IT & Seluler

SAP Rampungkan Proyek Cloud Terbesar di Rusia

04-05-2018

Jakarta, beritasurabaya.net - SAP SE (NYSE: SAP) umumkan bahwa perusahaan perbankan dan layanan keuangan terbesar di Rusia, Sberbank, telah menggunakan solusi SAP SuccessFactors untuk mengelola tenaga kerjanya sebanyak 230 ribu karyawan. Jumlah tersebut menjadikan proyek ini tercatat sebagai proyek cloud terbesar di Rusia.

Sberbank berencana menghubungkan seluruh anak perusahaannya dan menambah keseluruhan jumlah karyawan di dalam cloud menjadi 270 ribu orang. Perangkat lunak untuk SDM berbasis cloud ini menyatukan semua karyawan Sberbank di dalam sebuah tempat digital, serta menciptakan tenaga kerja internal tunggal.

Dimanapun dan melalui perangkat apapun, para karyawan dapat mengembangkan diri dengan menggunakan alat-alat assessment, perencanaan karir, serta pelatihan online. Para manager dapat bekerja dengan para kandidat untuk posisi yang terbuka, melacak kinerja karyawan, mengetahui kompetensi dan kemampuan karyawan, membuat keputusan terkait pengembangan karyawan, dan menyatukan tim untuk menyelesaikan masalah, dimanapun para karyawan tersebut berada.

Deputy Chairman of the Executive Board, Sperbank, Yulia Chupina, Jumat (4/5/2018), mengatakan, tujuan utama Sberbank adalah mendorong daya saing mencapai level yang lebih tinggi. Ini yang akan memampukan pihaknya bersaing dengan para perusahaan teknologi global sekaligus mempertahankan status sebagai bank terbaik untuk perseorangan maupun bisnis.

”Kami berencana menggapai tujuan ini dengan mengembangkan bisnis kami dan meningkatkan profit serta efisiensi sekaligus mendorong fleksibilitas, kecepatan dan pemusatan kepada klien dengan memperkenalkan teknologi baru dan membudidayakan karyawan,”ungkapnya.

Tujuan dari proyek ini adalah memastikan tingkat kualitas proses manajemen personalia baru di Sberbank sesuai dengan strategi transformasi 2020. Tujuan utama proyek termasuk meningkatkan perekrutan dan pelatihan karyawan, mencapai perencanaan dan pengembangan karir yang transparan, menciptakan model kompetensi baru dan mengembangkan budaya perusahaan.

Manajemen Sberbank sekarang dapat menggunakan data dari SAP SuccessFactor untuk membuat keputusan strategis tentang kompetensi perencanaan yang diperlukan di bank, pengembangan personel dan area pertumbuhan yang saat ini serta potensi di dalamnya. Software ini secara signifikan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk perekrutan dan onboarding di semua divisi bank.

Di masa yang akan datang, bukan tidak mungkin apabila kita dapat menggunakan informasi yang dikumpulkan oleh software untuk menciptakan solusi digital baru untuk bekerja dengan personil, termasuk alat-alat prediksi. Kemitraan yang terjalin antara SAP Consulting dan Sberbank berhasil merampungkan transisinya dalam kurun waktu satu tahun, membuat proyek tersebut menjadi peluncuran software SDM berbasis cloud tercepat dari seluruh pelanggan utama SAP. (nos)

Advertising
Advertising