Laporan Khusus

PT Propan Raya Dukung Arsitektur Nusantara

12-08-2017

Jakarta, beritasurabaya.net - PT Propan Raya tak henti-hentinya mendukung program pemerintah terkait budaya. Satu diantaranya, melalui kegiatan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara.

Komitmen ini diapresiasi Kementrian Pariwisata dengan mengijinkan logo Pesona Indonesia dan Wonderfull Indonesia terpasang pada produk PT Propan Raya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budayanya.

Nilai positif inilah yang ingin diusung, ditanamkan, dan disebarkan PT Propan Raya ke semua lapisan masyarakat, tanpa terkecuali. Bukan tanpa alasan, sebagai perusahaan cat ternama yang dibangun oanak bangsa, yakni Hendra Adidarma, PT Propan Raya seakan memiliki tanggungjawab untuk terus memperkenalkan dan melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Sejak PT Propan Raya didirikan tahun 1979, Hendra Adidarma selaku Pendiri dan Direktur Utama, sudah memikirkan bagaimana membuat sebuah produk cat yang bisa memperkuat sekaligus memperindah bangunan-bangunan arsitektur tradisional Indonesia. Perlu diketahui, bahwa hampir seluruh bangunan arsitektur tradisional Indonesia menggunakan material kayu.

Contohnya, rumah adat Gadang (Sumatera Barat), rumah adat Joglo (Jawa Tengah), rumah adat Badui (Banten), dan masih banyak lagi. Dari sinilah, lahir berbagai macam produk cat kayu keluaran Propan yang mampu mempercantik dan melindungi bangunan arsitektur tradisional Indonesia.

Inovasi dan komitmen yang dilakukan PT Propan Raya terkait Arsitektur Nusantara tak hanya dilakukan pada produknya saja, tetapi merambah ke kegiatannya juga. Satu diantara realisasinya, yakni menyelenggarakan acara Sayembara Desain Arsitektur Nusantara. Acara yang awalnya digagas PT Propan Raya bersama dengan Mari Elka Pengestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (periode 2011-2014), telah menjadi agenda rutin tahunan PT Propan Raya dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.

“Dalam menyelenggarakan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara, kita sudah bekerja sama dengan Kementrian Pariwisata sejak tahun 2013 hingga 2017. Kita ketahui bahwa arsitektur adalah salah satu sub sektor bidang kreatif yang menjadi fokus perhatian pemerintah. Dan tentunya, dengan keragaman suku di Indonesia dan arsitekturnya yang indah merupakan kekayaan Indonesia yang patut kita lestarikan,”ucap CEO PT Propan Raya, Kris Rianto Adidarma.

Kris Rianto Adidarma menjelaskan PT Propan Raya sudah menyelenggarakan beberapa kali sayembara. Dari mulai Sayembara Desain Rumah Budaya Nusantara (2013), Sayembara Desain Desa Wisata Nusantara (2014), Sayembara Desain Bandara Nusantara (2015), hingga Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara (2016).

“Sementara, di tahun 2017 ini, kita akan meluncurkan Sayembara Desain Arsitektur Restoran Nusantara,”ucap Kris Rianto Adidarma.

Dengan semua yang telah dilakukan PT Propan Raya, Kementrian Pariwisata mengapresiasi perusahaan yang terkenal dengan slogan “Cari Cat, Cari Propan”, dengan mengijinkan logo Pesona Indonesia dan Wonderfull Indonesia terpasang pada produk PT Propan Raya.

“Kami menerima ijin menggunakan logo Pesona Indonesia dan Wonderfull Indonesia sejak akhir 2015. Logo tersebut kita gunakan pada kemasan produk Propan yang memang sudah menjadi market leader di Indonesia, bahkan kita ekspor ke mancanegara, yakni produk Ultran dan Impra untuk seri wood finishing (kayu),”terang Kris Rianto Adidarma.

Kris Rianto Adidarma menambahkan dengan kerjasama ini dapat membantu mempromosikan produk asli Indonesia, sekaligus mempopulerkan pariwisata dengan branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia yang semakin mendunia ini. Apalagi, Propan memiliki banyak kustomer proyek hotel, resor, pelayanan umum, dan masih banyak lagi, yang tentunya akan menjadi promosi yang efektif dan efisien bagi promosi pariwisata Indonesia.

Sebagai produsen cat yang tentunya menghasilkan warna warna, PT Propan Raya juga pernah merilis Warna Nusantara dari 6 Provinsi di Indonesia. “Langkah ini akan kita lanjutkan untuk memperkenalkan identitas masing-masing daerah di Indonesia yang beragam budaya dan tentu saja ini sejalan dengan visi memperkenalkan Indonesia dengan brand Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesianya,”tutur Kris Rianto Adidarma.

Dengan semua upaya yang telah dilakukan ini menjadi bukti dan komitmen nyata PT Propan Raya dalam melestarikan, mengkinikan, dan menduniakan Arsitetur Nusantara sebagai kekayaan Indonesia. (noer soetantini)

Teks foto :

Kris Rianto Adidarma (kiri) bersama Menteri Pariwisata (ketiga dari kanan) usai melakukan co-branding Propan mendukung promosi wisata Indonesia.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising