Olah Raga

Honda Kembali Berpartisipasi di ISSOM 2017

27-03-2017

Jakarta, beritasurabaya.net - Honda tegaskan konsistensinya di dunia balap Indonesia dengan kembali berpartisipasi di ajang Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017. Pembukaan ISSOM digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat, Jumat (24/3/2017) lalu.

Pada ajang ini, Honda kembali hadir dengan balap One Make Race Honda Jazz Speed Challenge yang telah memasuki musim ke-12 dan Honda Brio Speed Challenge yang memasuki musim ke-5. Tak hanya itu, tim Honda Racing Indonesia yang telah berlaga di Sentul selama 15 tahun terakhir juga kembali turun di kelas Indonesia Touring Car Championship.

Honda Jazz Speed Challenge yang sudah dimulai sejak tahun 2006 merupakan ajang balap One Make Race yang paling lama dan paling konsisten di ISSOM. Pada musim balap 2017 ini, Honda Jazz Speed Challenge kembali diperkuat oleh para pembalap dari kelas Master (Seeded A-profesional), para pembalap muda berbakat dari kelas Rising Star (Seeded B-amatir) dan juga Promotion (non seeded-pemula).

Kompetisi tahun ini akan semakin kompetitif dengan adanya sistem perhitungan poin yang baru, dimana pada musim sebelumnya poin hanya diberikan berdasarkan pembagian kelas. Namun pada musim ini juga akan ditambahkan poin berdasarkan urutan finish secara keseluruhan, tanpa melihat pembagian kelas.

Sistem ini berlaku untuk poin pada setiap seri maupun secara total di akhir musim. Honda Jazz Speed Challenge musim 2017 akan berlangsung sebanyak 6 seri, dimana para pembalap akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 531.000.000. Pada musim 2016, gelar juara Honda Jazz Speed Challenge berhasil diraih oleh Rio SB dari tim Honda Racing Indonesia.

Sementara itu, Honda Brio Speed Challenge juga kembali digelar dan memasuki tahun ke-5. Pada ajang ini, para pembalap menggunakan Honda Brio 1.2L. Pada musim lalu, di kelas Honda Brio Speed Challenge yang menggunakan mobil New Honda Brio 1.2L dimenangkan oleh Sektiyo Hamiseno (Dax Racing).

Musim balap Honda Brio Speed Challenge 2017 juga akan digelar sebanyak 6 seri dengan total hadiah sebesar Rp 156.500.000. Sebagai tambahan, para pembalap yang berlaga dengan New Honda Brio 1.2 liter, berkesempatan mendapatkan hadiah khusus.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, Senin (27/3/2017), mengatakan, partisipasi Honda selama di musim ini menunjukkan gairah dan kecintaan terhadap olahraga balap. Sekaligus memberikan wadah bagi para pembalap Honda Jazz dan Honda Brio yang jumlahnya semakin dominan di Sentul.

Perubahan sistem poin Honda Jazz Speed Challenge musim ini akan semakin memacu persaingan secara positif, sehingga setiap pembalap berkesempatan menunjukkan kemampuan terbaik mereka di setiap seri.

Pada musim ini, Honda juga hadir melalui tim Honda Racing Indonesia yang akan kembali berlaga dalam kejuaraan balap paling bergengsi, yakni Indonesia Touring Car Championship (ITCC). Seperti musim lalu, tim Honda Racing Indonesia masih diperkuat oleh duo juara nasional, Alvin Bahar dan Rio SB, yang akan menggunakan Honda Jazz sebagai mobil balap mereka.

Pada musim lalu, Tim Honda Racing Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara konstruktor serta gelar juara Nasional di kelas ITCC 1500 melalui Rio SB, dan juara di kelas ITCC 1600 Max yang diraih oleh Alvin Bahar. (nos)

Teks foto :

Honda konsisten berpartisipasi di ajang ISSOM 2017.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising