Politik & Pemerintahan

Dubes RI Dukung Enterpreuner Muda Ekspor

07-11-2018

Jakarta, beritasurabaya.net - Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, H. E I Gede Ngurah Swajaya mendukung enterpreuner-enterpreuner muda yang di bawah naungan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dalam hal mengekspor produk-produk potensial yang dimiliki.

I Gede Ngurah Swajaya Focus Group Discussion HIPMI beberapa waktu lalu, mengatakan, era ekonomi digital ini para enterpreuner harus dapat mempresentasikan kira-kira dengan teknologi seperti apa yang akan mereka gunakan agar mereka dapat melakukan penetrasi pasar, tidak hanya pasar tradisional tetapi pasar non tradisional. “Dan juga bagaimana caranya produk-produk potensial yang dimiliki produsen yang barangkali anggota HIPMI bisa di akses informasi nya dalam 24 jam x 7 hari sehingga akan terjadi tahap selanjutnya dimana yang disebut transaksi,”ujarnya.

Ia menyampaikan, dengan adanya aplikasi berbasis teknologi yang berkembang saat ini seperti Glexindo, para enterpreuner Indonesia mendapatkan solusi dalam mengatasi kendala-kendala yang terjadi. Para enterpreuner Indonesia tak perlu mengikuti pameran setiap saat karena biaya yang sangat mahal, tak kesulitan lagi dalam memberikan informasi kepada para konsumen dari luar Indonesia. Tidak perlu melakukan kunjungan ke luar negeri di mana akan menghabiskan biaya yang lumayan banyak hanya untuk bernegosiasi.

”Jadi intinya dengan adanya teknologi ini kendala seperti keterbatasan komunikasi, akses pasar, logistik, dan sebagainya dapat terpecahkan,” lanjutnya.

Ngurah Swajaya berharap dengan adanya teknologi seperti Glexindo ini dapat meningkatkan ekspor Indonesia supaya perdagangan ekspor Indonesia dengan berbagai negara lain itu bisa Surplus. Selain itu, negara Indonesia dapat memasuki berbagai pasar yang selama ini agak sulit ditembus.

“Jadi itu harapannya, akses pasar Indonesia secara bersamaan meningktakan seiring kemajuan teknologi yang ada. Di mana ketika akses pasar ditingkatkan kita juga mendapatkan peluang-peluang investasi, pariwisata, dan lain-lainnya. Sehingga kita membantu semua enterpreuner Indonesia untuk bisa membuat bisnis dengan berbagai negara di dunia melalui aplikasi berbasis teknologi. Indonesia luar biasa potensinya,”pungkasnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Bidang IX (Internasional) BPP HIPMI Bagas Adhadirgha juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan pengusaha dalam mengembangkan ekonomi. HIPMI menjembatani kolaborasi strategis antara pemerintah dan pengusaha sesuai dengan bidang usahanya. Kerjasama ini penting dalam pengembangan usaha. Misalnya Glexindo yang menjadi marketplace bagi importir di Singapura dan eksportir Indonesia dapat mendukung usaha pemerintah yang ingin menggenjot nilai ekspor," tutur Bagas.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam salah satu acara HIPMI yang bertajuk Menembus Pasar Global Melalui Platform Marketplace yang berlangsung di Menara Bidakara 2 Lantai 8 Pancoran Jakarta, akhir bulan lalu.

Teks foto :

Dubes RI untuk Singapura, H. E I Gede Ngurah Swajaya bersama Ketua Bidang IX (Internasional) BPP HIPMI Bagas Adhadirgha.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927