IT & Seluler

F5 Luncurkan Layanan Aplikasi Multi-Cloud

02-06-2018

Jakarta, beritasurabaya.net - F5 Networks perkenalkan BIG-IP Cloud Edition, sebuah solusi yang dapat mempermudah dan mempercepat pengguna dalam mengimplementasikan layanan aplikasi penting untuk semua jenis aplikasi dan dalam lingkungan apapun. BIG-IP Cloud Edition ditawarkan sebagai Application Delivery Controller (ADC) virtual per-app, yang dapat menerapkan dan mengotomatisasi setiap langkah dalam layanan berbasis kebijakan (policy), baik pada fase pengembangan maupun produksi.

Dengan pendekatan ini, pemilik aplikasi dapat berkolaborasi lebih baik dengan NetOps, DevOps, dan SecOps dalam suatu framework yang lincah, sehingga menghasilkan peningkatan kinerja, ketersediaan, dan keamanan seluruh aplikasi secara signifikan.

BIG-IP Cloud Edition kombinasikan beragam portofolio layanan aplikasi F5 dengan layanan BIG-IQ yang kemampuan pengelolaan, visibilitas, dan analitiknya sudah ditingkatkan secara dramatis. Solusi berbasis software dari F5 ini membuat pengguna dapat dengan mudah menambahkan layanan yang tepat dan dapat disesuaikan dengan setiap aplikasi, lingkungan multi-cloud dan kebutuhan pengguna.

Salah satu penggunaan yang menonjol dari solusi ini adalah pengguna dapat menjalankan kebijakan-kebijakan Advanced Web Application Firewall untuk menangkal ancaman tingkat tinggi terhadap aplikasi secara konsisten baik di cloud publik maupun privat.

SVP dan General Manager, ADC Business Unit, F5, Kara Spraguw, Sabtu (2/6/2018), mengatakan, layanan aplikasi berevolusi menjadi sebuah model per-app sehingga NetOps, SecOps. Tim pengembangan aplikasi dapat mengimplementasikan layanan aplikasi yang konsisten dan tepat untuk setiap aplikasi, di mana pun aplikasi itu dijalankan.

“Selama ini terdapat miskonsepsi yang menyebutkan bahwa Anda harus memilih antara layanan yang lengkap atau layanan portable yang tangkas. Melalui BIG-IP Cloud Edition kami ingin menghapus dikotomi yang keliru tersebut. Dengan BIG-IP Cloud Edition tim NetOps dan SecOps dapat mengimplementasikan layanan pengelolaan trafik dan keamanan lengkap secara lebih baik dalam bentuk software yang ringan, mudah menambahkan aplikasi baru pada seluruh layanan mereka, dan mengimplementasikan praktik DevOps dengan lebih cepat,”paparnya.

Riset State of Application Delivery F5 belum lama ini mengungkapkan bahwa perusahaan rata-rata mengandalkan 16 layanan aplikasi untuk membuat aplikasi mereka cepat, aman, dan selalu tersedia. Tim NetOps saat ini memerlukan layanan yang kapasitasnya dapat ditingkatkan (scalable), pengadaannya mudah, bisa digunakan dengan berbagai metode penggunaan, dan sangat mudah diprogram.

BIG-IP Cloud Edition didesain untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan akan mendukung berbagai skenario implementasi, seperti dengan model berlangganan, membeli lisensi, hingga pengenaan tagihan berdasarkan pemakaian (utility bills). Pendekatan ini memadukan kemampuan platform BIG-IP tradisional F5 yang memiliki fitur lengkap dan mudah dikustomisasi dengan kemudahan akses dan kelincahan dari teknologi-teknologi  berbasis cloud yang dipakai tim NetOps dan DevOps untuk mendorong upaya-upaya transformasi digital kontemporer.

Aplikasi adalah mata uang dalam perekonomian bisnis modern, di mana jumlah aplikasi yang terus meningkat dan tumbuh semakin kompleks, seiring dengan semakin bertambahnya perangkat yang terhubung ke jaringan dan meningkatnya teknologi Internet of Things (IoT). Memang banyak vendor atau perusahaan open source menawarkan layanan aplikasi dasar, namun layanan aplikasi tersebut tidak dapat menawarkan keamanan yang sepadan dengan data dan transaksi berharga yang dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Dengan kemampuan Advanced WAF, BIG-IP Cloud Edition memiliki kemampuan untuk mempermudah pengujian dan implementasi seluruh aplikasi baik dalam arstitektur cloud dan maupun data center tanpa mengorbankan keamanan. Proteksi per-app meningkatkan keamanan perusahaan secara keseluruhan dengan cara melindungi informasi milik perusahaan dan pelanggan yang ditangani oleh semua aplikasi, dengan template yang dedicated untuk Amazon Web Services (AWS) dan lingkungan-lingkungan cloud lainnya.

Dengan kemampuan layanan F5 yang dapat secara fleksibel melakukan peningkatan kapasitas otomatis ke setiap aplikasi, fungsi keamanan dan ketersediaan dapat diimplementasikan dengan biaya terjangkau pada seluruh aplikasi, bukan hanya pada beberapa aplikasi yang tertentu saja.

Selain membuat berbagai layanan lebih mudah diakses oleh aplikasi, BIG-IP Cloud Edition juga membuat layanan-layanan ini bermanfaat bagi banyak tim IT. Kemampuan layanan F5 yang terpercaya untuk diimplementasikan, di-upgrade, dan diotomatisasi secara mudah dengan pendekatan per-app, membuat NetOps dapat lebih mendukung prioritas bisnis perusahaan yang sejalan dengan SecOps dan DevOps.

Karena fokus pada operasional yang kolaboratif, solusi ini mengedepankan penggunaan kemampuan swalayan yang cepat oleh tim pengembang aplikasi serta application programming interface (API) terbuka untuk implementasi layanan di data center dan berbagai lingkungan cloud.

Melalui dasbor khusus yang memberikan visibilitas, analitik, dan control per-app, BIG-IP Cloud Edition menyederhanakan operasional dengan tetap meningkatkan pengelolaan dan pengendalian. Selain itu, solusi ini memberikan kemampuan swa-diagnosa (self-diagnose) dan penyelesaian masalah serta informasi berguna mengenai kinerja dan stabilitas aplikasi.

“Dengan teknologi seperti BIG-IP Cloud Edition dan program-program seperti inisiatif Super-NetOps, kami melihat  bahwa F5 fokus pada kolaborasi sebagai cara untuk mencapai kecepatan layanan dan meningkatkan keuntungan bisnis,”kata Founder dan Principal Analyst, ZK Research, Kara Spraguw.

Meskipun secara tradisional perusahaan meraih banyak manfaat dari aplikasi-aplikasi tertentu yang bernilai tinggi, kata Kara, ada banyak keuntungan juga yang diraih oleh perusahaan yang memperluas minatnya dengan menyediakan layanan dan dukungan bagi gelombang berikutnya aplikasi-aplikasi yang selama ini didukung oleh layanan penyediaan aplikasi dasar. (nos)

Advertising
Advertising