Laporan Khusus

Bogielift Bikin Kendaraan Komersial Lebih Efisien

10-10-2017

Malang, beritasurabaya.net - Iklim usaha perdagangan yang semakin membaik mendorong kebutuhan kendaraan komersial juga meningkat. Pelaku usaha juga memiliki kebutuhan tinggi akan kendaraan komersial yang lebih efisien, kuat dan tahan lama guna mendukung pertumbuhan bisnis dan usaha mereka.

UD Trucks sebagai salah satu produsen kendaraan komersial bermesin diesel terkemuka asal Jepang menjawab kebutuhn tersebut melalui teknologi produk terbaru dari Quester yakni Bogielift dan Telematics. Bogielift yang diaplikasikan pada produk terbaru ini menawarkan solusi unik dengan kekuatan horsepower terbesar di kelasnya.

Menurut Direktur Marketing UD Trucks, Jurn Terpstra, di sela Training Boogielift dan Telematics, Selasa (10/10/2017), di Hotel Tugu Malang, teknologi Bogielift mengadopsi european truck. “Di Indonesia, teknologi Bogielift hanya ada di UD Trucks saja. Dengan penerapan teknologi ini, banyak penghematan yang bisa dilakukan oleh perusahaan terkait biaya operasional kendaraan. Berapa persen penghematan yang bisa diperoleh, tergantung banyak faktor,”ujar Jurn Terpstra pada 18 media peserta Training Bogielift dan Telematics.

Jurn menegaskan selama ini kendaraan komersial terutama untuk kebutuhan kargo maupun di daerah pertambangan, merek UD Trucks relatif dikenal oleh industri. Serapan pasar cukup bagus bahkan secara market share di Jawa Timur, posisi UD Trucks berada terbesar kedua.

”Dengan spesifikasi dan teknologi yang ada di Quester, kami optimis bisa meraih pangsa pasar nomor satu di kelasnya. Ini yang menjadi target UD Trucks di tahun 2020,”tambah Jurn.

Sementara itu, Head of Product Management, Theo Wibisono menjelaskan, banyak keuntungan yang diperoleh pemilik kendaraan dengan hadirnya teknologi Bogielift. Antara lain, bisa perpanjang usia ban, load distribution menjadi lebih baik dan efisiensi bahan bakar.

Teknologi Bogie Axle Lift, kata Theo, memiliki dua fitur, yakni fitur Bogielift, yang berfungsi mengangkat poros roda kedua saat truk tidak bermuatan. Fitur ini mengurangi jumlah ban yang bergesekan dengan badan jalan sehingga memperkecil gaya gesek dan hasilnya adalah efisiensi bahan bakar.

Untuk fitur Bogpress, berfungsi meningkatkan traksi poros roda pertama saat truk membawa membawa muatan penuh dan melintasi jalanan yang terjal. Di dalam kondisi jalanan seperti ini besar kemungkinan poros roda pertama dapat tergelincir dan Bogpress mencegahnya dengan menambah traksi.

"Teknologi ini diaplikasikan pada Quester 6x2, 8x2 Rigid dan 6x2 tractor,"tambah Theo.

Sedangkan UD Telematics Services itu sebuah solusi fleet management dari UD Trucks. Kustomer bisa mengandalkan UD Telematics untuk operasi transportasi yang lebih menguntungkan.

Dengan UD Telematics ini, kustomer mendapatkan informasi yang akurat dan terkini sehingga dapat mengandalkan biaya bahan bakar, meningkatkan produktivitas pengemudi, memantau armada dan pengemudi, mengurangi pekerjaan administratif. “Seluruh armada UD Trucks sudah dilengkapi UD Telematics, tinggal diaktivasi layanannya saat kendaraan akan dioperasionalkan,”papar Theo.

UD Telematics ini menggunakan GPS tersendiri untuk lokasi dan data seperti KM/H, Idle, Max.Speed. UD Telematics menggunakan data langsung dari ECU truk, bukan data average distance and time dari peta.

Fitur yang dimiliki oleh Telematics pada UD Truck, antara lain, track and trace untuk melacak keberadaan truk, fuel utilisation, fuel loss alert untuk menghindari pencurian bahan bakar, dan proactive support. Rekap perjalanan truk akan terlihat dengan status kendaraan selama perjalanan serta kecepatan yang digunakan pengemudi serta jumlah bahan bakarnya.

Kepala Cabang PT Astra International Tbk UD Trucks Malang, Sudarmanto mengatakan sudah banyak kustomer yang memanfaatkan teknologi Boogie Lift dan UD Telematics. Astra International sendiri memberikan dukungan pada kustomer UD Trucks saat mengalami masalah di jalan.

Sudarmanto menegaskan Astra menyediakan UD Onsite berupa mobil truk yang mobile. “Begitu kustomer punya masalah di jalan, UD Onsite segera meluncur ke lokasi untuk menyelesaikan masalah kustomer,”pungkasnya. (noer soetantini)

Teks foto :

Kiri-kanan : Head of Product Management, Theo Wibisono; Direktur Marketing UD Trucks, Jurn Terpstra, dan Kepala Cabang PT Astra International Tbk UD Trucks Malang, Sudarmanto usai memberikan penjelasan kepada media terkait teknologi Bogie Lift dan UD Telematics.

Foto : Titin.

Advertising
Advertising