Politik & Pemerintahan

5 Caleg Muda Siap Bertarung di Dapil Jabar VII DPR

08-10-2018

Jakarta, beritasurabaya.net - Pertarungan memperebutkan kursi DPR RI dari Dapil Jabar VII (Kab Bekasi, Purwakarta dan Karawang), memunculkan banyak caleg-caleg berusia tergolong muda yang bertarung meraih suara di daerah pemilihan ini. Diantara para caleg-caleg tersebut ada nama-nama seperti Syaiful Huda (PKB), Puteri Anetta Komarudin (Partai Golkar), drg. Putih Sari (Partai Gerindra), Muannas Al Aidid (PSI) dan artis Angel Lelga (Partai Perindo).

Nama Syaiful Huda sempat ramai dibicarakan sebagai salah satu kandidat wakil gubernur Ridwan Kamil pada masa Pilgub Jabar 2018 kemarin. Kali ini, Syaiful Huda mencoba peruntungannya dengan maju sebagai Caleg DPR RI dari PKB dengan nomor urut 1.

Pengalamannya sebagai anggota DPRD Prov. Jawa barat Periode 2004-2009 akan menjadi bekalnya. Syaful Huda juga pernah menjadi Sekretaris DPW PKB Jawa Barat tahun 2012-2017. Penulis buku "dari Desa Membangun Indonesia" ini juga aktif berkegiatan di Nahdlatul Ulama (NU).

Pertarungan di Dapil Jabar VII juga diramaikan oleh Putri Anetta Komarudin. Puteri pertama dari mantan Ketua DPR Ade Komarudin ini maju melalui Partai Golkar dengan nomor urut 2. Dilansir dari sosial medianya, Puteri merupakan lulusan University of Melbourne Australia jurusan finance, management and marketing. Saat ini ia tercatat aktif sebagai Pengawas Junior Bank di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2016.

Belum banyak pengalamannya di dunia politik yang bisa diketahui publik dari sosok Puteri. Dalam data KPU, Puteri bermotivasi untuk menyuarakan kepentingan pemuda/pemudi dan wanita di level pembuat kebijakan. Ia ingin menjadi bagian dari tim perumus dan pemutus undang-undang yang akan berdampak positif dan berkelanjutan pada masa depan kaum pemuda dan wanita di Indonesia.

Juga terdapat sosok inkumben yakni drg. Putih Sari. Nama Putih Sari atau yang lebih dikenal dengan drg. Putih Sari sudah tidak asing di Indonesia khususnya bagi masyarakat Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta. Putri dari politisi senior Haryanto Taslam ini sudah 2 kali terpilih sebagai Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jabar VII. Kali ini, Putih Sari kembali maju dari Partai Gerindra dengan nomor urut 1. Pada periode pertamanya tahun 2004, Putih Sari tercatat sebagai salah satu Anggota DPR RI termuda.

Malang melintang sebagai wakil rakyat selama 10 tahun, putri dari tokoh Haryanto Taslam ini secara konsisten terus mendorong peningkatan kesejahteraan para pekerja di Indonsia. Tercatat, ia merupakan salah satu anggota parlemen yang mendesak pemerintah mencabut PP Pengupahan tahun 2015 yang dianggapnya merugikan kalangan pekerja. Dengan latar belakang pendidikan kesehatan, Ia juga tercatat sangat aktif dalam merumuskan UU Keperawatan dan Kebidanan di DPR RI.

Partai dengan jargon partainya anak muda yakni PSI juga tidak ketinggalan, Ia mencalonkan Muannas Al Aidid. Senada dengan Partai yang mencalonkannya, Muannas Al-Aidid membawa representasi anak muda dalam pencalonannya sebagai Anggota DPR RI. Melalui Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang membawa jargon bertemakan kepemudaan dalam kampanye, Muannas mendapatkan Nomor Urut 1.

Dengan berlatar belakang pengacara, Muannas tercatat dalam berbagai media sebagai pengacara yang mendukung dan membela Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok selama Pilgub Jakarta 2017 kemarin. Dalam rilis KPU, ia memiliki motivasi untuk membangun Indonesia yang toleran, menghormati perbedaan tanpa diskriminasi SARA di darat maupun udara. Ia ingin masuk di Komisi III DPR RI agar terjadi pengetatan UU hoak dan kebencian SARA melalui ITE.

Dapil Jawa Barat VII juga menghadirkan banyak sosok selebritis sebagai caleg. Salah satunya adalah Angel Lelga yang maju dari Partai Perindo dengan nomor urut 3. Angel Lelga yang akhir-akhir ini sedang dihebohkan terkait isu perceraiannya dengan Vicky Prasetyo juga ikut ambil bagian dalam Pileg tahun 2019.

Walaupun pernah gagal terpilih pada pileg 2014, bintang film Susuk Pocong ini mencoba kembali peruntungannya. Sebelumnya, Angel Lelga mencalonkan diri melalui partai Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di daerah pemilihan Jateng V. (nos)

Advertising
Advertising