Politik & Pemerintahan

Pemetaan TPS Pilgub, 2.142 Kategori Rawan

15-08-2013

Surabaya, beritasurabaya.net - Polda Jatim selesai melakukan pemetaan titik rawan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang digunakan untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur pada 29 Agustus 2013 mendatang. Hasilnya, dari total 71.027 TPS di seluruh Jawa Timur, ada 2.142 TPS masuk kategori rawan.

Pada wartawan, Kamis (15/8/2013), Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan, selain kategori rawan, hasil pemetaan juga menunjukkan ada 1.237 TPS masuk kategori sangat rawan dan bakal mendapat pengamanan lebih dalam pelaksanaan pesta demokrasi Jawa Timur tahun 2013 ini.

Kriteria kerawanan juga dilihat dari aspek geografis seperti daerah pegunungan, kepulauan atau yang menggunakan alat transportasi air yang berpotensi munculnya ancaman. Kewaspadaan yang dilakukan oleh Polda Jawa Timur, dengan menggunakan pola pengamanan yang berbeda untuk masing-masing TPS sesuai dengan klasifikisinya.

''Pola pengamanan di TPS sangat rawan dilakukan dengan menyiagakan satu polisi dan dua orang Linmas di satu TPS,''ujarnya.

Sementara untuk TPS rawan disiagakan satu orang polisi dan 4 orang Linmas di dua TPS. Sedangkan untuk TPS aman yang berjumlah 67.648 disiapkan satu orang polisi dan 8 Linmas untuk empat TPS. Untuk yang kategori aman, polanya dengan pola mobile, bergerak dari TPS ke TPS karena ada 4 TPS yang diawasi.

Ia menambahkan, untuk keseluruhan pengamanan TPS di Jawa Timur, Polda Jawa Timur sendiri mengerahkan 26.531 personel untuk melakukan pengamanan selama 51 hari, mulai masa kampanye, distribusi logistik, pemungutan suara hingga pasca penghitungan suara. Polisi juga dibantu 7.200 personel TNI dan 142.054 Linmas di seluruh Jawa Timur.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur, jumlah pemilih tetap yang akan menggunakan hak suaranya sebanyak 30.019.300 orang. Pemungutan suara Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dijadwalkan akan berlangsung pada 29 Agustus 2013 mendatang.

Seperti diketahui, Pemilukada Jatim diikuti oleh empat pasang calon gubernur dan wakil gubernur. Calon dengan nomor urut 1 adalah Soekarwo-Saifullah Yusuf, pasangan No 2 yakni Egi Sudjana dan Sihat, Pasangan No 3 yakni Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah, dan pasangan No 4 adalah Khofifah Indar Parawansa-Herman S. Sumawiredja. (tia/jnr)

Advertising
Advertising