Laporan Khusus

Konsep Baru JAGADIRI Penuhi Kebutuhan Masyarakat

31-05-2018

Jakarta, beritasurabaya.net - Seiring perkembangan waktu, kebutuhan dan kesadaran masyarakat akan perlindungan asuransi dengan premi terjangkau serta sesuai manfaat yang dibutuhkan semakin tinggi. Perlindungan ini mencakup banyak hal dalam aspek kehidupan masyarakat.

Selain itu, akses pembelian asuransi yang mudah dan efisien melalui satu jalur juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih asuransi. JAGADIRI sebagai pionir digital insurance di Indonesia hadir menjawab semua kebutuhan tersebut lewat konsep terbarunya “One Stop Digital Insurance”.

Sejak tahun 2015, JAGADIRI memposisikan diri sebagai asuransi digital, dimana masyarakat Indonesia dapat dengan mudah melakukan akses, mendapatkan informasi yang transparan mengenai asuransi secara menyeluruh, mendapatkan benefit yang terjangkau dengan mudah, dimana saja dan kapan saja melalui akses digital. JAGADIRI, asuransi yang simpel, langsung klik, nggak perlu ketemuan, dapat diakses secara mudah melalui website www.jagadiri.co.id.

CEO PT Central Asia Financial (CAF), Reginald J Hamdani, Kamis (31/5/2018), mengatakan, sejauh ini penerimaan masyarakat terhadap JAGADIRI sangat baik. Ini terlihat dari pertumbuhan bisnis selama tahun 2017 yang lalu dimana pendapatan premi kotor meningkat sebesar 49 persen serta jumlah kustomer yang naik sebesar 9 persen.

Selama Q1 2018, peningkatan permintaan quotation atau data yang masuk ke website JAGADIRI meningkat 124 persen dibanding tahun lalu. Sebesar 59 persen kustomer JAGADIRI didominasi oleh generasi millennial.

“Hal ini menunjukkan animo masyarakat Indonesia untuk berinteraksi secara digital terhadap asuransi meningkat. Melalui konsep One Stop Digital Insurance diharapkan dapat semakin memenuhi kebutuhan asuransi masyarakat Indonesia yang semakin kompleks, variatif, beragam, serta banyak pilihannya dan pastinya terjangkau. Fokus kami ke depan terus berevolusi dan berinovasi untuk mengembangkan JAGADIRI sebagai insurance commerce, termasuk mempersiapkan produk-produk baru yang inovatif,” kata Reginald.

Selain itu, Reginald menambahkan, melalui akses digital, calon nasabah akan mendapatkan keuntungan yaitu bisa memilih asuransi sesuai kebutuhan tanpa paksaan dengan harga yang lebih terjangkau tanpa melalui sistem perantara, agen/broker yang pastinya membuat premi menjadi mahal. Hal inilah yang menjadi added value JAGADIRI untuk dapat memberikan best price insurance ketimbang asuransi sejenis.

Aplikasi nyata dari konsep “One Stop Digital Insurance” ini direalisasikan melalui peluncuran 4 produk asuransi inovatif dari JAGADIRI: JAGA SEHAT PILIHANKU, JAGA SEHAT TROPIS, JAGA SENYUMKU, dan JAGA LIBURAN.

Guna memperluas jaringan distribusi, JAGADIRI menjalin kerjasama dengan digital insurance market place, WE+ serta dalam waktu bersamaan JAGADIRI meluncurkan program Bersama WE+ dan Alfamart, optimalkan kemudahan akses pembelian produk JAGADIRI.

Ragam Baru Produk Asuransi Inovatif dari JAGADIRI

Indonesia saat ini berada dalam problematika triple burden disease. Pertama, tingginya angka penyakit menular klasik seperti TBC, Kusta, Diare, DBD, Typhoid serta Malaria. Kedua, tingginya penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, jantung, kanker. Ketiga, adanya kemunculan penyakit baru seperti flu burung, zika, avian influenza, flu singapura dan lainnya. Permasalahan ini muncul karena pola hidup masyarakat yang semakin konsumtif, tidak terjaga dan teratur, serta bermutasinya virus dan bakteri sehingga membentuk jenis penyakit baru yang semakin berbahaya.

Semakin meningkatnya jumlah pasien di rumah sakit dari tahun ke tahun juga mengindikasi bahwa Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan risiko kesehatan yang harus diperhatikan. Setiap tahun biaya pengobatan dan biaya layanan kesehatan juga semakin meningkat. Kesadaran akan perlunya asuransi untuk membantu masyarakat Indonesia saat terkena risiko sakit juga semakin tinggi. Hal ini terjadi terutama setelah pemerintah mengeluarkan program BPJS. Namun, sebagian masyarakat menginginkan layanan kesehatan lebih dari BPJS, apalagi kesejahteraan masyarakat menengah di Indonesia terus meningkat.

Kebanyakan produk asuransi di luar masih tidak terjangkau oleh sebagian masyarakat karena mahal dan benefit yang tidak sesuai. Hal inilah yang menjadi landasan serta kesempatan bagi JAGADIRI terus berinovasi dalam mengembangkan produk asuransi kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Setelah sebelumnya JAGADIRI memiliki asuransi kesehatan JAGA SEHAT, JAGA SEHAT PLUS dengan nilai pengembalian premi, serta JAGA DBD, kali ini melengkapi produk asuransi kesehatan, JAGADIRI meluncurkan produk JAGA SEHAT PILIHANKU. Dengan JAGA SEHAT PILIHANKU, masyarakat Indonesia dapat dengan mudah memilih premi dan manfaat yang diinginkan, apakah hanya rawat jalan saja, rawat jalan + pembedahan atau pilihan benefit lengkap dari rawat inap + pembedahan + rawat jalan yang dibagi menjadi 3 paket pilihan Gold, Silver, Platinum.

Chief Marketing Officer JAGADIRI, Yuda Wirawan mengungkapkan bahwa kebanyakan asuransi kesehatan yang berkembang di masyarakat saat ini menjadi beban dan mahal, konsumen harus mengambil paket asuransi yang sudah ada, tanpa pilihan. “Seharusnya masyarakat Indonesia bisa memilih sesuai dengan kebutuhan yang mereka inginkan, dari mulai harga premi dan manfaat yang bisa dipilih, sehingga asuransi bisa semakin menjangkau masyarakat luas,” Yuda menambahkan.

Melengkapi produk asuransi kesehatan, JAGADIRI juga meluncurkan JAGA SEHAT TROPIS yang melindungi konsumen dari 11 penyakit tropis (Chikungunya, Malaria, DBD, Zika, Campak, Rubella, Penyakit KTM (Tangan, Kaki & Mulut) alias Flu Singapura, Difteri, Hepatitis A, Demam Thypoid, & Cacar Air). Perlindungan tersebut dibandrol premi mulai dari Rp26 ribu untuk masa pertanggungan selama 3 bulan.

Health Expert JAGADIRI, Dr. Musawir Arif, menjelaskan jika Indonesia sebagai negara beriklim tropis sangat rentan terhadap penyakit tropis. Demam Berdarah (DBD) misalnya, berdasarkan Data Kemenkes 2016 tercatat sebanyak 202.314 penderita DBD dengan angka kematian sejumlah 1.593 jiwa secara nasional.

Penyakit tropis dengan risiko kategori tinggi lainnya adalah Zika. Singapura tercatat menempati peringkat pertama penyebaran virus zika dengan 275 kasus (2016). Sementara kunjungan WNI ke Singapura per hari berkisar 9.000 orang baik untuk bisnis atau wisata. Selain itu, setidaknya ada 240 ribu WNI menetap di Singapura yang tentunya bebas hilir mudik pulang ke Indonesia. Sehingga risiko terkena virus zika tidak bisa dianggap sepele.

JAGA SENYUMKU, merupakan asuransi kesehatan gigi yang juga diperkenalkan oleh JAGADIRI dengan premi mulai Rp88.000 per bulan. Salah satu layanan manfaat dari JAGA SENYUMKU adalah konsultasi dokter gigi yang tidak dimiliki oleh asuransi sejenis. Drg. Cory Sridjaja Sp. Pros mengungkapkan berdasarkan data dari Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) persentase penduduk yang mempunyai masalah gigi dan mulut meningkat dari 23.2 persen (2007) menjadi 25.9 persen (2013). Prevalensi penyakit karies, gigi berlubang akbat infeksi di Indonesia diperkirakan 52.3 persen. Jumlah penderita penyakit gigi di Indonesia per 2013 saja mencapai 65 juta jiwa. Keprihatinan ini ditambah lagi dari jumlah tersebut baru 20 juta jiwa penderita yang mendapatkan pengobatan gigi.

Melengkapi konsep “One Stop Digital Insurance”, JAGADIRI memperkenalkan produk JAGA LIBURAN, yaitu produk asuransi yang bisa melindungi masyarakat Indonesia saat berlibur. Premi JAGA LIBURAN sangat terjangkau yakni Rp15 ribu untuk masa pertanggungan 1 bulan penuh. Perlindungan yang diberikan mulai dari kecelakaan, hobi extreme sport, hingga potensi keracunan makanan saat liburan. Liburan kemanapun akan semakin tenang dengan produk yang akan segera dijual melalui website www.jagadiri.co.id ini.

“Masyarakat saat ini semakin kritis, semakin pintar dan juga semakin kompleks. Oleh karena itu kami berambisi untuk terus memberikan pilihan asuransi yang tidak terbatas, banyak pilihan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat yang beragam. Semakin mudah, simpel dan terjangkau. Langsung klik, ga perlu ketemuan di www.jagadiri.co.id,” ujar Yuda.

Yuda menggarisbawahi seluruh produk di JAGADIRI bisa diperoleh masyarakat dengan harga yang terjangkau dan akses pembelian yang mudah melalui online. Selain itu, Asuransi JAGADIRI juga simpel, tidak ada ikatan 5, 7, 10 tahun seperti asuransi lainnya. Opsi pembayaran premi bagi nasabah mulai dari bulanan, tahunan serta sekali pakai.

“Misi kami untuk menyediakan produk asuransi dan proteksi yang inovatif, mudah dijangkau, relevan, memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap asuransi secara menyeluruh dan luas agar masyarakat Indonesia bisa terus meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan juga rasa aman. Kami akan terus melengkapi kebutuhan masyarakat akan produk asuransi,” papar Yuda.

Dari peluncuran produk terbaru dan konsep One Stop Digital Insurance ini JAGADIRI menargetkan kontribusi 20 persen kepada total bisnis JAGADIRI, pertumbuhan pendapatan premi sebesar 91 persen serta 50.000 kustomer baru hingga akhir 2018. Untuk mengoptimalisasi target tersebut, serangkaian strategi akan dilakukan JAGADIRI yakni branding melalui channel digital (website dan sosial media) serta memperluas jaringan distribusi. (noer soetantini)

Teks foto :

Head of Claim PT Central Asia Financial (CAF) dr. Musawir Arif, Operation Director PT CAF dr. Dessy Kusumayati, Komisaris Independen PT CAF Theodorus Wiryawan, CEO PT CAF Reginald J. Hamdani, Chief Marketing Officer PT CAF Yuda Wirawan dan Health Expert drg. Cory Sridjaja, Sp. Pros di sela pengenalan konsep “One Stop Digital Insurance” melalui peluncuran 4 produk baru : JAGA SEHAT TROPIS, JAGA SEHAT PILIHANKU, JAGA SENYUMKU dan JAGA LIBURAN pada Kamis (31/5) di Jakarta Selatan.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising