Laporan Khusus

Grab-Pemkot Malang Dorong Ekonomi Digital

19-10-2020

Malang, beritasurabaya.net - Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Malang untuk terus mengembangkan ekonomi digital di kota Malang. Kerja sama ini diresmikan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko dan Business Development Head East Java, Grab Indonesia, Irvan Prasetyo, Senin (19/10/2020).

Lingkup kerja sama ini akan mencakup pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pengembangan pariwisata dan kebudayaan, hingga penyediaan sarana transportasi yang mudah dan ramah lingkungan. Grab dan Pemerintah Kota Malang juga turut meresmikan layanan Virtual Grab Driver Center untuk memudahkan mitra pengemudi mendapatkan pelayanan lebih aman tanpa tatap muka untuk penggantian data mitra, pengaktifan akun, dan penyampaian masukan mitra.

Business Development Head East Java, Grab Indonesia menjelaskan tujuan Grab untuk memastikan masyarakat Malang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital. “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Malang untuk menghadirkan berbagai inisiatif dalam rangka mendukung ekonomi digital di Malang. Dengan memanfaatkan teknologi Grab, diharapkan masyarakat Kota Malang bisa terbantu dalam aspek mobilisasi yang aman dan efisien, pelaksanaan tugas, sampai dengan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini tentunya sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan setiap masyarakat dapat ambil bagian dan menikmati manfaat dari ekonomi digital,” jelasnya.

Menanggapi kerja sama strategis ini, Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan apresiasi dan dukungannya untuk Grab. Pihaknya sangat senang dan mengapresiasi komitmen yang ditunjukkan oleh Grab untuk kota Malang.

Dukungan yang diberikan oleh Grab untuk mengembangkan ekonomi digital di Malang tentunya akan memberikan dampak positif bagi kota Malang. Hal ini diharapkan dapat turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik dan memudahkan aktivitasnya sehari-hari.

”Kami juga mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Grab untuk mengedepankan protokol kesehatan di tengah pandemi, tidak hanya dalam layanan transportasinya namun juga layanan kepada mitra pengemudi dengan Virtual Grab Driver Center,” paparnya.

Kerja sama antara Grab dan Pemerintah Kota Malang meliputi Program pembinaan generasi muda dan penguatan UMKM (Sustainable Economy Co- Creation). Grab dan Pemerintah Kota Malang akan melaksanakan berbagai pelatihan untuk memperkuat UMKM di kota Malang agar dapat terus mengembangkan usahanya.

Program dukungan terhadap wisata di Malang (Cultural and Tourism Co-Creation). Grab dan Pemerintah Kota Malang akan melakukan integrasi layanan transportasi, e-ticketing destinasi wisata dan acara wisata di kota Malang sebagai bentuk promosi wisata.

Selain itu, menghadirkan kemudahan akses transportasi bagi masyarakat kota Malang. Grab akan menyediakan layanan pemesanan armada GrabCar dan GrabBike bagi pegawai/aparat Pemerintah Kota Malang melalui layanan GrabForBusiness. Selain itu, Grab juga akan melakukan instalasi GrabConcierge di lingkungan sekolah di Kota Malang.

Pada kesempatan yang sama, Grab juga meluncurkan layanan Virtual Grab Driver Center (VGDC) yang merupakan fasilitas pelayanan mandiri mitra pengemudi Grab untuk dapat terhubung dengan Customer Service Grab tanpa tatap muka. Inovasi ini hadir sebagai jawaban untuk tetap dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi mitra pengemudi Grab dengan mengedepankan protokol kesehatan di tengah pandemi.

Dengan VGDC, mitra pengemudi dapat mengoperasikan mesin layanan mandiri hingga dapat terhubung dengan Customer Service Grab melalui video call. Inisiatif ini diharapkan dapat semakin memudahkan mitra pengemudi Grab untuk mendapatkan pelayanan maksimal tanpa harus melakukan kontak langsung dengan Customer Service.

Melalui layanan Virtual Grab Driver Center, mitra pengemudi Grab dapat melakukan berbagai hal seperti layanan yang langsung dioperasikan sendiri; penggantian data seperti nomor plat kendaraan dan nomor telepon; pengaktifan akun yang dinonaktifkan sementara; layanan scan dokumen untuk verifikasi data mitra; layanan yang akan dibantu melalui video call dengan Customer Service; penyampaian masukan mitra lainnya.

Irvan menegaskan Grab ingin terus menjadi mitra pemerintah dan masyarakat untuk bisa menghadapi pandemi ini bersama. Pandemi COVID-19 telah meningkatkan kesadaran terhadap keamanan dan kebersihan di berbagai industri.

Keamanan selalu menjadi fokus utama Grab dan melalui berbagai inisiatif yang dilakukan termasuk Virtual Grab Driver Center. Pihaknya telah meningkatkan standar keamanan bagi layanan secara khusus bagi mitra pengemudi.

”Kami akan terus berupaya untuk dapat memberikan dampak positif secara berkelanjutan baik bagi mitra kami, pelanggan kami, maupun masyarakat secara luas melalui teknologi yang dapat terus mendukung ekonomi digital di Indonesia,” tutup Irvan. (noer soetantini)

Teks foto :

Peresmian layanan Virtual Grab Driver Center (VGDC) Malang.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising