Laporan Khusus

Kampung Kramat Malang Jadi Destinasi Wisata

13-02-2018

Malang, beritasurabaya.net - Malang terus menambah destinasi wisatanya. Tak hanya wisata alam, Malang juga menawarkan beragam destinasi wisata buatan yang berkiprah kepada pemberdayaan masyarakat.

Destinasi wisata terbaru yang siap mengharumkan nama Malang hingga ke masyarakat luas yakni Kampung Kramat. Kampung Kramat terletak di Jalan Bali No.5 Kelurahan Kasin, Malang. Dibandingkan dengan kampung lainnya baik yang ada di Malang maupun di Indonesia, Kampung Kramat terbilang sangat unik dan tak biasa karena berlokasi di dalam kompleks Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kasin. Lokasi ini pulalah yang membuat kampung ini diberi nama Kampung Kramat.

Tak hanya terkait lokasi dan penamaan kampungnya saja yang unik, kehidupan dan profesi mereka juga terbilang unik. Secara kehidupan, hampir semua aktivitas mereka lakukan di area pemakaman dari mulai tinggal, bermain, bersantai, hingga bersosialisasi.

Termasuk dengan profesi mereka yang kebanyakan berkecimpung sebagai tukang gali kubur, tukang ukir batu nisan, orang yang memandikan jenazah, juru rawat makam, dan lainnya. Keunikan inilah yang membuat pemerintah Kota Malang, Utero Indonesia (perusahaan branding), dan perusahaan cat PT Propan Raya (pendukung CSR) tertarik menjadikan Kampung Kramat sebagai destinasi wisata kampung tematik baru di Malang.

Apalagi, Kampung Kramat pernah menyabet juara 3 pada acara lomba Kampung Tematik yang diselenggarakan Pemkot Kota Malang. Mengusung tagline “Kematian yang Menghidupi”, nama ini dipilih karena telah melekat sebagai identitas warga Kampung Kramat.

Dalam pengembangan objek wisata Kampung Kramat ini, warga juga ingin menunjukkan bahwa kematian tak selalu menjadi hal yang menakutkan, justru menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat. Untuk itulah, Pemerintah Kota Malang meresmikan Kampung Kramat ini sebagai destinasi wisata baru di Malang, Selasa (13/2/2018).

Peresmiannya dilakukan oleh Wali Kota Malang, Ir. H. Mochammad Anton, yang ditandai dengan pengecatan pada salah satu dinding di kawasan Kampung Kramat. Acara peresmian Kampung Kramat ini bersamaan pula dengan peresmian Museum Kampung Kramat dan Peresmian Balai RW. Sementara, acaranya imeriahkan oleh tari dan perkusi, serta tur Kampung Kramat.

“Dengan diresmikannya Kampung Kramat sebagai destinasi wisata baru di Kota Malang, semoga akan memberi warna baru bagi kampung tematik yang ada di Malang. Selain itu membuat Kampung Kramat jadi lebih indah, lebih cantik, dan lebih tertata, serta dapat meningkatkan taraf hidup bagi masyarakat sekitar,” ucap Ir. H. Mochammad Anton.

Direktur PT Propan Raya, Yuwono Imanto, mengungkapkan bahwa program memperindah Kampung Kramat ini tidak selesai sampai proses kick off saja. “Untuk pengecatan akan tetap kami teruskan setelah acara ini agar Kampung Kramat benar-benar cantik dan siap menjadi destinasi wisata kota Malang. Karena melibatkan masyarakat, program ini diharapkan bisa merangsang partisipasi dan kreatifitas masyarakat untuk makin mencintai lingkungannya sendiri,”ucapnya.

Yuwono Imanto menambahkan bahwa setelah acara kick off ini, program pemberdayaan masyarakat akan diteruskan melalui acara pelatihan dan pendampingan pengecatan dari tim PT Propan Raya yang dibantu Utero Indonesia kepada penduduk setempat. “Dengan adanya pelatihan pengecatan ini diharapkan bisa menjadi tambahan keahlian bagi masyarakat Kampung Kramat sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru,”pungkasnya.

Melihat rangkaian acara ke belakang guna memperkenalkan Kampung Keramat sebagai destinasi wisata baru di Malang, juga telah dilakukan Festival dan Lomba Mural pada tanggal 25-26 November 2017. Pada saat itu, ratusan orang dari berbagai komunitas mural datang dan menyemarakkan acara. Sementara, penyerahan penghargaan untuk pemenang lomba mural Festival Kampung Kramat dilaksanakan berbarengan dengan acara kick off ini.

Penasaran dengan destinasi Kampung Kramat? Datang dan buktikan keunikannya. (noer soetantini)

Teks foto :

Direktur PT Propan Raya, Yuwono Imanto dan Wali Kota Malang, M Anton, mengecat bagian Kampung Kramat di RT 7 RW 3, Kelurahan Kasin, Kota Malang, Selasa (13/2/2018).

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927