Laporan Khusus

Edukasi Drug Abuse Bersama Dekan Cup 2019

17-03-2019

Surabaya, beritasurabaya.net - Kegiatan lari santai sejauh 6 kilometer yang digelar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Minggu (17/3/2019) pagi, mengedukasi masyarakat tentang dampak dari penyalahgunaan narkoba. Ini sesuai dengan tema yang diusung yakni “Drug Abuse: Alternating Euphoria”.

Edukasi ini diberikan melalui pos-pos yang sudah ditentukan nantinya. Di setiap pos, para talent man atau seseorang yang memperagakan langkah-langkah keadaan seseorang jika terkena penyalahgunaan narkoba dan bagaimana kita menghindari kecanduan obat tersebut. Tidak hanya itu, para pelari dimeriahkan acaranya dengan bubuk warna-warni untuk meningkatkan euforia dari AIRUN.

“Terdapat 4 Pos yang memiliki tema berbeda, Pos 1 yakni Euphoria yang berarti kegembiraan berlebih seperti tertawa sendiri. Pos 2 Paranoid, ketakutan yang berlebih, stres, dan berteriak-teriak. Pos 3 Delusion/berhalusinasi. Pos 4 Dying, talent man terlihat seperti orang sakau dan sekarat,” tutur Kepala Sub Divisi Acara Opening, Rendra, di sela-sela AIRUN.

Pelari juga tidak perlu khawatir akan kelelahan, karena terdapat water station yang sudah disiapkan, dan juga beberapa tim medis yang berjaga di spot-spot tertentu, mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan.

Lari sejauh 6 km yang menghidupkan akhir pekan warga Surabaya ini, dibuka dengan sambutan Ketua Pelaksana Dekan Cup FK Unair 2019 yakni Ihsan Fachry Arba, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, M. Fadhil Abiyyu Yofi dan Prof. Dr. dr. Soetojo, Sp.U(K) selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Opening Ceremony dimeriahkan dengan pemotongan pita, pelepasan balon dan pemanasan yang dipimpin oleh Departemen Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RSUD Dr. Soetomo. 1.000 lebih orang pelari datang dari kalangan pelajar SMP dan SMA, komunitas lari, mahasiswa, dokter, civitas akademika FK Unair, dan masyarakat Surabaya yang menggemari acara lari.

Selain sebagai ajang lari juga terdapat pemeriksaan kesehatan gratis yang sudah bekerjsama dengan  berbagai departemen RSUD Dr. Soetomo seperti pemeriksaan glaucoma oleh Departemen Mata, pemeriksaan spirometry dari dept. Paru, Patologi Klinis untuk pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat, pemijatan gratis oleh prodi Batra. Serta terdapat Bazaar dengan berbagai kuliner terkini dalam food festival yang akan memuaskan lidah masyarakat.

Adapun kegiatan lomba lari sendiri,pPada menit ke-19 sudah ada pelari yang sampai di garis finish. Pria bernama Mursalim Alim itu menjadi juara 1 AIRUN Dekan Cup FK Unair 2019 dan meraih medali emas serta hadiah sebesar Rp.2.000.00 tunai. Perbandingan antara juara 1, 2, dan 3 hanya berjarak 2-3 menit menariknya, para pemenang laki-laki berasal dari kota yang sangat jauh dari Surabaya (Bima dan Aceh).

Andiva Wardani Putri Z. yang  bernomer dada 543 berhasil menjadi juarai 1 pelari wanita yang mencapai garis finish pada menit ke-25 dan mendapat hadiah tunai dengan nominal yang sama dengan pemenang pelari pria.

Setelah para pelari selesai mereka semua dihidangkan dengan berbagai macam penampilan yang sangat menarik yaitu penampilan band dan di penghujung acara ada penampilan drama musical “The Greatest Showman” yang dibawakan langsung oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas airlangga.

Para penonton sangat antusias dalam melihat seluruh penampilan yang ada. Opening Dekan Cup FK Unair pada tahun ini sangat berkesan bagi para pelari dan yang lainnya betapa tidak, mereka semua menikmati tenant bazar yang ada serta penampilan-penampilan yang telah disuguhkan. (noer soetantini)

Teks foto :

Peserta “Fun Run” diedukasi terkait dampak penyalahgunaan narkoba dan cara menghindari kecanduan obat.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising