Laporan Khusus

Garap Hatchback Low, Toyota Kenalkan Etios Valco

21-03-2013

Surabaya, beritasurabaya.net - Meski sudah dirancang sejak 2 tahun lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) baru mengenalkan Etios Valco sebagai varian hatchback low. Sementara prinsipal lainnya sudah lebih dulu mengeluarkan jenis hatchback low seperti Brio, Picanto, Mars, Mirage.

Menurut Direktur Pemasaran PT TAM, Joko Trisanyoto, Kamis (21/3/2013) di sela peluncuran Toyota Etios Valco, pihaknya baru mengenalkan Etios Valco ini di saat yang tepat. Berdasarkan pasar hatchback di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir memperlihatkan peningkatan yang signifikan.

Pada 2009, papar Joko, total market di segmen ini mencapai 42.866 unit . Dan di 2012, total market meningkat 175,84 persen atau 118.244 unit. Di hatchback sendiri segmennya juga berkembang yakni segmen low, medium dan high.

''Hatchback medium seperti Jazz, Yaris, Swift, Splash, Mazda2 pasarnya naik dua kali lipat. Sedangkan hatchback low trennya juga meningkat 9 kali lipat secara nasional. Ini artinya, pasar cukup bagus dan Etios Valco siap meramaikan segmen hatchback low,''ujar Joko.

Joko optimis Etios Valco mampu bersaing dengan pendahulunya di segmen yang sama. Alasannya, produk memenuhi kebutuhan pasar akan kendaraan city car, berstandar kualitas global dan bernilai fungsional tinggi serta lengkap bagi para penggunanya termasuk di Jawa Timur.

Dengan best value product yang dimiliki Etios Valco, dukungan jaringan sales dan aftersales terluas di wilayah Indonesia, pelanggan akan mendapatkan paket terbaik di kelasnya. ''Kami sebenarnya tidak menjual produk, tapi lebih pada menjual experience pelanggan mulai dari mencari informasi untuk membeli produk, saat memiliki produk sampai menjual kembali produk itu,''ungkapnya.

Etios Valco ini seluruhnya diproduksi di pabrik baru Toyota Karawang dengan kapasitas produksi 2000 per bulan. Mengandung konten lokal 55 persen dan terus ditingkatkan sampai 84 persen di tahun depan. Etios Valco yang ditawarkan mulai Rp 144 juta hingga Rp 166 juta, merupakan mobil yang memiliki safety lebih lengkap, nyaman dan stabil saat dikendarai , aman dan fun to drive.

Etios Valco ini, kata Joko, sebelumnya sudah ada di India. Namun desain dan interiornya benar-benar berbeda antara di India dan Indonesia. Secara nasional, Joko berani menargetkan bisa mengambil market share hatchback low hingga 30 persen.

Sementara di Jatim Plus, Operation Manager Jawa Timur Plus Auto2000, Joen Boediputra menargetkan Etios Valco bisa mengambil market share 35 persen. Ini melihat perkembangan pasar mini low dari 5000 di tahun lalu naik jadi 9000 unit.

Joen menjelaskan di bulan pertama 2013 segmen hatchback secara total mencetak penjualan 7.470 unit di wilayah Jatim Plus disbanding Januari 2012. Toyota Yaris juga mengalami pertumbuhan sebesar 28,7 persen disbanding Januari 2012 menjadi 1529 unit. Sementara marekt mini low berkembang di 2013. Di jatim plus market share sekitar 5000 jadi 9000 bisa jual 3500 atau 35 persen target jatim plus.

''Kami targetkan penjualan Etios selama 2013 ini bisa menembus angka 1980 unit. Untuk Surabaya sendiri mengambil porsi 32 persen atau 1058 unit,''ujarnya.

Joko menambahkan dengan kehadiran Etios Valco ini makin melengkapi lini produk Toyota. Ini artinya, pelanggan memiliki pilihan untuk membeli mobil sesuai kebutuhan. (noer soetantini).

Teks foto :

(ki-ka) : Joen Boediputra, Joko Trisanyoto,Edward Otto Kanter (Human Resource Director PT TAM), Mamuru Noshiki (Executive Coordinator PT TAM).

Foto : Titin

Advertising
Advertising