Olah Raga

ECZC Hadirkan Pakar Berbagi Ilmu Capoeira

07-09-2017

Surabaya, beritasurabaya.net - Apakah Anda suka dengan olah raga Capoeira yang berasal dari Brazil ? Ingin tahu seperti apa para pakar Capoeiro mengajarkan gerakan-gerakan Capoeira ?

Datang saja ke Spazio Surabaya mulai Jumat (8/92017) besok hingga 10 September 2017. Pasalnya, Hotel Ibis Budget Surabaya HR Muhammad bekerjasama dengan Escola Cultural Zungu Capoeira menggelar perayaan ulang tahun yang ke-10, Escola Cultural Zungu Capoeira cabang Indonesia yang digelar di Surabaya.

Dalam perayaan ini, Instrutor Kamikaze alias Johan pada media di Surabaya, Kamis (7/9/2017), menjelaskan, Escola Cultural Zungu Capoeira cabang Indonesia, mengundang lebih dari 12 (dua belas) orang Brazil untuk berbagi pengetahuan tentang Capoeira dan kebudayaan dan sejarah Brazil. “Dalam acara yang berlangsung 3 (tiga) hari tersebut akan diadakan workshop Capoeira dan Functional Training, Capoeira Music, Samba dan Jongo (tarian traditional Brazil), Maculele (tarian perang Brazil) dan Afro Danca (African Brazillian Dance),”papar Johan.

Johan menyebutkan pemberi materi dalam acara ini adalah orang asli Brazil yang khusus didatangkan ke Surabaya. Di antaranya , Professor Cacá (pendiri Escola Cultural Zungu Capoeira (ECZC) São Paulo, Brazil), Professor Iaco, Professora Bruna, Instrutor Macaco, Instrutor Vitor, Graduado Primo (pengajar di ECZC São Paulo), Contra Mestre Marcelo (pendiri Ngolo Ia Muanda di Athena, Yunani) dan Professor Gugu (pendiri Quilombola de Luz, Stuttgart, Jerman).

Mereka merupakan pakar yang sudah mempelajari dan mengajar capoeira selama belasan tahun. Semua materi yang diajarkan dijamin aman dan bisa dilakukan oleh siapa saja walau belum pernah mengikuti kegiatan bela diri apapun.

”Dalam perayaan ulang tahun ini, Capoeiristas dari seluruh Indonesia, khususnya Bali, Jakarta, Bandung, Madura, Makassar, Lombok dan Malang akan ikut memeriahkan acara ini. Orang awam dapat belajar langsung tentang Capoeira dan kebudayaan Brazil dari para pakar dan praktisi asli yang sudah bertahun-tahun melakukan bela diri yang menggabungkan unsur seni tari, musik, dan akrobatik,”ungkap Johan.

Johan menambahkan perkembangan Capoeira di Surabaya sendiri cukup positif. Total anggotanya sebanyak 300 sejak Capoeira dikenalkan di Surabaya.

”Bergabung di Escola Cultural Zungu Capoeira banyak manfaatnya. Kita tidak hanya mengenal budaya Brazil tapi juga membangun persahabatan dengan orang-orang dari daerah dan negara lain. Melalui olah raga yang memadukan bela diri dengan seni ini, tidak hanya kesehatan yang kita peroleh tapi juga sosialisasi dengan dunia yang lebih luas,”papar Johan yang menekuni Capoeira lebih dari 15 tahun ini. (nos)

Teks foto :

Para pakar Capoeira menunjukkan gerakan Capoeira pada media di Surabaya.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising