Laporan Khusus

4 Program YouTube Kembangkan Kreator Daerah

18-09-2017

Jakarta, beritasurabaya.net - YouTube kembali mendatangkan fasilitas YouTube Pop-Up Space di Jakarta sebagai sarana pelatihan profesional bagi kreator di Indonesia. Tujuannya, agar bisa saling berkolaborasi dan menciptakan konten berkualitas.

Pada peluncurannya di Art:1 New Museum, Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen, berbagi lebih jauh mengenai perkembangan YouTube di Indonesia. Data terbaru App Annie merekam 50 juta orang Indonesia aktif mengunjungi YouTube setiap bulan, sementara pertumbuhan angka kreator dengan 1 juta subscribers meningkat 4X hanya dalam setahun terakhir.

Bayu Skak, YouTuber dari Malang, Jawa Timur yang gemar membuat video komedi berbahasa Jawa menjadi kreator pertama dari luar Jakarta yang meraih 1 juta subscriber. “Kami melihat kreator dari kota-kota kecil di Jawa, Sulawesi, dan bahkan Papua membuat konten dan meraih sukses di YouTube,”kata Tony Keusgen.

Untuk itu, kata Tony Keusgen, ingin membawa kekuatan komunitas YouTube ini untuk mereka lewat inisiatif yang diumumkan hari ini yakni YouTube Pop-Up Space, YouTube NextUp, YouTube FanFest, dan YouTube Go, Senin (18/9/2017).

Lewat dua Pop-Up Space yang telah dilakukan di Jakarta setahun terakhir, YouTube telah melatih lebih dari 1,000 kreator konten di Indonesia lewat fasilitas studio canggih, rangkaian workshop, dan pelatihan mengenai cara meraih sukses di YouTube. Pop-Up Space yang ketiga ini difokuskan pada kreator yang beraliran musik, di mana kreator musik seperti Eclat Story, Eka Gustiwana dan Fathia Izzati mendapat kesempatan untuk berkolaborasi dan berlatih untuk festival terbesar YouTube mendatang, yakni YouTube FanFest Indonesia. Tim2one - Chandra Liow dan Sheryl Sheinafia misalnya, akan berkolaborasi untuk pertama kalinya di Pop-Up Space Jakarta.

Terbaru di tahun ini, YouTube menggelar program YouTube NextUp, di mana 12 kreator hasil seleksi juri diterbangkan ke YouTube Pop-Up Space untuk diberi pelatihan intensif dari para pakar produksi, serta memiliki kesempatan mengeksplorasi kemungkinan berkolaborasi dengan “the rising” kreator lainnya dalam program ini.

Di program YouTube NextUp pertama untuk Indonesia ini, 75 persen kreator terpilih berasal dari luar Jakarta, seperti Koplak Story dari kota Purwokerto Jawa Tengah, AF2C dari kota Kisaran di Medan, dan MMXV dari Maluku. Program YouTube NextUp ini didesain khusus untuk membantu mereka mempelajari cara membuat video dengan lebih baik, mendapat lebih banyak subscriber, dan membuat channel menjadi lebih menarik.

Sementara itu, ajang YouTube FanFest di tahun ini untuk pertama kalinya akan dilakukan tak hanya di Jakarta, tapi juga Yogyakarta (22-24 September), Surabaya (6-8 Oktober), dan Bandung (20-22 Oktober). Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan bagi kreator dari daerah luar Jakarta untuk mendapat pengalaman serupa dengan kreator di Jakarta, yakni unjuk talenta di atas panggung, berkolaborasi dengan top kreator, serta bertemu dengan penggemar secara langsung.

“Kami terus dikejutkan dengan antusiasme audiens YouTube. Di FanFest yang pertama tahun 2015, 3,000 tiket langsung habis dalam kurun waktu lima menit. Tahun lalu, kami memperpanjang FanFest hingga tiga hari dan 18,000 orang datang untuk menonton aksi YouTuber favorit mereka. Maka tahun ini kami ingin membawa keseruan yang sama bagi kreator dan penggemar YouTube di kota lainnya,”kata Head of Consumer Marketing, Google Indonesia, Fibriyani Elastria.

Rangkaian YouTube FanFest Indonesia 2017 akan ditutup di Jakarta pada tanggal 10-12 November dan dimeriahkan oleh kedatangan kreator YouTube internasional ternama seperti 1Million Dance Studio dan Ranz & Niana, juga kreator lokal yakni Gen Halilintar, Raditya Dika, dan dunia MANJI yang siap memberikan penampilan terbaik bagi para penggemar mereka. Untuk informasi tiket dan jadwal lengkap YouTube FanFest di empat kota ini, follow tagar #YTFFID di media sosial.

Setelah diumumkan pada bulan Agustus lalu, YouTube Go, aplikasi YouTube yang lebih hemat kuota kini sudah dapat diunduh melalui Play Store. YouTube Go didesain khusus bagi pengguna YouTube dengan keterbatasan jaringan Internet dan WiFi, dilengkapi dengan fitur-fitur unik seperti mengontrol jumlah kuota dan kemampuan preview sebelum menonton video secara utuh.

“Indonesia terus menjadi fokus penting bagi YouTube. Kami berharap semua inisiatif yang diluncurkan hari ini dapat membantu lebih banyak masyarakat Indonesia meraih sukses di YouTube. Kami tak sabar melihat lebih banyak lagi konten khas Indonesia dinikmati oleh audiens global,”tutup Tony. (noer soetantini)

Teks foto :

Ria Ricis saat menerima Gold Button dari Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen, di acara YouTube Pop-Up Space hari ini.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927