Ekonomi & Bisnis

Mesin 800 Cc, Ferrari Jadi Paling Kuat Di Pasar

15-09-2019

Maranello, beritasurabaya.net - Tepat 50 tahun sejak debut spider terakhir di jajaran Ferrari yang mengusung mesin front mounted  V12, 812 GTS menandakan kembalinya kejayaan sebuah model yang telah memainkan peran penting dalam sejarah Ferrari. Kisah Ferrari V12 Spider menampilkan banyak model ikonik yang dimulai pada 1948 melalui 166 MM. Ini sebuah model GT sejati yang memenangkan dua balapan ketahanan paling bergengsi di dunia pada tahun 1949: Mille Miglia dan 24 Hours of Le Mans.

Yang terakhir dari silsilah panjang ini adalah 1969 365 GTS4, juga dikenal sebagai Daytona Spider karena kemenangan fenomenal Ferrari di Daytona 1967 24 Hours saat 330 P4s dan 412 P dari NART juga memenangi podium untuk menempati tiga tempat teratas.

Arsitektur mesin front-mounted V12 belum digunakan pada seri Ferrari spider sejak 365 GTS4. Namun, empat edisi terbatas telah diluncurkan, yakni 550 Barchetta Pininfarina pada tahun 2000, Superamerica pada tahun 2005, SA Aperta pada tahun 2010 dan, yang terbaru, F60 America yang hanya diproduksi 10 unit untuk merayakan 60 tahun Ferrari di pasar Amerika pada tahun 2014.

Seperti pendahulunya yang historis, 812 GTS menjadi tolok ukur baru dalam hal kinerja dan eksklusivitas. Mengusung mesin Ferrari 800 cv V12 yang tangguh, 812 GTS bukan sekedar spider paling kuat yang ada di pasar, tetapi juga merupakan model paling serbaguna berkat model atap yang dapat dibuka, sebuah fitur unik di segmen ini yang juga menjamin kapasitas boot yang lebih besar.

The retractable hard top (RHT) yang dapat dibuka hanya dalam 14 detik dengan kecepatan hingga 45 km/jam tidak mengganggu dimensi interior, sehingga membuat kokpit tetap lapang. Layar belakang elektrik, yang berfungsi sebagai penahan angin, membuat mobil ini benar-benar dapat digunakan secara top down, sementara pada mode top up penumpang dapat menikmati uniknya raungan mesin V12.

812 GTS adalah versi spider dari 812 Superfast, dimana keduanya dibutuhkan spesifikasi dan performa, terutama unit daya yang memiliki kemampuan untuk melepaskan tenaga 800 cv pada 8500 rpm, merupakan mesin yang paling kuat di kelasnya. Torsi 718 Nm menjamin akselerasi yang mengesankan, hampir setara dengan 812 Superfast, sementara batas putaran 8900 rpm memperkuat kemudi yang sporty pada mobil itu.

Seperti pada 812 Superfast, tingkat kinerja ini dicapai sebagian dengan mengoptimalkan desain mesin dan sebagian oleh inovasi, seperti penggunaan sistem injeksi langsung 350 bar, dan sistem kontrol untuk saluran masuk geometri variabel, dikembangkan dengan teknologi mesin F1. Sistem ini memungkinkan peningkatan perpindahan dari 6,2 menjadi 6,5 liter untuk memaksimalkan output daya sambil mempertahankan kecepatan yang sangat baik bahkan pada putaran rendah.

Dirancang oleh Ferrari Styling Center dan berkiblat pada 812 Superfast, 812 GTS menggemakan bahasa formal dan proporsi V12 bermesin depan Ferrari tanpa mengubah dimensi eksterior atau ruang interior dan kenyamanannya, sehingga mewakili perpaduan sempurna antara sporty dan keanggunan. Dari tampilan samping, 812 GTS menonjolkan kehalusan fastback: desain kotak ganda dengan ekor tinggi yang menyerupai kemegahan 365 GTB4 (Daytona) tahun 1968.

Desain sayap yang menyamping secara visual memendekkan ekor dan ditandai dengan garis lipatan yang miring dan tajam, serta wheelarches yang sangat berotot yang terinspirasi oleh kekuatan dan agresi terjamin dari V12 yang mengesankan. Pada versi Spider Superfast 812, seluruh bagian belakang mobil- atap, penutup tonneau dan kompartemen bagasi-telah dirancang ulang. Idenya adalah mengimplementasikan pada mobil tersebut perpaduan baru antara kehalusan dan keseimbangan, dengan dua buttresses yang mendukung mekanisme pergerakan atap. Buttresses dirancang untuk secara visual mewujudkan gaya dorong ke depan dan menunjukkan tampilan khas pada jendela samping yang akan membuat spider berbeda dari berlinetta. Ketika bagian atas diturunkan, panel atap menghilang di bawah penutup tonneau tersebut. (nos)

Teks foto :

Ferrari 812 GTS yang baru juga dilengkapi dengan roda tempa multi-spoke baru yang spesifik dan berseni tinggi. Tiga versi pilihan akan ditawarkan: diamond-finish, liquid silver dan Grigio Scuro. .

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising