Pendidikan

Datascrip Gelar Creative Comic Competition

17-09-2017

Jakarta, beritasurabaya.net - Industri kreatif di Indonesia ibarat pohon yang terus tumbuh dan berkembang serta melahirkan tunas-tunas muda berbakat di berbagai cabangnya. Salah satunya adalah komik, media kreatif yang menampilkan gambar-gambar dilengkapi teks, dengan alur cerita bertema tertentu.

Para kreator komik (komikus) di dalam negeri pun terus muncul dan berkarya, bahkan sejak masih duduk di bangku sekolah. Melihat fenomena ini, PT Datascrip menggelar Datascrip Creative Comic Competition.

Kompetisi ini bertujuan memberikan kesempatan bagi para pelajar dan mahasiswa pecinta komik maupun yang hobi menggambar untuk berkreasi menciptakan karya komik yang artistik, unik dan komunikatif.

Datascrip Creative Comic Competition yang digelar 15 September hingga 30 November 2017 ini mengangkat tema “Aku Cinta Indonesia”. Peserta bebas menuangkan ide dan kreativitas mengenai kecintaannya terhadap Indonesia. Peserta juga bebas memilih genre, mulai dari komedi, drama, laga, sampai mitos/legenda.

Kompetisi ini dibagi dalam tiga kategori, yakni untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) serta mahasiswa. Peserta bisa perorangan ataupun kelompok (per kelompok terdiri dari 2 orang).

Komik dapat dibuat secara digital maupun tradisional sebanyak 16-24 halaman (boleh berwarna maupun tidak), dengan ukuran 210mm x 297mm (A4). Komik yang dilombakan merupakan karya orisinil dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Division Manager PT Datascrip, Jeremy Hermanto, mengatakan, Datascrip Creative Comic Competition bertujuan menjadi wadah bagi para komikus muda untuk berkreasi. Melalui ajang berskala nasional ini Datascrip mendukung agar bakat dan karya para komikus muda tersebut dapat lebih dikenal di masyarakat, serta membuka peluang menjadi komikus profesional.

Karya yang dilombakan dikirimkan ke Tim Datascrip Creative Tablet dengan alamat Gedung Datascrip, Jl. Selaparang Blok B15 Kav 19, Kompleks Kemayoran, Jakarta 10610 selambat-lambatnya tanggal 30 November 2017. Dewan juri yang terdiri dari Is Yuniarto (Komikus), Li Julian (Komikus), Gita Juwita (Editor re:ON Comics) dan Rendy Burhan (Creative Marketing dari Tim Datascrip Creative Tablet) akan memilih pemenang untuk masing-masing kategori dengan beragam hadiah. Hadiah untuk para pemenang akan diserahkan Dewan Juri pada Penganugerahan Pemenang di Jakarta pada bulan Desember 2017. (nos)

Advertising
Advertising