Politik & Pemerintahan

Instansi Paling Banyak Dicari Informasinya

30-09-2017

Jakarta, beritasurabaya.net - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2017 tahap kedua telah dibuka pada tanggal 11-25 September lalu. Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 61 instansi membuka lebih dari 17.000 lowongan CPNS dari berbagai latar belakang bidang dan pendidikan.

Dibukanya pendaftaran CPNS tersebut merupakan kabar gembira bagi banyak orang. Tak bisa dipungkiri, banyak orang di Indonesia tertarik untuk menjadi PNS. Alasan mereka beragam.

Ada yang mengikuti keinginan keluarga, ingin mengejar tunjangan dan mendapatkan jaminan kesejahteraan, ada pula yang ingin berkarya demi negeri. Terkait dengan hal tersebut, Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online yang menampilkan berbagai informasi seputar perusahaan dan dunia kerja, merilis daftar instansi atau lembaga milik pemerintah yang paling diminati oleh pencari kerja dan paling banyak dicari informasinya selama dibukanya pendaftaran CPNS 2017 tahap kedua pada bulan September ini.

Daftar tersebut disusun berdasarkan jumlah kunjungan ke laman-laman instansi yang terdapat di Jobplanet.com, di sepanjang tanggal 1–25 September 2017. “Informasi mengenai pendaftaran CPNS tahap kedua tahun ini sudah mulai santer terdengar sejak awal September. Oleh karena itulah, kami mulai mengamati trafik kunjungan ke laman-laman instansi yang terdapat di Jobplanet.com sejak awal September, hingga hari berakhirnya pendaftaran CPNS yakni tanggal 25 September 2017 lalu,”papar Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, Kemas Antonius, Sabtu (30/9/2017).

Berdasarkan jumlah kunjungan ke laman-laman instansi atau lembaga milik pemerintah di situsnya, Jobplanet menemukan sepuluh instansi yang paling menarik perhatian pencari kerja dan banyak dicari informasinya di sepanjang bulan September ini. Kesepuluh instansi tersebut, beserta persentase kunjungan ke masing-masing laman instansi yakni Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) 12.43%; Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) 6.01%; Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) 5.06%; Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 4.30%; Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 4.17%; Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) 3.86%; Kementerian Keuangan 2.96%; Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) 4.58%; Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 2.26% dan Badan Informasi Geospasial (BIG) 1.93%.

Kesepuluh instansi yang paling banyak dicari informasinya di situs Jobplanet tersebut termasuk dari 61 institusi milik pemerintah yang membuka pendaftaran CPNS pada tanggal 11-25 September lalu.

“Sejak awal bulan hingga 25 September lalu, sebanyak 47,56% dari total kunjungan ke seluruh laman instansi yang terdapat di Jobplanet.com mengarah ke laman sepuluh instansi tersebut. Hal itu menunjukkan bahwa instansi-instansi tersebut paling banyak dicari informasinya dan paling menarik perhatian pengguna Jobplanet yang juga merupakan pencari kerja,”ungkap Kemas.

Daya tarik menjadi PNS

Berdasarkan penelusuran Jobplanet terhadap review para PNS yang terdapat di Jobplanet.com, ada berbagai faktor yang menjadi daya tarik instansi atau lembaga milik pemerintah, yang juga membuat banyak orang rela bersaing untuk menjadi PNS.

Kemas mengatakan berdasarkan pengakuan para pegawai negeri sipil yang juga terdaftar sebagai pengguna Jobplanet, ada berbagai keuntungan yang mereka dapatkan dengan bekerja di instansi atau lembaga milik pemerintah. “Selain mendapatkan berbagai tunjangan, termasuk tunjangan pensiun yang menjamin kesejahteraan mereka dan keluarga, para PNS juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai training yang dapat menambah ilmu dan keterampilan mereka, serta mendapatkan kesempatan untuk meraih beragam beasiswa untuk melanjutkan pendidikan mereka,”pungkas Kemas. (nos)

Advertising
Advertising