Ekonomi & Bisnis

Masih Sulit Urus Izin di Disperindag Surabaya

17-03-2011

beritasurabaya.net - Ada temuan menarik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas pelayanan di Surabaya.

Dari rilis yang disampaikan Humas KPK Johan Budi SP di gedung Grahadi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Surabaya masih tak memberikan pelayanan yang memuaskan.

Dalam rilis terkait penyampaian layanan publik di Jatim yang meningkat, ternyata ada ganjalan di Kota Pahlawan ini. Dinas yang pada 2010 lalu disemprot gara-gara praktek pungli dan calonya, pada tahun ini tetap saja menjadi sorotan. Rupanya, teguran yang lalu tetap tak bisa membuat dinas itu berubah.

Untuk Surabaya ada tiga hal yang menjadi sorotan KPK dalam hal memberikan pelayanan publik yang terbaik. Yakni masalah pengurusan izin SIUP, pengurusan kependudukan dan pengurusan IMB. Rupanya selama ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Surabaya tetap menjadi sorotan.

Disampaikan Johan dalam rilisnya, di dinas itu masih ada pemohon yang dipersulit dan diperlama proses permohonannya. Seharusnya hal itu sudah tak perlu terjadi lagi, lantaran Surabaya sudah berusaha menciptakan pelayanan publik yang prima.

Sebenarnya, selain Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Inspektorat Kota Surabaya juga ditegur. Namun bukan terkait masalah pelayanan publik, melainkan karena Inspektorat Kota tak memiliki rencana kerja khusus untuk melakukan audit atas pelaksanaan pelayanan publik di instansi penyelenggaranya.

"Diharapkan, Inspektorat Kota melakukan audit rutin atau reguler dan pengawasan atas pelaksanaan layanan publik di SKPD penyelenggaranya," tandas Johan.

Sementara Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengakui jika mengelola pelayanan publik itu tidak mudah. ries/bsn

Advertising
Advertising