Laporan Khusus

UD Trucks Target Penjualan 3500 Unit Akhir 2017

11-10-2017

Purwodadi, beritasurabaya.net - PT Astra International UD Trucks Sales Operations targetkan meraih penjualan sebanyak 3500 unit truk secara nasional sampai akhir 2017. Pencapaian year to date tercatat 2500 unit.

Hal ini disampaikan Chief Operating Officer PT. Astra International UD Trucks Sales Operations, Winarto Martono, di sela program apresiasi bagi para pengemudi truk Indonesia yang ketujuh dan berlangsung pada 11-13 Oktober, 2017, di Jalan Raya Purwodadi, Pasuruan.

Winarto mengatakan dengan target penjualan 3500 unit tersebut, posisi UD Trucks berada di urutan ketiga. Ini lantaran UD Trucks lebih banyak bermain di segmen pasar on road dan terfokus di Pulau Jawa.

Dengan memilih segmen pasar on road di Jawa, kata Winarto, posisi UD Truck nomer satu di kelasnya. Jika dibandingkan dengan pasar medium & heavy truck, posisi UD Trucks di posisi ketiga.

Target penjualan tersebut naik 50 persen dibanding tahun lalu dimana penjualan UD Trucks mencapai angka 2500 unit. “Kami tidak main di segmen pasar off road seperti halnya kompetitor. Kami fokus yang on road dan optimistis target tercapai,”ujarnya.

Sementara pasar di Jawa Timur sendiri, Winarto mengatakan, untuk pasar medium and heavy truck sebesar 2400 unit per tahun. UD Trucks sendiri bisa mengambil porsi 800 unit setahun di Jawa Timur.

Di Jawa Timur, UD Trucks market leader dengan pangsa pasar sebesar 35 hingga 37 persen. Sementara posisi year to date di kisaran 550 hingga 600 unit.

Untuk penjualan unit di Jawa Timur, Surabaya (nomor plat L) masih tertinggi disusul Malang (nomor plat N) dan Kediri (nomor plat AG). ”Sampai saat ini segmen pasar yang kami bidik didominasi general cargo sebesar 50 persen, kontruksi 40 persen dan kontainer serta lainnya sebanyak 10 persen. Komposisi segmen pasar tersebut dipengaruhi peningkatan proyek infrastruktur serta industri pertambangan,”papar Winarto.

Potensi pasar Kota Malang, kata Winarto, relatif cukup besar bagi UD Trucks. Sampai Agustus 2017, market share Kota Malang sebesar 44,1 persen. Melihat potensi pasar tersebut, sejak awal 2017 dibuka kantor cabang PT Astra International UD Trucks Sales Operations Kota Malang.

”Itu sebabnya, kami juga menggelar program apresiasi bagi para pengemudi truk Indonesia yang ketujuh di Purwodadi. Bahkan untuk launching UD Trukcs Quester CQE 280 (8x2R) yang dilengkapi dengan fasilitas terbarunya, yakni Boogie lift beserta mekanik yang siap membantu para pengemudi yang singgah, dilaksanakan di SPBU Purwodadi,”tambah Winarto.

Program apresiasi pengemudi ini sesuai dengan Brand Promise UD Trucks “Going the Extra Mile” merupakan aktivasi ketujuh bagi UD Trucks. Kampanye akan dilaksanakan selama 3 hari, yang bertujuan menyemangati kembali pengemudi truk, sehingga mereka dapat mengemudi dengan lebih aman, hemat bahan bakar sembari mengemban moto “Going the extra mile”.

Dengan menunjukkan perhatian terhadap pengemudi sebagai titik interaksi yang utama, UD Trucks bersama dengan PT. Astra International UD Trucks Sales Operations ingin menyegarkan kembali brand yang telah berada di Indonesia selama 30 tahun lebih.

Selain itu, UD Trucks menyediakan fasilitas lainnya berupa makanan, minuman, serta informasi seputar keamanan dan mekanik yang disiapkan secara khusus yang dapat membantu pengemudi berkonsultasi seputar hal teknik terkait truknya. Selain fasilitas, kru tersebut memperkenalkan brand UD Trucks dan kiat menghemat bahan bakar kepada para pengemudi yang singgah.

Pada peresmian program apresiasi bagi pengemudi hadir pakar safety riding Moreno Soeprapto. Hadir pula Kanit DigJasa Polres Pasuruan, Saiful Ilmi, Kapolsek Purwodadi, Slamet Santoso serta Kepala Cabang PT Astra International UD Trucks Sales Operations Kota Malang, Sudarmanto.

Moreno yang juga anggota Komisi III DPR RI ini memberikan tips-tips cara aman dan nyaman berkendara pada puluhan pengemudi truk yang mampir ke SPBU Purwodadi. (noer soetantini)

Teks foto :

Moreno Soeprapto (tengah) diapit Kanit DigJasa Polres Pasuruan, Saiful Ilmi, Kapolsek Purwodadi, Slamet Santoso serta Kepala Cabang PT Astra International UD Trucks Sales Operations Kota Malang, Sudarmanto (dua dari kanan) dan Chief Operating Officer PT. Astra International UD Trucks Sales Operations, Winarto Martono (dua dari kiri) serta para pengemudi truk.

Foto : Titin.

Advertising
Advertising