Laporan Khusus

Aplikasi Enterprise XL Bantu Efisiensi Korporasi

14-04-2015

Surabaya, beritasurabaya.net - Melalui bisnis Internet of Thing (IOT), PT XL Axiata Tbk (XL) terus melahirkan berbagai inovasi berbasis layanan teknologi informasi dan telekomunikasi. Layanan inovatif tersebut antara lain berupa solusi untuk korporasi yang berguna membantu peningkatan produktivitas dan efisiensi proses bisnis.

Salah satunya adalah aplikasi ''Enterprise'', yang memang dirancang untuk menjawab kebutuhan pelanggan korporat atas solusi yang komprehensif dan unik. Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi, Selasa (14/4/2015), mengatakan, mobilitas yang semakin tinggi disertai dengan bisnis proses yang tidak mudah sering menjadi faktor utama keterlambatan service delivery yang dialami suatu perusahaan.

''Berorientasi pada kebutuhan bisnis pelanggan korporat, melalui XL IOT, kami telah menyiapkan empat solusi pada aplikasi Enterprise. Dengan solusi tersebut, setiap perusahaan dapat dengan mudah mengautomisasi pekerjaan manual dan mempercepat bisnis proses supply chain,''tukasnya.

Desy menambahkan, empat solusi dalam aplikasi Enterprise tersebut mencakup Manajemen Penjualan, Manajemen Inventori dan Pergudangan, Manajemen Survey, serta Manajemen Distribusi dan Canvasser. Pada fitur manajemen penjualan, solusi ini digunakan untuk meningkatkan fungsi tenaga penjual dalam mengakses kebutuhan pelanggan serta target penjualan. Selain itu solusi ini dapat meningkatkan waktu respons dari penyediaan kebutuhan pelanggan.

Pada solusi manajemen inventori dan pergudangan, solusi ini dirancang khusus untuk perusahaan dalam mengelola kegiatan operasional gudang, mulai dari pencatatan barang masuk hingga barang tersebut keluar dari gudang. Aplikasi ini menggunakan sistem Barcode untuk mempermudah pekerjaan di lapangan.

Dengan demikian, pelanggan akan mudah dalam mengelola data inventori barang seperti serial number, expiry date, batch melalui berbagai macam metode prosedur (First in First Out atau First Expired First Out).

Pada solusi manajemen survei, layanan ini dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa survei maupun perkreditan dalam memperoleh informasi dari pelanggannya. Tenaga lapangan dapat dengan mudah mengumpulkan data responden atau nasabah dan mengirimkan informasi tersebut secara real time ke pusat sistem data perusahaan.

Terakhir, pada solusi manajemen distribusi dan canvasser, solusi merupakan gabungan dari manajemen inventori serta manajemen penjualan, di mana penggunaannya untuk mengelola seluruh pelanggan perusahaan, termasuk menentukan pedoman kunjungan tenaga penjual (call plan atau route plan) maupun kurir pengantar barang.

Selain memberikan kecepatan, aplikasi ini juga beroperasi di sistem operasi Android yang memudahkan pelanggan untuk menggunakannya di berbagai jenis perangkat ponsel. Peningkatan kinerja beberapa fungsi departemen dalam perusahaan, seperti fungsi penjualan, fungsi inventori dan logistik, maupun fungsi distribusi, dapat diraih dengan adanya aplikasi ini. Selain itu, manajemen dapat memonitor penjualan untuk membantu mengukur KPI maupun target dari tenaga penjual.

General Manager M2M Technology yang bertanggung jawab dalam pengembangan aplikasi ini Arifa Febriyanti, menekankan tim operasional akan berkomunikasi ke pelanggan dalam menentukan layanan yang tepat dan terbaik sesuai kebutuhan perusahaan. Pihaknya, memastikan solusi ini dimanfaatkan secara maksimal oleh pelanggan korporat.

Selanjutnya, mereka akan menganalisa kebutuhan tersebut dan memberikan komitmen untuk membangun solusi yang komprehensif dan unik sesuai dengan kebutuhan bisnis. Empat solusi Aplikasi Enterprise tersebut telah diuji di beberapa perusahaan pelanggan korporat dari berbagai macam sektor industri, seperti perdagangan barang dan jasa konsumer, lembaga Keuangan dan bank, serta logistik.

Bisnis XL IOT telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hingga Maret 2015, jumlah koneksi XL IOT meningkat pesat menjadi lebih dari 600.000 koneksi. Angka ini merupakan kombinasi jumlah pelanggan aktif terdaftar dan pelanggan yang berkomitmen menggunakan XL. EDC (Electronic Data Capture) tetap mendominasi koneksi di XL IOT dan disusul oleh pengguna AMR (Automated Meter Reading). (noer soetantini)

Teks foto :

Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927