Kesehatan

Danone Indonesia Gelar Vaksinasi Untuk Karyawan

17-06-2021

Bogor, beritasurabaya.net - Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun tidak hanya berdampak bagi kesehatan tapi juga perekonomian di Indonesia. Vaksin Covid-19 menjadi harapan baru bagi semua Negara untuk keluar dari dampak pandemi.

Pemerintah Indonesia telah mengizinkan pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong bagi pelaku usaha atau industri agar ekonomi Indonesia segera pulih.Hal ini dilakukan untuk mempercepat sekaligus memperluas cakupan vaksinasi untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Danone Indonesia, sebagai perusahaan yang bergerak di sektor industri esensial di bidang pangan dan minuman berkomitmen untuk ikut serta dengan berpartisipasi dalam Vaksinasi Gotong Royong demi mewujudkan Indonesia Sehat, Ekonomi Bangkit, Kamis (17/6/2021), di Sentul International Convention Center, Danone Indonesia, menandai dilaksanakannya Vaksinasi Gotong Royong tahap pertama yang diberikan kepada 5,000 karyawan di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat yang dilaksanakan pada tanggal 8 - 24 Juni 2021 di 17 titik vaksinasi.

Presiden Direktur Danone  Indonesia, Connie Ang, menjelaskan, vaksinasi Gotong Royong ini sangat penting bagi Danone Indonesia karena kami memprioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawan. Hanya dalam kondisi sehat, pihaknya dapat menjamin keberlanjutan bisnis dalam memenuhi gizi dan hidrasi di Indonesia dan berperan aktif mewujudkan masyarakat dan bumi yang sehat secara berkelanjutan sesuai dengan visi  yakni One Planet One Health. Termasuk dalam mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 melalui kerjasama dengan berbagai pihak.

“Tahun ini focus utama kami adalah mendukung pemerintah dalam percepatan vaksinasi di Indonesia agar dapat mencapai target 1 juta vaksinasi per hari. Program Vaksinasi Gotong Royong merupakan bentuk apresiasi Danone Indonesia kepada karyawan yang selama pandemic turut berperan dalam penyediaan makanan dan minuman yang sehat ke masyarakat, serta bentuk komitmen kami terhadap karyawan Danone Indonesia dan keluarganya,”paparnya.


Vaksinasi Gotong Royong Danone Indonesia dilakukan secara bertahap dengan mengutamakan  pekerja yang beraktivitas dan berperan krusial dalam menjaga keberlangsungan produksi serta pasokan produk. Perusahaan mengalokasikan lebih dari 40,000 dosis vaksin untuk lebih dari 20,000 sasaran vaksin yang terdiri dari karyawan, keluarga karyawan, dan mitra usaha Danone di seluruh Indonesia. Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama dilaksanakan sejak 8 Juni 2021dan diharapkan seluruh sasaran mendapatkan suntikan vaksin lebih cepat dari enam bulan ke depan melalui dukungan dari KADIN, Biofarma, dan Kimia Farma.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 yang ditetapkan tanggal 24 Februari 2021, pemerintah secara resmi mengizinkan pelaksanaan Vaksin Gotong Royong sebagai upaya mempercepat perluasan cakupan vaksinasi Covid-19 yang menjadi salah satu fokus pemerintah.

Tercatat 90,000 perusahaan telah melakukan Vaksinasi Gotong Royong, dalam waktu yang singkat. Pihaknya mengapresiasi pihak swasta atau perusahaan, dalam hal ini Danone Indonesia yang melaksanakan program vaksinasi gotong royong secara gratis untuk karyawan, keluarga karyawan, bahkan mitra usaha.

Semakin cepat dan semakin banyak masyarakat yang mendapatkan vaksin dapat meningkatkan perlindungan masyarakat agar tetap produktif dalam menjalani kehidupan sosial dan ekonomi, sehingga perekonomian Indonesia dapat kembali pulih.

“Saat ini, kita mencapai angka 623 ribu dosis dan diharapkan akhir bulan ini dapat mencapai angka 1 juta dosis per hari. Kami menargetkan akhir tahun 2021 ini 181 juta masyakarakat mendapatkan vaksin sehingga kita mencapai herd immunity,”tukasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani, mengatakan, program Vaksinasi Gotong Royong menarik animo tinggi dari dunia usaha,  terutama perusahaan di sector esensial. Program ini merupakan bagian dari komitmen dunia usaha untuk mempercepat program pemerintah dengan memperbanyak jumlah orang yang divaksin.

Di mata swasta, kebangkitan ekonomi nasional sangat bergantung pada kesuksesan dalam penanganan pandemi Covid-19. Hari ini vaksin yang kedua untuk mendukungVaksin Gotong Royong sudah datang.

“Kami akan memberikan notifikasi kepada perusahaan-perusahaan yang akan menerima jatah vaksin yang baru tiba. Danone Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang akan menerima vaksin ini,”tukasnya.

Selama pandemi Covid-19, Danone di Indonesia telah bekerjasama dengan pemerintah, berbagai lembaga, rumah sakit, maupun organisasi sosial untuk menyalurkan bantuan senilai Rp56 miliar berupa penyediaan alat pelindung diri, peralatan medis, dan pemberdayaan bagi UMKM terdampak.

“Kami juga telah menyalurkan lebih dari 200,000 paket makanan sehat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan lebih dari1 juta botol Aqua dan Mizone untuk mendukung hidrasi para tenaga medis hingga kelompok rentan. Selain vaksinasi Gotong Royong, Danone Indonesia juga telah mendukung program vaksinasi pemerintah yang menyasar para lansia, pekerja pelayanan publik, pekerja media, pekerja industri pariwisata, pekerja transportasi, danmitra ritel di 13 kota di Indonesia dan akan terus berkontribusi memberikan dukungan kepada pemerintah dalam upaya percepatan cakupan vaksinasi,”tambahnya.

Connie menegaskan Danone Indonesia berupaya terus menjaga kualitas produk, memberikan bantuan serta bekerjasama dengan berbagai pihak agar dapat berkontribusi dan memberdayakan masyarakat untuk saling menjaga serta mengatasi dampak Covid-19 di Indonesia. Melalui produk, kerjasama, hingga program berkelanjutan, karyawan Danone di seluruh Indonesia akan terus berupaya membawa dampak yang berkelanjutan bagi lingkungan dan kesehatan melalui kegiatan bisnis. (nos)

Teks foto :

1.Kegiatan Vaksinasi Gotong Royong yang digelar Danone Indonesia untuk para karyawan. 

2.Connie Ang selaku Presiden Direktur Danone Indonesia, Perwakilan 2 karyawan Danone Indonesia yang telah divaksin, dan Maxi Rein Rondonuwu – Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam seremonial "Vaksinasi Gotong Royong Danone Indonesia.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927