Ekonomi & Bisnis

Kemenkominfo Ajak UMKM Go Online Via Blanja.com

18-06-2017

Semarang, beritasurabaya.net - Potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Semarang memiliki daya tarik tersendiri bagi penyedia platform online. Oleh karena itu, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang bersama Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, IdEA (Asosiasi E- Commerce Indonesia) serta Blanja.com bekerjasama mengadakan workshop edukasi bagi para UMKM Kota Semarang untuk memasuki platform online.

Menurut Direktur Pemberdayaan Informatika, Septriana Tangkary, UMKM merupakan penggerak ekonomi terbesar Indonesia. Jika tercapai 8 juta UMKM yang Go Online pada tahun 2020 maka diharapkan ekonomi Indonesia mampu meningkat hingga 10 persen.

Tak hanya itu, Head of Bussiness Operation Blanja.com Fikri menambahkan, jika ingin memperluas pemasaran tetapi efisien dalam biaya operasional, maka berjualan melalui platform online adalah pilihan yang tepat bagi UMKM.

Blanja.com on progress menyeleksi dan menyiapkan beberapa UMKM terbaik yang akan dibawa ke pasar Internasional melalui platform eBay. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi UMKM yang sudah online untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya, contohnya kemampuan berbahasa inggris menjadi hal yang wajib bagi UMKM yang akan Go Internasional.

Sebagai marketplace hasil kolaborasi strategis PT Telkom Indonesia dan eBay, Blanja.com dinilai menjadi platform online yang terbaik untuk memasarkan produk asli Indonesia milik UMKM Kota Semarang. Untuk itu, di acara UMKM Go Online ini, para UMKM Kota Semarang yang hadir diberikan pelatihan langsung bagaimana cara memasarkan produknya pada platform online dimulai dengan mendaftar sebagai anggota di Blanja.com hingga sesi pemotretan produk masing-masing UMKM untuk di-upload di toko online yang dibuka.

Dengan banyaknya UMKM Kota Semarang yang bergabung di Blanja.com, maka diharapkan dapat memberikan pengaruh kepada UMKM lainnya untuk turut memasuki platform online dan banyak produk Indonesia yang bisa merambah ke pasar Internasional. (nos)

Advertising
Advertising