,”kata Risma seusai panen padi perdana.

Risma optimistis dapat menekan global warming, dan minimnya lahan bercocok tanam di masa sekarang dengan metode urban farming. Alhasil, setelah mengkaji dan mendalami, mulai dari konsep, sistem penanaman hingga konstruksi bangunan, terwujudlah penanaman padi sebagai percontohan awal di Kota Surabaya.

”Ini merupakan salah satu contoh yang diberikan kepada warga, karena saya beberapa kali ikut seminar, banyak yang ngomong soal food security atau keamanan pangan. Itu akan jadi masalah karena dampak global warming ini, cuaca tidak bisa di prediksi. Nah apapun cara yang bisa dilakukan supaya pangan bisa tahan, makanan kita siap, maka kita harus lakukan. Nah saya berikan contoh seperti ini di Balai Kota ini, dengan kita tidak punya lahan, kita bisa tanam,”paparnya.

Risma menambahkan, dengan metode tanam seperti ini, teknis secara keseluruhan dalam menanam dengan metode urban farming hampir sama dengan menanam menggunakan media tanah pada umumnya. Hanya saja, media sebagai tempat menampung tanah kali ini hanya terbuat dari boks fiber.

"Sebenernya sama, medianya tanah, hanya tempatnya di atas. Kalau dulu sayur, masyarakat sudah bisa kembangkan. Sekarang, masyarakat sudah bisa menamam padi melalui program urban farming,”terang Risma.

Selain menggunakan konsep urban farming, mantan Kepala Bappeko Surabaya ini, juga sedang mempelajari konsep menanam dengan hidroponik. Sebab, Risma menilai, keterbatasan dalam memiliki lahan bukanlah suatu alasan untuk menanam, terlebih dalam menekan global warming.

”Saya juga minta kembangkan tanaman hidroponik. Karena dengan keterbatasan lahan yang ada, kita tetep bisa mendapatkan akses makanan,”himbaunya.

Tak hanya mengembangkan metode tanam di halaman Balai Kota Surabaya, kali ini Risma juga sedang mengembangkan metode tanam tersebut di semua perkantoran SKPD Pemkot Surabaya.

<>Bila masyarakat ingin mengembangkan metode tanam dengan mudah namun kesulitan bahan baku, Risma dengan senang akan membantu melalui Dinas Pertanian Kota Surabaya. Harapannya, bisa menekan angka inflasi yang tinggi di sektor pertanian khususnya sayur di Kota Pahlawan. Masyarakat yang menginginkan bahan baku, tidak harus dari kelompok melainkan juga bisa dari kelompok yang kemudian dikoordinir melalui RT/RW setempat.

”Kalau seperti ini, harus masyarakat yang menginginkan, kita tidak bisa yang memaksakan. Kalau dipaksakan, mana mungkin bisa. Kalau masyarakat yang mengajukan itu berarti bisa. Karena inflasi tertinggi di Surabaya adalah sayur. Oleh karena itu kita atasi dengan tanam sendiri, keamanan pangan bisa terjaga, dan inflasi juga bisa ditekan karena itu,”tegasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Surabaya Joestamadji menambahkan, rencana kedepan sesuai permintaan walikota, Dinas Pertanian akan menambahkan empat boks fiber sebagai media tanam lagi di balkon Kantor Balai Kota Surabaya. Sebab, setelah diuji oleh Dinas Cipta Karya, konstruksi bangunan kuat menyanggah bebaban hingga ratusan ton.

”Setiap satu boks mempunyai beban sekitar 10 ton, dengan ketebalan tanah 40-50 sentimeter. Sehingga, nanti dimungkinkan akan menambahkan empat boks lagi,”jelasnya.

Tidak hanya itu, perawatan yang mudah, tidak akan menyulitkan masyarakat bila ingin menerapkan metode tanam dengan konsep urban farming ini. Sebab, pada hakikatnya semua perawatan hampir sama dengan penanaman padi di sawah pada umumnya. (tia)

Teks foto :

Risma saat memanen padi dengan konsep urban farming yang ada di atas lantai dua Balai Kota.

Foto : Humas Pemkot Surabaya.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927