Ekonomi & Bisnis

Edukasi Cokelat, Danora Buka Kafe Di Surabaya

15-09-2019

Surabaya, beritasurabaya.net - Danora Agro Prima, perseroan yang bergerak di bidang pemrosesan biji dan pengolahan kakao bersama Koperasi Ashera, melakukan soft opening Danora Chocolate Factory Cafe & Resto pertama di Surabaya, Sabtu (14/9/2019). Ini awal Danora Agro Prima merambah dunia Retail, Food And Beverages.

Chief Finance Officer Danora Agro Prima, Bob Boetar Boetar, menjelaskan, sejak tahun 2005, Danora fokus ke pasar ekspor dengan produk butter dan powder ke Rusia, Turki, Timur Tengah, Malaysia. Untuk butter lebih banyak ekspor ke Eropa dengan gudang penyimpanan di Belanda.

”Pabrik kami di Jatake, Tangerang dengan kapasitas terpasang 14 ribu ton dan tahun depan ditingkatkan bertahap menjadi 25 ribu ton. Tahun 2022 ditargetkan, kapasitas terpasang menjadi 40 ribu ton,”jelas Bob.

Merambah dunia Retail, Food and Beverage di 2019, menurut Bob, waktu yang tepat untuk dilakukan. Dan Surabaya merupakan kota pertama dengan outlet yang ada di Praxis.

Alasannya, life style masyarakat Surabaya relatif sangat tinggi dibanding kota-kota lainnya. Surabaya juga memiliki banyak industri besar dan hingga saat ini banyak produk cokelat yang dijual di pasaran Indonesia mayoritas punya asing.

”Padahal Indonesia memiliki perkebunan cokelat terbesar se Asia Tenggara dan pengekspor terbesar nomer tiga di dunia sebesar 775.000 ton setelah Pantai Gading Afrika dan Ghana Afrika. Kami ingin hadir di pasar ritel untuk edukasi pasar sekaligus memberikan produk cokelat dengan kualitas premium,”tambah Bob.

Sementara itu, CEO Danora Agro Prima, Daniel Sitorus, mengatakan, cokelat adalah pangan olahan yang terbuat dari biji kakao yang diambil dari pohon kakao (Theabmma Cacao L) difermentasi terlebih dahulu kemudian diolah lebih lanjut hingga menghasilkan cokelat bubuk atau cokelat batangan aneka jenis. Cokelat, makanan yang sangat digemari di kalangan masyarakat lintas usia, dari anak kecil hingga dewasa.

Selain rasa yang manis, makan cokelat juga bisa membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi lebih sehat dan bahagia. “Dengan memanfaatkan kekayaan sumber daya alam ini, melalui bisnis baru diharapkan dapat memperkenalkan rasa cokelat asli Indonesia karena bahan dan pengolahan asli Indonesia,”ujarnya.

Dengan dibukanya Danora Chocolate Factory ini, diharapkan mampu meningkatkan penggemar cokelat dan menjadi tempat pilihan yang nyaman warga Surabaya dengan segala aktivitasnya.

Perwakilan Danora Chocolate Factor, Chef Lucky Hasmoro, mengatakan, untuk mengedukasi masyarakat tentang cokelat memang tidak semudah teh maupun kopi. Meskipun sejak usia kanak-kanak sudah mengenal cokelat.

Kafe ini, kata Chef Lucky, hadir untuk membidik segmen dewasa muda yang sudah memiliki gaya hidup tersendiri. Kafe ini siap menjadi tempat yang santai, klasik elegan, cocok untuk aneka kegiatan seperti makan siang bersama rekan kerja, meeting, kumpul komunitas, birthday party, arisan, dan banyak lagi.

Kafe menyajikan makanan dan minumannya 75 persen berbahan dasar cokelat asli untuk memperkaya cita rasa. Selanjutnya, akan ada lebih dari 100 varian rasa cokelat diciptakan demi memanjakan lidah para pecinta dan penikmat cokelat.

”Kombinasi jenis cokelat mulai white, milk dan dark chocolate menciptakan makanan dan minuman berbasis fungsional. Spesialnya, untuk yang berdiet, ada menu Slim Chocolate Drink disarankan dikonsumsi setiap malam dapat menurunkan berat badan. Ada pula Stemcell Chocolate Drink yang fungsinya untuk regenerasi kulit. Dari sisi makanan, ada juga menu Ribs yang dimasak menggunakan cokelat, Chocolate Fried Chicken, Spicy Chocolate dan masih banyak lagi menu varian cokelat,”pungkas Chef Lucky. (nos)

Teks foto :

Danora Chocolate Factory Cafe & Resto hadir sebagai tempat edukasi manfaat cokelat dengan menikmati cokelat asli Indonesia dan berkualitas premium.

Foto : Titin.

Advertising
Advertising