Laporan Khusus

Cegah Covid-19, Wings Surya Bantu Sabun Cair

31-03-2020

Surabaya, beritasurabaya.net - Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota Surabaya memasang wastafel portable yang disebar di lebih dari 600 titik di Surabaya. Wastafel tersebut di pasang di sekolah-sekolah, Kantor Pemerintahan, Taman, SWK (Sentra Wisata Kuliner ), Pasar, Puskesmas, dan Fasilitas Umum lainnya.

Wastafel portable tersebut dilengkapi dengan sabun cair dan tisu. Program penyediaan wastafel portable ini guna memfasilitasi masyarakat untuk bisa cuci tangan dimana pun berada.

Guna mendukung keberlanjutan program Pemerintah Kota Surabaya tersebut, PT Wings Surya turut berpartisipasi dengan memberikan sabun cair Nuvo sebanyak 700 liter di tahap pertama. Kontribusi ini akan terus dilakukan hingga status tanggap darurat dinyatakan selesai.

Selain sabun cuci tangan,  PT Wings Surya juga akan memberikan wastafel portable Nuvo. Secara simbolis, wastafel portable dan sabun cair Nuvo diberikan oleh Direktur PT Wings Surya, Rebecca Tanoyo kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, di Balai Kota Surabaya, Selasa (31/3/2020).

"Langkah ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kebersihan dan kesehatan masyarakat Kota Surabaya dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini," kata Rebecca Tanoyo.

Rebbeca menambahkan dengan adanya wastafel portable ini mengajak masyarakat Kota Surabaya untuk tetap menerapkan pola hidup bersih. Satu diantaranya rajin mencuci tangan dengan sabun.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengapresiasi partisipasi Wings Surya menyediakan sabun cair pada setiap wastafel portable di tempat-tempat umum. Dengan demikian, masyarakat yang memanfaatkan wastafel portable tidak hanya cuci tangan saja tapi juga bisa membasuh muka dengan lebih bersih lagi.

”Salah satu cara melawan Covid-19 adalah dengan mencuci tangan. Namum cuci tangan saja belum cukup untuk membersihkan virus tetapi juga harus dibarengi dengan cuci muka kemudian mengusap rambut,”ungkap Wali Kota Risma usai acara penyerahan secara simbolik.

Wali Kota Risma menegaskan akan ganti sabun cair di seluruh wastafel portable yang biasanya digunakan untuk cuci tangan. Dengan sabun cair yang baru ini warga Surabaya juga bisa cuci muka," tuturnya.

Walaupun kulit agak kering setelah menggunakan sabun ini, ujar Wali Kota Risma, yang terpenting bersih dan terbebas dari Covid-19. "Lebih baik mencegah dari pada mengobati, karena rumah sakit dan petugas medis kita sudah kuwalahan menangani pasien yang sakit," katanya.

Sabun dan handsanitizer, kata Wali Kota Risma, merupakan disinfektan. Dan bilik disinfektan yang sudah disediakan oleh Pemkot Surabaya, cairannya sudah aman.

Pihaknya sudah konsultasi dengan Departemen Farmasi Universitas Airlangga. Ia juga membaca artikel bahwa Vietnam berhasil mencegah penyebaran Covid-19, salah satunya dengan menggunakan bilik disinfektan karena virus ini juga senang menempel di logam dan juga tidak hanya di tangan.

Menurut analisa Wali Kota Risma, cuci tangan saja tidak cukup karena jika virus ini menempel di sabuk dan kancing baju yang terbuat dari logam maka akan bisa jadi berbahaya. “Dan kenapa saya minta sabun ini karena saya berharap mukanya juga bisa dicuci dengan sabun dan diusapkan ke rambut hingga ke telingga, menurut saya seperti itu,"pungkasnya. (noer soetantini)

Teks foto :

Penyerahan secara simbolik bantuan PT Wings Surya ke Pemkot Surabaya untuk ikut mendukung pencegahan penyebaran Covid-19.

Foto : Titin.

Advertising
Advertising