Laporan Khusus

UOB Rilis TMRW, Target Awal Raih 100 Ribu Milenial

03-08-2020

Jakarta, beritasurabaya.net - PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) hari ini meluncurkan TMRW, bank digital UOB yang telah menerima berbagai penghargaan di kawasan ASEAN, untuk melayani generasi Indonesia yang giat dan cakap menggunakan teknologi digital. Mulai dari proses pembukaan rekening hingga kebutuhan perbankan sehari-hari, nasabah TMRW akan menikmati pengalaman perbankan digital sepenuhnya.

TMRW membuat perbankan lebih mudah, lebih transparan dan lebih menarik karena kemampuannya menerjemahkan data transaksi menjadi wawasan informasi yang dapat ditindaklanjuti seperti memberikan tips yang menyenangkan untuk membantu nasabah dalam menabung dan berbelanja dengan lebih baik.

Fitur berupa wawasan yang unik ini dihasilkan dari menggabungkan antara kecerdasan buatan (AI) serta analisa dan kategorisasi data yang kompleks dan sesuai dengan harapan dari 92 persen konsumen yang menginginkan solusi perbankan yang dapat membantu mereka membuat keputusan keuangan yang lebih bijak.

TMRW, bank digital pertama dan satu-satunya yang dirancang untuk generasi digital ASEAN, pertama kali diluncurkan di Thailand pada tahun 2019. Dalam kurun waktu setahun, model bisnis unik dari TMRW telah menerima pengakuan industri atas inovasi yang dihasilkannya, termasuk di antaranya Best Bank for Millennials, Best Customer Centric Business Model dan Outstanding Boarding Client dan Outstanding Social Media Campaign yang dianugerahi oleh The Digital Banker.

UOB Indonesia baru-baru ini juga dinobatkan sebagai Best Digital Bank in Indonesia pada ajang The Alpha Southeast Asia 2020 Awards. Penghargaan ini diperoleh atas upaya berkelanjutan UOB dalam memberikan pengalaman digital yang lebih baik bagi nasabah melalui penggunaan data dan umpan balik nasabah TMRW.

Direktur Utama UOB Indonesia, Kevin Lam, dalam virtual press conference, Senin (3/8/2020), mengatakan, Indonesia memiliki banyak populasi konsumen muda, aktif, dan cakap secara digital. Sejumlah 96 persen orang Indonesia memiliki ponsel dan jumlah konsumen yang terhubung dengan internet terus meningkat dari tahun ke tahun.

ā€¯Generasi Indonesia yang kerap menggagas perubahan ini memiliki karakteristik aktif dan menginginkan layanan digital yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun untuk membantu mencapai aspirasi mereka. Melalui TMRW, kami berharap dapat membantu memenuhi tujuan keuangan dan mendukung mereka membangun hari esok yang lebih baik,"tukasnya.

Di Thailand, TMRW mendapat respon sangat positif dengan mencatatkan angka 100 ribu nasabah. TMRW Indonesia diharapkan minimal bias sama dengan di Thailand. Kevin menargetkan sampai tahun 2024, total jumlah nasabah TMRW di ASEAN bisa di kisaran 3 hingga 5 juta .

Sementara itu, Digital Bank Head UOB Indonesia, Fajar S Maharjaya. Menjelaskan TMRW Indonesia ini membidik segmen pasar dengan rentang usia mulai 25 tahun hingga 39 tahun. Dan sebagai bank digital ASEAN yang terkemuka di industri, TMRW menyatukan solusi teknologi analitik data kompleks dan yang terbaik dengan infrastruktur teknologi dari UOB yang mapan dan pemahaman mendalam tentang tren pasar ASEAN dan nasabah yang dibangun selama delapan dekade terakhir.

Kombinasi unik dari inovasi dan fokus pada nasabah memungkinkan TMRW untuk menghadirkan pengalaman nasabah secara personal serta dapat mengantisipasi kebutuhan individu, berdialog dan melayani kebutuhan mereka dengan cara yang mereka inginkan. Bahasa yang digunakan TMRW juga bebas dari jargon perbankan dan mudah dimengerti.

Sebagai contoh, proses pembukaan akun TMRW untuk konsumen Indonesia dirancang untuk mudah dipahami, lancar, cepat dan aman. Verifikasi identitas dilakukan melalui panggilan video dengan agen secara langsung dan pembukaan rekening dapat tuntas hanya dalam sembilan menit. Pertanyaan nasabah akan ditangani oleh chatbot 24 jam TMRW yakni TIA (TMRW Intelligence Assistant) dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Berdasarkan sebuah studi etnografi UOB, konsumen milenial juga mengatakan bahwa meskipun mereka menghargai arahan mengenai pengelolaan keuangan yang lebih baik, namun mereka lebih menginginkan untuk memperolehnya melalui cara yang menyenangkan dan justru tidak membuat mereka merasa bersalah. Dengan demikian, TMRW secara khusus dirancang untuk membantu nasabah mencapai tujuan keuangan mereka dengan langkah-langkah yang menyenangkan dan dapat dicapai.

Bank digital ini juga memiliki fitur permainan yang disebut City of TMRW, dimana nasabah dapat membangun kota virtual saat mereka menabung. Saat nasabah naik level, mereka dapat meningkatkan tampilan kota virtual mereka.

TMRW memiliki pilihan metode pembayaran berbasis Quick Response Code (QR) yang memungkinkan pembayaran dilakukan secara cepat hanya dengan memindai kode QR dan disediakan oleh penjual maupun gerai yang sudah terdaftar. Fitur ini merupakan bagian dari dukungan UOB terhadap Gerakan Nasional Non Tunai yang menggunakan platform Quick Response Code Standar Indonesia (QRIS).

Indonesia adalah negara kedua setelah Thailand yang meluncurkan bank digital UOB, TMRW, sebagai bagian dari strategi UOB Group untuk mengakselerasi pertumbuhan dan meningkatkan basis nasabah di kawasan tersebut. TMRWbyUOB ID tersedia di App Store Apple dan Google Play (noer soetantini).

Teks foto :

Kiri-kanan : Digital Bank Head UOB Indonesia, Fajar S. Maharjaya dan Direktur Utama UOB Indonesia, Kevin Lam.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising