CSR

UUS Maybank Gelar My Festival MAsjid Berkah Bank

10-10-2021

Jakarta, beritasurabaya.net - PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (“Maybank Indonesia atau Bank”) melalui Unit Usaha Syariah (“UUS”), meluncurkan acara festival “My Festival Masjid Berkah Bank” yang berlangsung 8 Oktober hingga 11 November 2021 mendatang.

Peluncuran My Festival Masjid Berkah Bank dibuka dengan penyelenggaraan acara simbolis kemitraan UUS Maybank & Masjid yang digelar secara virtual dengan mengundang lebih dari 100 perwakilan Masjid se-Indonesia dan dihadiri oleh perwakilan UUS Maybank yakni Direktur Operasional Maybank Indonesia, Widya Permana; Sekretaris Jendral Dewan Masjid Indonesia, Dr. H. Imam Adduqutni MA; Head Syariah Banking Maybank Indonesia, Rommy Buchari dan Head Community Distribution Maybank Indonesia, Harryanto Pramono.

My Festival Masjid Berkah Bank ini digelar dalam beragam kegiatan, diantaranya yang paling utama adalah edukasi dan literasi yang diwujudkan ke dalam kompetisi Murottal atau kegiatan pembacaan dan pelafalan ayat-ayat suci Al-Quran yang direkam dan diperdengarkan secara umum antar Masjid mitra UUS Maybank se-Indonesia.

Selain itu, festival ini juga menggelar kegiatan berbagi berkah yang diwujudkan melalui penyaluran dana kebajikan berupa bantuan 1.000 paket vitamin untuk mencegah COVID 19 kepada komunitas Masjid dan penghargaan kepada Masjid secara aktif ikut memasyarakatkan solusi keuangan berbasis Syariah yang ditawarkan UUS Maybank ke komunitasnya khususnya di era digital masa kini melalui teknologi QRIS dan berbagai transaksi online lainnya di aplikasi digital banking M2U ID untuk kemudahan pembayaran zakat, infak dan sedekah.

Direktur Operasional Maybank Indonesia, Widya Permana, Minggu (10/10/2021), mengatakan, sebagai peran serta dalam komunitas Masjid di Indonesia, pihaknya menggelar festival yang mengedepankan unsur edukasi dan berbagi berkah dalam bentuk bantuan. Dan di saat yang sama menumbuhkan kecintaan umat Muslim terhadap kitab suci Al-Quran melalui kompetisi Murottal.

“Di samping itu, festival ini juga memberikan apresiasi kepada Masjid dan komunitasnya yang ikut memasyarakatkan keuangan berbasis syariah untuk mendukung pertumbuhan perekonomian Syariah di tanah air,”tukasnya.

Komunitas Masjid yang dapat mengikuti kegiatan festival ini adalah Masjid-masjid yang sudah menjalin kemitraan dengan UUS Maybank Indonesia yakni yang telah menggunakan solusi finansial dari UUS Maybank untuk mendukung manajemen Masjid melalui pembukaan rekening atas nama Masjid sebagai sarana untuk menjalankan aktivitas finansial keagamaan seperti menunaikan zakat, infak dan sedekah serta penggalangan dana atau donasi Jemaah Masjid yang seluruhnya dikelola Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di masing-masing Masjid.  

Kompetisi Murottal Al-Quran antar Masjid se-Indonesia akan digelar secara virtual dalam dua tahap, dimulai dengan tahap penyisihan dengan melibatkan panel juri yakni H. Syahrir Ali Basyah SQ, Muhammad Faisal Muchtar LC, M.Si dan H. Masrur Ichwan M.Ag yang akan menilai hasil rekaman video pembacaan kitab suci Al-Quran yang wajib dikirimkan oleh peserta kepada panitia melalui e-mail.

Setelah tahap penyisihan, akan berlanjut ke tahap penentuan para peserta finalis yang akan berkompetisi secara langsung dan pengumuman pemenang akan disampaikan pada puncak kegiatan Festival Masjid Berkah melalui webinar yang akan mengulas mengenai manajemen keuangan dan pemberdayaan Masjid yang dapat disaksikan oleh Nasabah maupun  khalayak luas melalui website atau Youtube official Maybank Indonesia.

Peserta yang berminat untuk mengikuti kompetisi Murottal dapat mendaftarkan diri melalui website program My Festival Masjid Berkah Bank yang telah dibuka sejak 8 Oktober hingga 20 Oktober 2021 mendatang. Kompetisi ini terbuka untuk peserta dari berbagai latar belakang mulai dari seorang Imam, Muadzin, remaja Masjid, anggota DKM dan Jemaah Masjid untuk dua kategori yaitu peserta pria dan wanita dengan usia minimal 22 tahun. Setiap Masjid dapat menyertakan dua orang peserta kompetisi.

Head, Shariah Banking Maybank Indonesia, Romy Buchari berharap kompetisi Murottal ini dapat menarik antusiasme para anggota komunitas Masjid mitra kerjasama UUS Maybank dan menjadikan ajang ini sebagai sarana untuk mengasah skills mereka dalam membaca dan melafalkan ayat-ayat suci Al-Quran. Selain itu, kompetisi ini juga kiranya dapat menelurkan para pembaca Al-Quran berprestasi yang kemudian dapat menempuh ke jenjang yang lebih tinggi, misalnya ke tingkat nasional, bahkan tingkat dunia.

“Festival ini juga kami harapkan bisa menambah awareness mengenai manajemen keuangan Syariah dari pengurus Masjid, jamaah dan khalayak ramai lainnya,”tambahnya. 

My Festival Masjid Berkah Bank sejalan dengan komitmen Shariah First yang sudah dijalankan oleh Maybank Indonesia sejak 2014 dalam mendukung visi Pemerintah Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat keuangan Syariah dunia. “Dan ini merupakan wujud komitmen kami yang tertuang dalam misi humansing financial services, yakni menjadi institusi perbankan yang turut hadir dan berkembang bersama masyarakat di tanah air,” tutup Romy. (nos

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927