Laporan Khusus

Danamon Sumbang Fasilitas Umum Pasar Tambah Rejo

23-12-2017

Surabaya, beritasurabaya.net - PT Bank Danamon lndonesia Tbk (“Danamon”) dan anak perusahaannya Adira Finance dan Adira Insurance beserta Yayasan Danamon Peduli (“Danamon Peduli") memperkuat komitmennya untuk terus mendukung perkembangan pasar rakyat. Hal ini diwujudkan melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yakni kegiatan Peduli Lingkungan.

Satu diantaranya, Danamon dan Danamon Peduli menyerahkan bantuan pembangunan fasilitas umum berupa ruang laktasi, tempat penitipan anak dan arena bermain untuk anak yang berlokasi di Pasar Tambah Rejo Surabaya, Sabtu (23/12/2017).

Menurut Branch Coorporate Officer Danamon, Yudi Astono, bantuan ini disesuaikan dengan kebutuhan dari Pasar Tambah Rejo. Sebelumnya, bantuan serupa juga diberikan di pasar tradisional yang ada di Kediri dan Malang.

Yudi mengatakan bentuk bantuan kepada pasar tradisional tahun ini berbeda dibanding tahun lalu. “Tahun lalu berupa fasilitas kebersihan dan tahun ini fasilitas ruang laktasi. Kebetulan Pasar Tambah Rejo belum memiliki dan kami memberikan bantuan fasilitas ini senilai Rp100 juta,”ujarnya.

Bantuan fasilitas menyasar pasar rakyat, diungkapkan Yudi, karena ini juga bentuk apresiasi Danamon pada pedagang yang notabene mayoritas juga anggota Danamon Simpan Pinjam.

Sementara Kepala Pasar Tambah Rejo, Djatwiga mengatakan, kebutuhan fasilitas ruang laktasi ini sangat penting guna mendukung Pasar Tambah Rejo sebagai pasar yang berstandar nasional Indonesia (SNI). Terlebih di pasar milik PD Pasar Surya (BUMD Pemkot Surabaya), memiliki jumlah pedagang relatif besar yakni 1200.

”Ruang laktasi ini bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu pedagang maupun pengunjung yang membawa anak-anaknya ke pasar. Karena di ruang ini juga tersedia sarana bermain,”ujarnya.

Djatwiga menambahkan selain Pasar Tambah Rejo yang didaftarkan untuk mendapatkan sertifikat SNI, juga ada Pasar Wonokromo. Pasar Wonokromo malah lebih dulu memiliki fasilitas ruang laktasi.

Regional Coorporate Officer Danamon Jawa Timur, Eddie Harijanto Bintoro menjelaskan pasar rakyat merupakan salah satu pores kehidupan dan tulang punggung perekonomian daerah. Oleh karenanya, sejak tahun 2014, Danamon gelar kegiatan Peduli Lingkungan yang mendukung perbaikan lingkungan di sekitar pasar tradisional (pasar rakyat).

”Kondisi lingkungan pasar sangatlah penting mengingat kebersihan dan kenyamanan pasar adalah faktor utama pertimbangan konsumen untuk berbelanja di pasar. Jika pasar bersih, nyaman dan aman, tentu akan meningkatkan minat masyarakat untuk belanja sehingga mendorong laju roda perekonomlan daerah,”jelasnya.

Seluruh kegiatan Peduli Lingkungan di wilayah kerja Danamon, baik yang dilakukan di kantor pusat maupun kantor cabang merupakan inisiatif berkelanjutan dan dimonitor langsung oleh Danamon Peduli. Sepanjang tahun 2017 anggaran yang dialokasikan oleh Danamon dan disalurkan melalui Danamon Peduli khusus untuk kegiatan peduli lingkungan di pasar rakyat sejumlah Rp 2,5 miliar.

Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi menambahkan kegiatan Peduli Lingkungan yang digelar ini adalah komitmen Danamon Peduli sebagai mitra pembangunan pemerintah, khususnya dalam upaya mengembangkan pasar rakyat. Bersama dengan Danamon dan anak perusahaan, pihaknya menargetkan tercapainya perbaikan lingkungan di lebih 50 pasar rakyat setiap tahunnya, serta melibatkan ribuan relawan yang berasal dan karyawan. (noer soetantini)

Teks foto :

Bantuan fasilitas ruang laktasi dari Danamon mendukung Pasar Tambah Rejo menjadi pasar ber-SNI.

Foto : Titin.

Advertising
Advertising