Olah Raga

66 Anak Masuk Program BWB Asia ke-10

26-05-2018

Mumbai, beritasurabaya.net - National Basketball Association (NBA), International Basketball Federation (FIBA) dan Basketball Federation of India (BFI) mengumumkan 66 anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan dari 16 negara dan wilayah akan mengikuti Program Basketball Without Borders (BWB) Asia ke-10. BWB Asia 2018 akan berlangsung pada 30 Mei-2 Juni di NBA Academy India di wilayah metropolitan Delhi, ibukota India (National Capital Region, NCR).

Ini menandakan kali kedua NBA bersama FIBA mengadakan program pengembangan komunitas di India. Nike akan berperan sebagai mitra resmi dalam program ini.

Corey Brewer (Oklahoma City Thunder; AS), Caris LeVert (Brooklyn Nets; AS), Kelly Olynyk (Miami Heat; Kanada; BWB Americas 2009), Dwight Powell (Dallas Mavericks; Kanada), Ruth Riley, pemegang gelar WNBA dua kali berturut-turut, dan mantan pemain WNBA, Ebony Hoffman akan melatih peserta remaja dari wilayah Asia-Pasifik.

BWB Asia 2018 akan menampilkan dua calon dari Akademi NBA, inisiatif pengembangan pemain elit liga, yang tersohor, yang terdiri atas jaringan pusat pelatihan bola basket elit di seluruh dunia untuk anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan yang memiliki prospek terbaik di luar Amerika. Sejak Oktober 2016, Akademi NBA telah dibuka di Canberra, Australia; Jinan, Urumqi dan Zhuji, Cina; Delhi NCR, India; Mexico City, Mexico; dan Thies, Senegal.

Pemain dan pelatih akan membimbing peserta melalui berbagai aktivitas di dalam dan di luar lapangan, termasuk efisiensi gerakan, pengembangan keterampilan di setiap posisi/peran di lapangan (positional skill), kompetisi menembak bola dan keterampilan, pertandingan 5-5, dan seminar tentang keterampilan dalam mengelola kehidupan sehari-hari, seperti, kesehatan, kepemimpinan dan komunikasi. Satu anak laki-laki dan satu anak perempuan akan dinobatkan sebagai BWB Asia 2018 MVPs di penghujung program, yang berlangsung selama empat hari.

BWB Asia 2018 akan didahului oleh program pengembangan bola basket pada 27-29 Mei untuk 18 calon pemain perempuan dari India sebagai bagian dari NBA Academies Women’’s Program. Peraih medali emas Olimpiade tahun 1996 dan anggota Women’’s Basketball Hall of Fame Jennifer Azzi, Riley dan mantan pelatih Blair Hardiek, direktur global teknis untuk program perempuan di tujuh akademi akan mengawasi kegiatan kamp.

BWB Asia 2018 dan kamp NBA Academies Women’’s Program juga akan mencakup berbagai kegiatan NBA Cares dan upaya menjangkau masyarakat bersama kaum muda di New Delhi melalui kerja sama dengan organisasi masyarakat setempat, termasuk klinik bola basket untuk lebih dari 150 pemuda dari program Reliance Foundation Jr. NBA dan NBA Basketball Schools di New Delhi. Program-program ini akan menekankan kekuatan olahraga dalam mempromosikan pemahaman budaya seraya mengajarkan pentingnya gaya hidup sehat dan aktif serta nilai-nilai dalam permainan bola basket, termasuk kerja sama tim, rasa hormat, tekad, dan komunitas.

Asisten pelatih NBA Bret Brielmaier (Nets), Darvin Ham (Atlanta Hawks), Ryan Saunders (Minnesota Timberwolves), dan Mike Wells (Utah Jazz) akan berperan sebagai pelatih BWB Asia 2018. Patrick Hunt (President of the World Association of Basketball Coaches; Australia) akan menjadi camp director. Casey Smith (Mavericks) akan berperan sebagai pelatih atletik di kamp tersebut.

Nike, mitra global BWB sejak tahun 2002, akan menyediakan pakaian serta sepatu untuk peserta dan pelatih. BWB telah merangkul lebih dari 3.190 peserta dari 127 negara dan wilayah sejak 2001, dengan lebih dari 50 alumni kamp yang diseleksi untuk masuk NBA atau menandatangani kontrak sebagai pemain bebas. Sebanyak 24 alumni kamp BWB, jumlah tertinggi hingga saat ini,  masuk dalam daftar pemain untuk malam pembukaan untuk musim 2017-2018.

NBA dan FIBA telah menyelenggarakan 53 kamp BWB di 33 kota di 27 negara dan enam benua. Lebih dari 250 pemain aktif dan mantan pemain NBA, WNBA dan FIBA telah bergabung dengan lebih dari 200 personil tim dari seluruh 30 tim NBA untuk mendukung BWB di seluruh dunia. BWB Asia telah diselenggarakan sebelumnya di India pada tahun 2008.

NBA Academy India, pusat pelatihan basket elit di Delhi NCR untuk calon pemain laki-laki dan perempuan terbaik di India, yang pertama di negara tersebut, secara resmi dibuka pada Mei 2017 dan dibangun atas dasar inisiatif pengembangan generasi muda dan olahraga basket NBA di India. Program Reliance Foundation Jr. NBA telah menjangkau lebih dari 6 juta anak-anak muda dan telah melatih lebih dari 5.000 pelatih olahraga di seluruh India sejak didirikan pada tahun 2013.

Pada April 2017, NBA meresmikan NBA Basketball School, sebuah jaringan pendidikan berbayar yang menyediakan program pengembangan olahraga basket untuk pemain laki-laki dan perempuan berusia 6-18 tahun dari luar Amerika Serikat. NBA Basketball School telah diresmikan di Mumbai, New Delhi, Pune, dan Punjab sebagai bagian dari perjanjian yang berlaku selama beberapa tahun (1-5 tahun) dengan India On Track (IOT), salah satu perusahaan yang menyediakan jasa manajemen, pemasaran dan pengembangan olahraga terkemuka di India. Juara NBA Kevin Durant menjadi pemain aktif NBA pertama yang mengunjungi Akademi NBA India pada Juli 2017. (nos)

Advertising
Advertising