IT & Seluler

Telkomsel Bebas Kuota Data 30GB Paket Ilmupedia  

24-03-2020

Jakarta, beritasurabaya.net - Telkomsel terus proaktif mengambil peran dalam upaya gotong royong dan solidaritas untuk terus bergerak maju bersama semua elemen masyarakat di tengah-tengah situasi darurat  Covid-19.  Kali ini Telkomsel memperluas inisiatif kolektif di bidang pendidikan bersama Perguruan Tinggi serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) untuk memberikan keleluasaan bagi mahasiswa dalam melakukan proses belajar mandiri dari rumah, dengan menghadirkan Paket Bebas Akses ilmupedia hingga 30GB bagi mahasiswa 130 perguruan tinggi di Indonesia.

Paket ini memberikan keleluasaan bagi para mahasiswa untuk mengakses situs e-learning masing-masing kampus dan situs Spada Indonesia milik Kemendikbud RI selama 30 hari tanpa biaya, dan merupakan pengembangan dari paket ilmupedia yang sebelumnya telah bisa digunakan untuk mengakses platform e-learning Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso dan Sekolahmu.

Di Jawa Timur Paket Bebas Akses ilmupedia dapat digunakan untuk mengakses situs e-learning di 12 perguruan tinggi, yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Jember, UK Petra, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Terbuka (UT), IT Telkom Surabaya, Universitas Bina Nusantara, STIE Perbanas, dan Universitas Pelita Harapan.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, Selasa (24/3/2020), mengatakan, Presiden Joko Widodo beserta para pemimpin Pemda (pemerintah daerah) telah mengimbau masyarakat untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah sebagai upaya penanggulangan penyebaran Covid-19. Memahami hal tersebut, Telkomsel akan senantiasa berdampingan dan berkolaborasi bersama Pemerintah RI dan para pemangku kepentingan di sektor pendidikan untuk bergotong royong menjaga dan memastikan agar aktivitas belajar para pelajar di berbagai tingkatan pendidikan tetap dapat dilakukan dengan efektif, walau harus dilakukan secara daring.

Setyanto kemudian menjelaskan, setelah sebelumnya bergotong royong bersama sejumlah platform penyedia layanan e-learning, Telkomsel sangat senang sekali kini dapat memperluas kolaborasi tersebut dengan perguruan tinggi dan Kemendikbud RI guna mengakomodasi kebutuhan belajar online para mahasiswa.

Nantinya paket ini akan segera dapat digunakan untuk mengakses situs e-learning 130 perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh hingga Universitas Cendrawasih di Jayapura, dan dari Universitas Negeri Manado di Manado hingga Universitas Nusa Cendana di Kupang. “Kami harap upaya solidaritas bersama ini dapat mempermudah mahasiswa, dosen maupun orang tua yang sedikit banyak menghadapi tantangan karena darurat Covid-19 ini,”tukasnya.

Saat ini, kemudahan Paket Bebas Akses Ilmupedia 30GB tanpa biaya sudah dapat digunakan untuk mengakses situs e-learning lebih dari 100 perguruan tinggi, dimana jumlah ini akan terus berkembang hingga 130 situs e-learning perguruan tinggi di Indonesia.

Selain itu, paket ini juga akan segera dapat digunakan untuk mengakses situs e-learning dari Kemendikbud yakni Spada Indonesia, yang berisi mata kuliah dari berbagai Perguruan Tinggi Penyelenggara di Indonesia.

Mahasiswa dapat memanfaatkan paket ini selama 30 hari sejak tanggal aktivasi melalui aplikasi MyTelkomsel.  Paket ini sendiri melengkapi program Paket Bebas Akses 30GB Ilmupedia yang sebelumnya telah disediakan untuk mengakses sejumlah platform belajar online sebagai respon menghadapi tantangan pandemi Covid-19, seperti aplikasi Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso dan Sekolahmu.

Daftar situs e-learning perguruan tinggi yang sudah dapat diakses melalui Paket Bebas Akses ilmupedia 30GB.

Sejak diberlakukannya imbauan dari Pemerintah RI bagi para pelajar untuk melakukan proses belajar dari rumah secara daring, Telkomsel hingga kini mencatat peningkatan trafik layanan data dalam pemanfaatan sistem/aplikasi belajar daring (e-learning) yang mencapai 236 persen. Untuk itu, Telkomsel telah menyiagakan tambahan kapasitas jaringan di sejumlah wilayah yang memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh.

Selain itu, Telkomsel juga telah melakukan pengamanan jaringan di wilayah residensial dan titik posko penanggulangan Covid-19, seperti kantor pemerintahan terkait dan rumah sakit, termasuk tiga Rumah Sakit Darurat khusus penanganan pasien pandemi Covid-19 yakni Hotel Patra Comfort Jakarta, Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta, dan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Setyanto menegaskan Telkomsel sebagai leading digital telco company akan terus bergerak maju untuk mengoptimalkan aset yang dimiliki sebagai connectivity enabler untuk memastikan masyarakat tetap terhubung dan produktif di segala sektor kehidupan di masa yang penuh tantangan ini. “Namun kami juga sekaligus mengundang semua pihak yang memiliki visi yang sama untuk bergotong royong dalam upaya solidaritas bersama ini. Saatnya kita kuatkan kolaborasi dan bergandengan tangan agar bersama kita jaga Indonesia untuk atasi pandemi Covid-19,”pungkasnya. (nos)

Teks foto :

Telkomsel bersama Perguruan Tinggi serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) meghadirkan Paket Bebas Akses ilmupedia hingga 30GB bagi mahasiswa 130 perguruan tinggi di Indonesia.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising