Politik & Pemerintahan

APCNGI Jatim Dukung Kendaraan Gunakan BBG

15-04-2014

Surabaya, beritasurabaya.net - Asosiasi Perusahaan CNG Indonesia (APCNGI) mengadakan kegiatan Road Show Sosialisasi penggunaan CNG untuk kendaraan bermotor. Selasa (15/4/2014). Road Show ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat Jawa Timur bahwa penggunaan kendaraan ber-Bahan Bakar Gas selain murah dan aman, juga sangat bersahabat dengan lingkungan.

Menurut Ketua APCNGI Wilayah Jawa Timur, Puspito N. Buntoro, dalam jumpa pers di Resto Fusion Cito Mall Surabaya, mengatakan Road Show ini merupakan tindak lanjut dari eksebisi international yang sukses digelar di Jakarta, 26-28 Februari 2014. Ini merupakan acara tahunan APCNGI dan Asia Pacific Natural Gas Vehicle Association atau disingkat ANGVA.

''Pameran itu bertujuan membangun kesadaran kolektif di kalangan masyarakat, pengusaha, pemerintah, lembaga non pemerintah, dan pengelola transportasi bahwa BBG merupakan sumber energi pilihan yang murah, aman, dan ramah lingkungan. Pada penyelengaraan acara tahun ini, titik fokus adalah kepada pe ngunaan BBG untuk kendaraan bermotor khususnya roda empat,''papar Puspito.

Melalui Road Show, harap Puspito, menjadi bukti kepada masyarakat Jawa Timur bahwa semua pengusaha CNG telah siap melayani masyarakat luas, baik perusahaan, lembaga pemerintah dan swasta untuk mengalihkan penggunaan bahan bakar kendaraannya menjadi kendaraan ber Bahan Bakar Gas.

Selain murah, CNG juga sangat ramah lingkungan dan sangat baik untuk kinerja mesin kendaraan bermotor. Hal ini telah dibuktikan oleh 264 unit kendaraan pribadi dan perusahaan yang telah dikonversi menjadi Natural Gas Vehicle (NGV). Sebagian besar kendaraan tersebut beroperasi di Gresik dan Surabaya serta Sidoarjo dan Mojokerto. Konversi ini juga sejalan dengan program Walikota Surabaya untuk menjadikan kota Surabaya menjadi Kota bersih dan Hijau.

Dengan harga BBG Rp 4.500/ Liter Setara Premium(LSP) tanpa subsidi serta Research Octane Number (RON) 120, selain sangat menguntungkan dari sisi operasional kendaraan, BBG juga menghasilkan pembakaran yang jauh lebih sempurna dibandingkan BBM. Emisi gas buang kendaraan BBG hanya 1/3 dibandingkan emisi gas buang kendaraan berbahan bakar minyak bumi.

Akhir tahun 2013 lalu, tercatat sebanyak 1.393.471 unit kendaraan roda 4 beroperasi di Jawa Timur, sekitar 586.185 unit ada di Surabaya, dari jumlah tersebut, tercatat 4.716 unit taksi dan 3.133 unit mobil dinas pemkot, serta sekitar 22 ribuan kendaraan operasional perusahaan-perusahaan swasta yg berkantor di Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto dan Tuban.

''Kita targetkan dalam 6 bulan kedepan bisa segera beralih menggunakan konverter kit CNG,''tambah Sekretaris APCNGI Wilayah Jawa Timur, Toto Santoso Damiri.

Selain 16 Mother Station yang telah beroperasi di Jawa Timur, anggota APCNGI Wilayah Jawa Timur juga telah menyiapkan setidaknya 16 unit SPBG/ Mother Station serta 32 Daughter Station/ Mobile Refuelling Unit (MRU) untuk melayani kebutuhan masyarakat Surabaya dan jawa Timur.

''Jangan khawatir kehabisan BBG dan tidak mengetahui letak SPBG/ Mother Station dan Daughter Station-nya, karena saat ini salah satu penyedia konverter kit di Surabaya telah mempunyai Digital Konverter Kit pertama dan satu-satunya di Indonesia yang bisa menampilkan jumlah BBG yg ada di tangki, prediksi jarak tempuh yg bisa dicapai dengan sisa BBG di tangki serta SPBG terdekat dari kendaraan berada melalui dashboard GPS Map yg terintegrasi, imbuh Martono, salah satu anggota APCNGI Wilayah Jatim.

Untuk menjamin layanan purna jual, Konsorsium yg terdiri dari PERTAMINA, PGN, HISWANA MIGAS, dan APCNGI telah menyiapkan tenaga ahli untuk kendaraan ber- Bahan Bakar Gas, Bengkel konversi dan perawatan termasuk suku cadangnya serta terus menambah SPBG di seluruh Jawa Timur.

''Kami berharap pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat di Jawa Timur mendukung program konversi BBG ini sehingga tujuan mulia kita semua untuk mengurangi subsidi BBM sekaligus mengurangi polusi gas buang dapat terwujud tanpa menimbulkan dampak sosial yg besar di masyarakat,'' tutup Piton, sapaan akrab ketua APCNGI Wilayah Jawa Timur ini. (nos)

Teks foto :

Kampanye penggunaan CNG untuk kendaraan bermotor di Jawa Timur.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising