Politik & Pemerintahan

Pasti Pindah, Ini Ibukota dan Persiapannya

06-09-2019

Jakarta, beritasurabaya.net - Presiden Jokowi telah mengumumkan kepastian mengenai pemindahan Ibukota pada 25 Agustus 2019 lalu. Tentunya, Banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari pemindahan tanpa hutang hingga pembukaan lapangan pekerjaan. Hal ini tak luput menjadi perbincangan netizen di media sosial.

Perusahaan media intelligence Isentia menangkap perbincangan terkait Kepastian Pemindahan Ibukota ini sebanyak 31.261 buzz dari 1 Agustus hingga 31 Agustus 2019. “Kami melihat bahwa masyarakat tergolong antusias dengan pemindahan ibukota ini, karena selain dari sisi perekonomian, hal ini juga akan berdampak pada lapangan pekerjaan semakin merata,” jelas Insights Manager dari Isentia, Rendy Ezra.

Berdasarkan analisa sentimen di media sosial, sebesar 34.2 persen netizen setuju jika ibukota dipindahkan. “Selain itu, kebanyakan dari netizen berpendapat positif jika Ibukota dipindahkan dan menyatakan setuju  bahwa pemindahan ibukota akan berdampak dalam pemerataan dari segala aspek,” jelas Insights Manager Isentia, Yudha Prawira.

Sementara,16.5 persen tidak setuju jika Ibukota dipindahkan karena merasa kurang paham terhadap konsep, maksud maupun tujuan dari pemindahan Ibukota. Berkaitan dengan pemindahan Ibukota, Alasan Pemindahan Ibukota menjadi topik terkait yang paling sering dibicarakan dengan 89,6 persen dari total buzz, disusul dengan Pembagian Lahan 5.3 persen dari total buzz, Dampak Positif dari pemindahan ibukota yang mendapat perhatian sebesar 3.4 persen serta Konsep Pemindahan 1.7 persen dari keseluruhan pembicaraan.

Dengan pemindahan ini, masyarakat sebenarnya berharap agar adanya pemerataan dari segala aspek agar tidak terjadinya ketimpangan di dalam masyarakat.(nos)

Advertising
Advertising