Laporan Khusus

10 Fakta SHAREit, Solusi Konektifitas Sempurna

05-12-2017

Jakarta, beritasurabaya.net - Perkembangan revolusi dibidang teknologi, terutama kehadiran perangkat mobile dan berbagai aplikasi pendukungnya mampu membawa berbagai kemudahan dalam kehidupan. Sehingga tak heran lagi, jika pengguna perangkat mobile saat ini kian meningkat, sampai-sampai banyak orang yang menggunakan beberapa perangkat mobile untuk membantu tugas sehari-harinya.

Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2016, 34 persen pengguna perangkat mobile di Indonesia menggunakan dua buah perangkat, sebanyak 12 persen menggunakan tiga buah perangkat, sementara 4,2 persen orang Indonesia menggunakan tiga dan empat buah perangkat untuk menunjang aktivitas sehari-hari, termasuk berinternet. Melihat data mengenai jumlah perangkat mobile yang digunakan tersebut maka tidak bisa dipungkiri, mengirimkan data antar perangkat kini merupakan salah satu hal yang sering kali dilakukan oleh pengguna perangkat mobile maupun PC.

Salah satu aplikasi yang memberikan kemudahan bagi penggunanya adalah SHAREit. Ini aplikasi pengiriman file yang dibuat oleh SHAREit Technologies Co.Ltd dengan jumlah pengguna global yang mencapai lebih dari satu miliar.

Menurut CEO SHAREit Tecghnology Limited, Michael Qui, Selasa (5/12/2017), dengan kemampuan mengirimkan file dengan mudah, cepat, dan hemat biaya, SHAREit menawarkan solusi konektivitas yang memungkinkan penggunanya dapat bekerja lebih smart dan efisien. Ingin buktinya?

Ada 10 fakta yang membuat SHAREit berhasil menduduki posisi pertama dalam daftar peringkat Google Play di 38 negara. Yang pertama, sebut Michael Qui, SHAREit lebih cepat dari Bluetooth. Mekanisme transfer yang dioptimalkan memudahkan SHAREit dalam menerima dan mengirimkan file yang berukuran besar dengan cepat.

”Aplikasi ini mampu 200 kali lebih cepat dari Bluetooth dan bisa mencapai kecepatan pengiriman hingga 20MB/detik. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan pengiriman file puluhan GB lebih cepat dari sebelumnya,”ujarnya.

Kedua, mendukung transfer file lintas perangkat dan platform. Dengan ukuran file sekitar 5MB, aplikasi SHAREit tersedia untuk berbagai perangkat yang menggunakan sistem operasi Android, iOS, Windows Phone dan Windows PC. Yang menarik, aplikasi ini juga menjadi solusi transfer file antar perangkat meski memiliki sistem operasi yang berbeda, seperti dari perangkat iOS ke tablet Android maupun dari perangkat Android ke PC Mac.

Ketiga, mendukung berbagai format file. Michael Qui menjelaskan, selain antar perangkat, SHAREit juga mendukung pengiriman berbagai file yang memiliki format berbeda seperti file dokumen, gambar, video (MKV, AVI, MP4, Flash), musik (MP3, WAV, dan WMV), bahkan folder yang berisikan data dengan cepat.

Keempat, mudah digunakan. Karena kemudahan penggunaannya, tidak heran jika aplikasi ini digemari kalangan millennial dan kalangan anak-anak. Dengan interface yang mudah dipahami, untuk menggunakannya, SHAREit hanya memiliki dua buah tombol utama, yakni Send dan Receive. Pengguna hanya perlu mengklik tombol Send untuk mengirimkan file dan penerima cukup menekan tombol Receive.

Kelima, hemat biaya. Karena memanfaatkan jaringan WiFi, dalam melakukan perpindahan data yang jumlahnya besar, SHAREit dapat digunakan secara gratis, tanpa memerlukan paket data atau koneksi Internet. Pengguna dapat menggunakannya di mana pun dan kapan pun, asalkan pengirim dan penerima masih dapat terhubung dengan jaringan WiFi yang sama.

Keenam, dukungan lokalisasi. Agar mudah dimengerti oleh penggunanya, SHAREit menawarkan desain yang disesuaikan dengan negara yang berbeda. “Tak hanya itu, SHAREit juga dilengkapi dengan 39 bahasa yang berbeda untuk memudahkan penggunanya di seluruh dunia, termasuk diantaranya bahasa Inggris, bahasa Indonesia, Perancis, Spanyol, Rusia, Arab, dan China,”ujarnya.

Ketujuh, terjamin aman. SHAREit menggunakan jalur WiFi yang aman melalui proses autentifikasi dua arah yang akan memastikan keamanan proses pengiriman data. Dengan begitu, pengguna dapat saling berbagi konten video, data pribadi, maupun aplikasi game dengan aman dan mudah. Autentifikasi dua arah ini mampu mencegah terjadinya pencurian data.

Kedelapan, menggunakan aplikasi tanpa perlu download. Yang menarik, aplikasi ini juga bisa mengirimkan aplikasi ke perangkat lain tanpa harus membuat file APK terlebih dahulu. Cukup salin file APK dari perangkat teman, pengguna sudah bisa langsung menggunakan aplikasi game yang diinginkan. Hal ini berguna saat pengguna ingin menginstal sebuah aplikasi atau game tanpa harus men-download aplikasi tersebut.

Kesembilan, fitur yang lengkap. SHAREit menawarkan berbagai fitur menarik yang sangat berguna bagi penggunanya, diantaranya fitur Connect to PC, fitur berbagi file secara bersamaan ke lima orang atau lebih penerima dan fitur ShareZone yang mampu mempercepat dan memudahkan proses pengiriman file ke orang-orang terdekat secara real time. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan percakapan antar pengguna SHAREit.

Kesepuluh, kemampuan pencarian otomatis. SHAREit dapat secara otomatis menemukan sesama perangkat yang sudah terinstal SHAREit satu dengan lainnya yang berada dalam area tertentu. Hal ini tentu membuat proses pengiriman file menjadi sangat mudah. Sebab, pengguna tidak perlu repot-repot melakukan konfigurasi dari awal.

“Berbagai kemampuan dan fitur yang dimiliki SHAREit membuat aplikasi ini sempat menduduki peringkat pertama di Google Play Store Indonesia dan India. Tak hanya itu, jumlah berbagai berkas yang ditransfer dengan SHAREit kini mencapai lebih dari 700 juta setiap hari,”pungkasnya.

Untuk menggunakan SHAREit, bisa mengunduh versi terbaru aplikasi SHAREit melalui situs ushareit.com. (noer soetantini)

Advertising
Advertising