IT & Seluler

F5 Luncurkan Solusi SaaS Terbaru

09-04-2019

Jakarta, beritasurabaya.net - F5 Networks (NASDAQ: FFIV) telah memperluas portfolio dengan layanan aplikasi yang tersedia di cloud (cloud-native) F5 Cloud Services, sebuah model baru penyediaan aplikasi yang memanfaatkan AWS SaaS Enablement Framework untuk layanan-layanan aplikasinya yang terdepan di pasar. Penawaran baru F5 ini akan menyediakan solusi SaaS yang memiliki tingkat ketersediaan tinggi (highly-available), bersifat swalayan, dan sepenuhnya terkelola sehingga dapat dipasang dan dikonfigurasi hanya dalam hitungan menit di AWS.

Diimplementasikan sebagai utilitas dengan model pay-as-you-go (hanya membayar ketika solusi ini digunakan) di AWS Marketplace, dengan F5 Cloud Services perusahaan-perusahaan memiliki layanan aplikasi dengan biaya yang dapat diprediksi, fleksibel, dan dapat ditingkatkan kapasitasnya secara otomatis mengikuti kebutuhan beban kerja (workload) aplikasi. Selain itu, model penyediaan SaaS (software as a service) ini menciptakan kerangka kerja yang dapat diperluas sehingga dapat memberikan layanan-layanan tambahan sesuai kebutuhan seiring waktu, dan sepanjang siklus pengembangan dan pembuatan aplikasi.

SVP, Asia Pasifik, Cina, dan Jepang, F5 Networks, Adam Judd, mengatakan, multi-cloud telah berevolusi dari eksperimen ke pertimbangan strategis, sementara menekankan keamanan yang konsisten dan memastikan performa yang bisa diandalkan masih menjadi tantangan bagi sebagian besar perusahaan. “Pelanggan terus mencari layanan aplikasi berbasis SaaS yang terdepan dan mudah diterapkan untuk bernavigasi di perjalanan transformasi digital dengan percaya diri. Ketika perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik mengubah cara mereka beroperasi di era perekonomian XaaS (everything-as-a-service) saat ini, penyediaan aplikasi canggih dan kemampuan keamanan F5 akan dihadirkan sebagai solusi SaaS modern yang ditujukan untuk DevOps yang sejalan dengan layanan AWS yang efisien dan efektif,”paparnya.

VP, WW Partners di AWS, Terry Wise, menjelaskan dengan menggunakan AWS SaaS Factory dan AWS SaaS Enablement Framework, pihaknya dapat mendukung F5 dalam merancang, mengembangkan, dan menyediakan platform Cloud Services mereka di AWS. "Pelanggan saat ini dapat menggunakan solusi F5 sebagai sebuah model SaaS, sekaligus mendukung pengembang untuk berinovasi tanpa harus khawatir dengan pengelolaan infrastruktur atau program yang menjadi pondasinya,”ujarnya.

F5 Cloud Services juga merepresentasikan sebuah cara baru penyediaan berbagai kemampuan kepada berbagai perusahaan yang ingin mengintegrasikan layanan aplikasi secara mulus sesuai kebutuhan, sekaligus memberikan kemampuan keamanan pada pondasinya.  Dengan demikian, F5 Cloud Services menawarkan perlindungan tambahan melalui layanan-layanan masa depan yang dengan ini perusahaan-perusahaan dapat mengkonfigurasi dan mengotomatisasi pertahanan terhadap berbagai jenis serangan.

F5 Cloud Services telah dirancang sesuai dengan cara perusahaan-perusahaan modern mengembangkan dan meluncurkan aplikasi di cloud publik. Dengan antarmuka pengguna (user interface) yang intuitif sehingga dapat dikonfigurasi dengan sangat mudah dan dapat dilakukan secara otomatis melalui API yang lengkap dan jelas. Solusi ini memungkinkan pengembang dan engineer DevOps mengintegrasikan kekuatan layanan aplikasi dengan praktik CI/CD (continuous integration/continuous delivery) untuk menghasilkan kinerja yang optimal di sepanjang siklus aplikasi.

Pelanggan menikmati visibilitas secara real-time dan analitik mengenai penggunaan, konsumsi, kinerja, dan penagihan dengan sistem pelaporan dan visualisasi yang rinci. Tingkat kejelasan ini menghasilkan analitik yang dapat digunakan untuk meningkatkan cara sumber daya aplikasi disediakan, diamankan, dan digunakan dalam platform penyediaan cloud (cloud delivery) yang tersedia.

Layanan baru F5 dirancang untuk membantu organisasi dan pengembang aplikasi yang berbasis cloud untuk merasa yakin dengan pengamanan aplikasi-aplikasi mereka sehingga dapat tetap fokus pada hal-hal terbaik yang dilakukan aplikasi: menyediakan nilai bisnis. Solusi baru F5 Cloud Services yang fokus pada keamanan ini memberi cara sederhana dan komprehensif bagi pengguna untuk menyediakan serangkaian layanan standar guna memastikan bahwa aplikasi terlindungi di setiap tahap pengembangan dan lini produksi.

Engineer ADC di Secure-24, Joshua Becigneul, mengatakan, sebagai pengguna awal layanan DNS berbasis cloud, pihaknya sudah melihat manfaat dari penerapan solusi DNS otoritatif sekunder di cloud. Solusi ini, tukas Joshua, menyederhanakan pengelolaan DNS sehingga bisa bekerja lebih cepat tanpa mengorbankan kinerja atau keamanan.

”Kami memiliki DNS sekunder dan dapat bekerja dengan F5 Cloud Services hanya dalam beberapa klik dan ingin segera melihat bagaimana model pay-as-you-go dari layanan ini membuat biaya dapat diprediksi,”pungkasnya. (nos)

Foto : F5.com.

Advertising
Advertising