Pendidikan

PT di Indonesia dengan Manajemen-Budaya Terbaik

13-05-2017

Jakarta, beritasurabaya.net - Mutu perguruan tinggi dipercaya menentukan kualitas para lulusannya. Hal itu pula yang mempengaruhi ketertarikan para calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi sebagai tempat mereka menuntut ilmu lebih tinggi.

Selain mutu akademis, masih ada beberapa faktor lain yang turut menentukan mutu perguruan tinggi secara keseluruhan. Di antaranya adalah mutu layanan administrasi. Terkait dengan mutu layanan administrasi, ada dua aspek penting yang dapat mempengaruhi, yakni aspek manajemen serta budaya yang diterapkan oleh lembaga perguruan tinggi tersebut.

Jobplanet (Jobplanet.com), platform yang menyediakan berbagai informasi seputar perusahaan dan dunia kerja, termasuk informasi lowongan kerja, review perusahaan, informasi gaji, dan kisi-kisi wawancara kerja, mengadakan riset mengenai perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki manajemen dan budaya terbaik.

Riset ini dilakukan berdasarkan survei yang dilakukan melalui Jobplanet.com sejak Agustus 2015 hingga April 2017, dan melibatkan 1.150 orang responden yang merupakan karyawan yang bekerja di 280 perguruan tinggi di Indonesia. Dalam riset ini, Jobplanet menyaring perguruan tinggi berdasarkan jumlah ulasan atau review dari karyawan.

Perguruan tinggi yang disertakan dalam penilaian adalah perguruan tinggi yang memiliki jumlah review minimal sebanyak 25. Perlu diketahui, tingkat kepuasan karyawan di Jobplanet diukur dari skala 1,0 hingga 5,0 di mana 1,0 mewakili penilaian sangat tidak puas; 2,0 mewakili penilaian tidak puas, 3,0 mewakili penilaian cukup puas; 4,0 mewakili penilaian puas; dan 5,0 mewakili penilaian sangat puas.

Perguruan tinggi yang masuk dalam daftar di bawah ini memiliki rata-rata tingkat kepuasan karyawan paling tinggi, atau di atas 3,0, dalam aspek manajemen. Yakni, Universitas Bina Nusantara (3,6); Telkom University (3,6); Universitas Pelita Harapan (3,3); Universitas Gadjah Mada (3,2); Universitas Indonesia (3,1) dan Universitas Gunadarma (3,1).

Sedangkan perguruan tinggi dengan budaya terbaik memiliki rata-rata tingkat kepuasan karyawan paling tinggi, atau di atas 3,0, dalam aspek budaya. Yakni, Universitas Bina Nusantara (3,8); Telkom University (3,7); Universitas Pelita Harapan (3,5); Universitas Indonesia (3,4); Universitas Gadjah Mada (3,4); Universitas Gunadarma (3,3) dan Bina Sarana Informatika (3,2).

“Tak bisa dipungkiri bahwa aspek manajemen dan budaya perguruan tinggi berperan dalam menentukan mutu layanan administrasi di lembaga perguruan tinggi, yang juga turut menentukan mutu perguruan tinggi tersebut secara keseluruhan,” ungkap Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, Kemas Antonius, Sabtu (13/5/2017).

Ia mengatakan berdasarkan survei Jobplanet yang dilakukan sejak Agustus 2015 hingga April 2017, ada tiga perguruan tinggi swasta yang dinilai oleh para karyawannya memiliki manajemen dan budaya terbaik, yakni Universitas Bina Nusantara, Telkom University, dan Universitas Pelita Harapan. Sementara itu, dua perguruan tinggi negeri yang dinilai unggul dalam hal manajemen dan budaya adalah Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. (nos)

Advertising
Advertising