Politik & Pemerintahan

1.200 Bacaleg PDIP Jatim Uji Psikologi

01-03-2013

Surabaya, beritasurabaya.net - Sekitar 1.200 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) PDI Perjuangan dari seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur mengikuti uji psikologi selama 4 hari. Psikotes tahap kedua itu digelar DPD PDI Perjuangan Jawa Timur di Hotel Utami, Jl Raya Juanda, Sidoarjo, 1-4 Maret 2013.

Menurut Wakil Sekretaris Bidang Internal DPD Perjuangan Jatim, SW Nugroho, Jumat (1/3/2013), psikotes gelombang ke-II ini diikuti 1.200-an bakal caleg dari 38 kabupaten dan kota se-Jawa Timur, serta bacaleg untuk DPRD Provinsi Jatim, dan DPR RI.

''Untuk hari ini (Jumat), psikotes tertulis diikuti 273 bacaleg tingkat kabupaten dan kota, serta puluhan bacaleg untuk DPRD Jatim. Untuk penguji kami melibatkan 15 psikiater dari HIMPSI (Himpunan Psikolog Indonesia),''kata Nugroho.

Tidak hanya psikotes, para bacaleg nantinya juga disyaratkan bebas narkoba. Tes bebas narkoba itu akan dilakukan bagi bacaleg yang masuk daftar calon sementara (DCS). ''Kalau persyaratan bebas narkoba ini sudah kami lakukan pada Pemilu 2009 lalu,''ujar Nugroho.

Ratusan bacaleg untuk tingkat II yang hadir di hari pertama tersebut berasal dari 9 kabupaten dan kota. Yakni, Kota Surabaya, Pasuruan, Banyuwangi, Kota Probolinggo, Situbondo, Kabupaten Malang, Kota Mojokerto, Tuban, dan Bangkalan. ''Hari berikutnya, peserta psikotes adalah bacaleg dari kota dan kabupaten yang lainnya,''jelasnya.

Nugroho menambahkan, psikotes untuk bacaleg menjadi salah satu tahapan yang diberlakukan di internal PDI Perjuangan dalam melakukan penjaringan dan penyaringan caleg. Psikotes menjadi bagian dari pesiapan PDI Perjuangan sejak dini untuk menyusun daftar caleg. ''Saat ini partai sedang menyusun daftar caleg sementara partai,''ungkapnya.

Psikotes salah satunya juga untuk mengetahui karakter dan minta khusus dari kader. Sehingga kelak, saat dia terpilih menjadi anggota dewan bisa ditempatkan di komisi atau bidang yang sesuai dengan kemampuannya tersebut. (tia)

Advertising
Advertising