Politik & Pemerintahan

Gugatan Menang, Usman Minta Pilkada Diulang

28-05-2013

Lumajang, beritasurabaya.net - Menjelang Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) Lumajang, pasangan yang diusung oleh PKB kubu H Rofik Abidin yang mengusung pasangan Usman Efendi dan Achmad Jauhari (dicoret KPU Jatim), memenangkan sebagian putusan PTUN Surabaya dan meminta kepada KPU untuk mengulang Pilkada Lumajang.

Hasil keputusan PTUN bernomor 58/G/2013/PTUN.SBY menyebutkan, bahwa pasangan Ali Mudhori-Samsul Hadi (ASA) yang diusung PKB Hj Masyitah dicoret atau dibatalkan dari peserta Pilkada Lumajang. Tetapi, gugatan agar pasangan Usman-Achmad Jauhari dimasukkan menjadi peserta Pilkada.

''Kalau besok Pilkada dilaksanakan maka Pilkada tidak sah atau cacat hukum, maka itu kami minta Pilkada tersebut diulang, karena KPU Jawa Timur telah melanggar Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2012 pasal 63 ayat 1. Makanya kami menggugat KPU Jatim ke PTUN,''ujarnya.

Dikatakannya, jika KPU tetap melaksanakan coblosan Pilbup Lumajang pada Rabu (29/5/2013) besok, maka pihaknya meminta coblosan diulang, sebelum dilakukan pelantikan pada 24 Agustus 2013. ''Entah siapakah yang memenangkan nanti, kami tetap meminta diulang dan pasangan klien kami diikutsertakan pada pilkada ulang,''tegasnya.

Terkait rencana coblosan yang digelar besok, Usman tidak memerintahkan pendukungnya untuk golput. ''Kita berikan kebebasan masing-masing sesuai hatinya. Kita ikuti aturan saja,''ujarnya.

Sekretaris DPC PKB Lumajang Kubu Rofik, Syukrillah ini tidak mempermasalahkan jika pilkada Lumajang tetap digelar besok. Ini karena hal itu merupakan domain kewenangan dari KPU Jatim. Meski begitu, pihaknya tidak akan menginstruksikan kepada massa pendukungnya untuk golput atau memboikot pilkada besok. ''Target kami adalah tetap bisa ikut pilkada Lumajang ke depannya. Artinya, kami akan menuntut pilkada diulang,''pungkasnya. (pc)

Advertising
Advertising